window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Splash, Pantaskah untuk Dimiliki?

Enda · 14 Feb, 2022 15:00

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Selain Swift, city car kompak lainnya milik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ialah Suzuki Splash. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010 dan terus dijajakan hingga 2015, saat itu sosok Splash sendiri cukup diminati konsumen Tanah Air berkat harga barunya yang terbilang kompetitif.

Mobil yang unggul digunakan di dalam kota berkat dimensinya yang mungil, untuk pasaran harga bekasnya rival Toyota Etios Valco tersebut kini dibandrol mulai dari Rp60-Rp100 jutaan.

Bagi kalian yang kepincut mobil ini guna mendukung aktivitas sehari-hari, ada baiknya ketahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash berikut ini.

Baca juga: Harga Bekas Sepadan, Timor S515 Lebih Layak Dipilih Ketimbang Toyota Soluna?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Suzuki Splash

1. Ruang Kabin Cukup Lega

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Suzuki Splash punya head room yang tinggi

Terlihat mungil, perspektif ruang kabin Suzuki Splash sendiri terbilang cukup lega. Hal ini dibuktikan dengan head roomnya yang dibuat tinggi. Secara spesifikasi, Splash memiliki panjang 3.715 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.618 mm. Untuk wheelbasenya sendiri tercatat 2.360 mm.

2. Fitur Terbilang Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Fitur Suzuki Splash lengkap

Didatangkan secara utuh (CBU) dari India lewat Maruti Suzuki, Splash ditawarkan dalam dua trim, yakni G dan GL yang memiliki fitur lebih lengkap. Pada varian teratas, untuk fitur unggulannya mobil ini sudah dibekali dengan sistem hiburan single din degan mendukung format audio radio, CD, MP3, & USB, switch control steering, serta lampu depan yang bisa diatur tingkat ketinggiannya.

Selain itu juga dilengkapi adanya sistem pendingin udara AC dan power window yang bisa dengan mudah menaikan serta menurunkan kaca hanya dengan menekan tombol.

Bicara fitur keselamatan, pada mobil ini kalian juga bisa menemukan adannya ABS + EBD guna mencegah roda terkunci disaat melakukan pengereman secara mendadak, child lock, side impact beam serta kerangka Total Effective Strength Structure (TESS) yang diklaim mampu membuat kendaraan menjadi lebih aman. Oh iya, untuk fitur keamannya Suzuki Splash sudah dilengkapi dengan immobilizer & alarm. Hebat bukan?

3. Bukan Cuma Bertenaga, Torsi Suzuki Splash Cukup Responsif

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Suzuki Splash dibekali mesin 1.2L

Kelebihan lain Suzuki Splash ada pada jantung pacunya. Seperti yang diketahui, mobil ini dibenamkan mesin bensin berkode K12M DOHC 4-silinder segaris Multi Point Injection (MPI) berkapasitas 1.197 cc, yang menurut data di atas kertas mampu menghasilkan tenaga 85 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 113 Nm @ 4.500 rpm. Untuk transmisinya, Splash sendiri ditawarkan dalam dua opsi, manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Selain bertenaga, mobil ini juga terbilang responsif pada tarikan bawahnya. Tak heran jika mobil ini terasa begitu lincah ketika membelah kemacetan di kota-kota besar.

4. Suspensi Empuk dan Stabil

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Suzuki Splash terasa stabil

Pada bagian depan, Suzuki Splash menganut suspensi berjeniskan MacPherson strut dan torsion beam di roda belakangnya. Bicara mengenai bantingan yang dihasilkan, selain kuat dan baik dalam meredam guncangan, mobil ini juga terasa empuk ketika melewati jalan berkontur.

Berbeda dengan city car kebanyakan, mempunyai ayunan yang nyaman ternyata Suzuki Splash juga terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi terlebih ketika melakukan handling.

5. Spare Part dan Perawatan Suzuki Splash Cukup Mudah

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Perawatan Suzuki Splash terbilang mudah

Untuk urusan spare part, tampaknya kalian tidak perlu khawatir. Pasalnya suku cadang Suzuki Splash masih banyak tersedia di pasaran mulai dari yang ori hingga KW. Bukan cuma itu, mengenai perawatannya, mobil ini juga mudah dan jarang sekali mengalami kerusakan selama pemakaian dalam kategori wajar.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Kekurangan Suzuki Splash

1. Tidak Banyak Orang Suka Bentuk dan Desainnya 

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Tampilan belakang Suzuki Splash sedikit aneh

Suzuki Splash mempunyai tampilan eksterior yang cukup unik namun tidak semua orang bisa menerimanya. Sering disebut sebagai mini MPV, mobil ini memiliki atap tinggi yang bisa dibilang kurang proposi antara panjang dengan tinggi kendaraan.

Selain itu, beberapa orang juga kurang menyukai akan tampilan belakangnya yang terlihat sedikit merangsek ke dalam. Untuk kekurangan di bagian luarnya, mobil ini minus wiper dan defogger. Meski begitu, Suzuki Splash sudah dilengkapi velg R15 berbahan dasar alloy dengan bentuk jari-jari yang terkesan sporty.

2. Jok Terasa Keras dan Bentuk Tachometer Suzuki Splash Aneh Bikin Kurang Menyenangkan 

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash

Tachometer Suzuki Splash diletakan terpisah

Terlepas dari bantingan yang empuk, Suzuki Splash memiliki kekurangan pada joknya. Dimana busa yang digunakan mobil ini cukup tipis sehingga mengakibatkan kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

Disisi lain, leg room antara baris kedua dangan senderan punggung jok didepannya juga terbilang sempit. Hal ini tentunya akan sedikit menyulitkan bagi penumpang dengan perawakan tubuh jangkung.

Kekurangan lainnya, ada pada tachometernya yang diletakan secara terpisah. Dimana fitur ini ditempel di atas speedometer yang bagi sebagian orang terlihat aneh. Namun bagi anak muda, tachometer yang ditampilkan terkesan begitu sporty layaknya mobil balap kebanyakan.

Oh iya, untuk kalian ketahui bahwa pengaturan spion kanan dan kirinya Suzuki Splash belum mengadopsi sistem elektrik, dan untuk melakukannya bersifat manual dari dalam menggunakan tuas.

Kesimpulan

Sebagai mobil perkotaan berbentuk hatchback, overall Suzuki Splash masih layak untuk dimiliki bagi kalian yang menginginkan sebuah mobil kecil dengan tingkat durabilitas tinggi, lincah, responsif serta nyaman guna mendukung segala macam bentuk aktivitas sehari-hari.

Punya harga bekas yang terjangkau, untuk kekurangan yang kami sampaikan di atas masih dalam kategori wajar, dan bukan menjadi hal yang serius diperhatikan ketika hendak membelinya.

Setelah mengetahui ulasan akan kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash, apakah kalian tertarik untuk meminangnya?

Baca juga: Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil