window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya?

Enda · 10 Agu, 2021 08:00

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 01

Nissan X-Trail T30 merupakan generasi pertama X-Trail

Pada awalnya Nissan X-Trail T30 yang merupakan generasi pertama X-Trail ini diluncurkan di ajang Paris Motor Show bulan September 2000. Selang dua bulan kemudian, Medium SUV dengan platform FF-S Nissan yang sama digunakan oleh Nissan Almera dan Nissan Primera ini secara resmi dijual di negara asalnya.

Tiga tahun setelah debutnya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan X-Trail T30 versi rakitan lokal (CKD) dengan menawarkan dua pilihan, yaitu St (Sport touring) dan Xt (Xtra touring). Di Indonesia, generasi pertama X-Trail ini bertahan hingga 2008 yang mana generasi kedua dengan kode body T31 kemudian diluncurkan pada 2009.

Mengetahui harga bekas Nissan X-Trail T30 dari salah satu platform jual beli mobil bekas, untuk saat ini pasaran harga bekasnya mulai dari Rp60 jutaan.

Apabila kalian tertarik untuk membelinya, sebaiknya ketahui Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30 berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Kenapa Nissan X-Trail T30 Lebih Layak Dipilih Daripada X-Trail T31?

Kelebihan Nissan X-Trail T30

Suspensi Terasa Cukup Nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 01

Suspensi Nissan X-Trail T30 cukup nyaman

Bagi kalian yang belum tahu, Nissan X-Trail T30 ini menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut dengan Stabilizer bar di bagian depan, serta Multi-Link Stabilizer Bar di roda belakangnya. Dengan begitu tingkat kenyaman yang dihasilkan dari suspensi tersebut bagi kami cukup nyaman ketika melewati jalan yang sedikit berkontur jelek. 

Meski dianggap cukup nyaman, kalian tetap akan merasakan guncangan berlebih ketika melewati jalan yang rusak. Menurut kami hal tersebut masih terbilang wajar untuk kendaraan jenis SUV.

Tampilan yang Macho

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 02

Nissan X-Trail T30 punya bentuk yang macho

Meski desain Nissan X-Trail T30 ini terbilang kaku, nyatanya konsumen Tanah Air hingga kini banyak yang meliriknya. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa bentuk generasi pertama Nissan X-Trail ini terlihat kekar dan macho sehingga membuatnya makin disukai.

Begitupun pada tingkat visibilitasnya, area pandang keluar mobil ini terasa luas. Tak ayal apabila pengemudi merasa lebih bebas dan leluasa melihat area di luar mobil tanpa merasa kesulitan.

Kabin Cukup Luas

Memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.511 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.674 mm sekaligus memberikan dampak yang signifikan pada ruang kabinnya. Seperti yang bisa kalian rasakan, generasi pertama X-Trial ini mempunyai headroom dan legroom yang luas. Dengan begitu kalian akan merasa bebas melakukan aktifitas apapun di dalam mobil disaat berpergian.

Begitupun pada bagasinya, karena mobil ini hanya bisa dimuati 5-penumpang, maka kapasitas bagasi yang dimiliki mobil ini terbilang besar. Kalian pun tidak perlu khawatir membawa barang banyak disaat berpergian.

Hadir dengan Dua Pilihan Mesin yang Bertenaga

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 03

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 04

Nissan X-Trail T30 ditawarkan dua pilihan mesin, 2.0L dan 2.5L

Nissan X-Trail T30 hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 2.0L QR20DE dan 2.5L QR25DE. Kedua jenis mesin tersebut memiliki konfigurasi 4-silinder segaris 16 valve DOHC. Bicara varian 2.0L, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 152 PS @6.000 rpm dengan torsi 200 Nm @4.000 rpm. Sedangkan varian 2.5L nya ini diketahui mampu melecutkan tenaga maksimal 182 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 245 Nm @4.000 rpm.

Sebelum tenaga yang dihasilkan tersebut digerakan melalui penggerak roda depan, maka tingkat percepatannya diatur menggunakan transmisi manual 5-6 percepatan serta otomatis 4 percepatan.

Kaki-kaki Terbilang Tangguh

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 05

Kaki-kaki  Nissan X-Trail T30 terbilang tangguh

Mobil dengan penggerak roda depan kerap kali mengalami masalah pada bagian kaki-kakinya. Berbeda dengan Nissan X-Trail T30, mobil dengan penggerak FWD ini memiliki kaki-kaki yang terbilang bandel. Sebagai catatan, biasanya kerusakan bagian kaki-kaki mobil ini terjadi pada karet bushing yang rusak termakan usia serta penggunaan yang tidak semestinya.

Fitur Keselamatan Terbilang Canggih di Zamannya

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 06

Fitur keselamatan Nissan X-Trail T30 canggih di zamannya

Generasi pertama Nissan X-Trail ini memiliki fitur keselamatan yang terbilang canggih di zamannya. Seperti yang diketahui, mobil ini berhasil disematkan fitur berupa ABS-EBD yang dapat mencegah roda terkunci ketika menginjak pedal rem secara spontan, serta airbags yang mampu memberikan perlindungan lebih terhadap pengemudi dan penumpang depan akibat benturan.

Baca juga: SUV FWD Bekas di Bawah Rp100 Juta, Tampil Ganteng Maksimal dengan Budget Minimal!

Kekurangan Nissan X-Trail T30

AC Nissan X-Trail T30 Tidak Bisa Dingin Secara Maksimal

 

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 07

AC Nissan X-Trail T30 dianggap kurang dingin

Beberapa pemilik generasi pertama Nissan X-Trail ini kerap kali mengeluhkan permasalah pada AC mobil yang tidak bisa dingin secara maksimal. Masalah tersebut timbul akibat putaran kipas blowernya yang tidak bisa berputar secara kencang. Solusinya kalian bisa meningkatkan kecepatan blower satu level lebih kencang.

Konsumsi BBM Terbilang Boros

Bicara konsumsi BBM Nissan X-Trail T30, penggunaan dalam kota mobil ini mampu menempuh jarak 6-7 km/liter. Sedangkan untuk luar kotanya, angka yang diperolehnya 10-11 km/liter.

Mesin Ngelitik Akibat Salah Penggunaan BBM

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 08

Nissan X-Trail T30 tidak cocok menggunakan BBM di bawah RON 92

Masalah mesin ngelitik pada mobil ini kerap kali terjadi. Hal ini biasanya timbul akibat penggunaan BBM yang tidak sesuai. Karena menurut buku panduan pemilik, pengguna diharuskan menggunakan BBM dengan RON 92 atau diatasnya.

Terasa Limbung Pada Kecepatan Tinggi

Memiliki ayunan suspensi yang terbilang empuk, ternyata memberikan dampak limbung ketika mobil dipacu dalam kecepatan cukup tinggi. Hal ini wajib diwaspadai kepada setiap pemiliki generasi pertama Nissan X-Trail untuk tidak memacunya terlalu kencang serta menurunkan kecepatan ketika hendak bermanuver.

Biaya Perawatan mahal

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya? 09

Biaya perawatan Nissan X-Trail T30 cukup mahal

Sama seperti beberapa produk Nissan lainnya, Nissan X-Trail T30 ini memiliki kekurangan pada biaya perawatannya yang mahal. Meski mahal, akan sebanding dengan kenyamanan yang didapat.

Kesimpulan

Beberapa kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail T30 yang merupakan generasi pertama X-Trail ini berhasil kami sampaikan di atas. Bagi kami mobil ini memiliki performa yang baik, bandel, serta nyaman. Harga bekas mobil ini pun terbilang cukup terjangkau.

Namun yang perlu kalian perhatikan kedepannya adalah biaya perawatannya. Mengingat untuk perbaikannya sendiri harga suku cadang mobil ini cukup mahal.

Baca juga: Harga Nissan X-Trail 2022 Sudah Diumumkan, Lebih Murah dari Innova Venturer

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan X Trail VL

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil