window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner 2.8, Si Buas yang Minim Fitur Keselamatan

Enda · 7 Feb, 2022 16:00

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Mobil jenis SUV merupakan salah satu model yang banyak diminati konsumen Tanah Air selain MPV dan hatchback. Melihat adanya demand, belum lama ini Toyota Fortuner 2.8 dihadirkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor demi menjawab permintaan akan kendaraan tangguh, tahan banting, macho sekaligus memiliki tenaga besar.

Sebagai SUV yang reliable, serta dianggap memiliki nilai utilitas terhadap konsumennya, Fortuner 2.8 kini ditawarkan mulai dari Rp580,9 juta sampai dengan Rp684,5 juta OTR Jakarta.

Jika kalian tertarik membeli mobil ini dalam waktu dekat, simak dulu kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8 melalui ulasan di bawah ini.

Baca juga: Commander, Toyota Fortuner Edisi Khusus yang Dibuat Terbatas 1.000 Unit

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8

1. Toyota Fortuner 2.8 Punya Tampilan yang Stylish dan Macho

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner 2.8 punya tampilan macho

Seperti yang bisa dilihat, Fortuner 2.8 menggunakan lampu utama projector dengan bentuk pipih, grill yang berkarakter, under guard lebar, dan LED DRL dibawahnya. Untuk varian GR Sport sendiri menerima tambahan body kit di bagian terluar bumper yang menampilkan kesan lebih agresif sekaligus sporty.

Pada bagian sampingnya, model ini juga masih terlihat sama dengan menerima list krom yang ditempelkan di bagian bawah kaca, foot step, serta decal untuk tipe GR Sport. Di sektor lingkar roda, Fortuner 2.8 tersematkan velg alloy 18 inch untuk semua variannya. Hanya saja tipe GR Sport mendapat bentuk yang lebih sporty bermodelkan kipas dengan pewarnaan dual-tone. Sedangkan velg yang diterima tipe VRZ memiliki desain palang yang dilabur dengan warna perak.

Pada tampilan belakangnya, Fortuner 2.8 berhasil disematkan LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Selain itu juga terdapat fitur kick sensor serta power back door yang tentunya memudahkan setiap penggunannya ketika ingin membuka dan menutup pintu bagasi.

2. Toyota Fortuner 2.8 Ditawarkan 9 Aksesoris Tambahan

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner 2.8 ditawarkan 9 aksesoris tambahan

Guna memberikan tampilan yang lebih sporty sekaligus eyes-catching, varian 2.8 nya turut ditawarkan tambahan aksesoris OEM dengan total ada 9 item. Aksesoris yang ditawarkan meliputi Engine Hood List Chrome, Outer Mirror Ornament, Side Body Moulding, Rear License Ornament, Rear Bumper Ornament, Cargo Net, Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat dan Air Purifier. 

Sebagai informasi, aksesoris tambahan untuk tampilan luar yang ditawarkan tersebut bisa dibeli satuan atau satu paket.

3. Fitur Unggulan Toyota Fortuner 2.8

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Fitur Unggulan Toyota Fortuner 2.8

Kelebihan lain yang ada pada Toyota Fortuner 2.8 adalah fitur unggulannya. Dimana SUV dengan tubuh jangkung dan gambot ini pada bagian dalamnya berhasil disematkan sistem infotaiment berupa head unit 9 inci yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection dan voice command. Selain itu, head unit yang digunakan juga telah mendukung fitur NFC E-Toll card checking sehingga memudahkan pengguna ketika mengecek ketersediaan saldo pada uang elektronik.

Bukan cuma itu, agar terlihat advance, mobil ini telah dilengkapi New 4.2 Inch meter cluster design dengan improvement seperti new TFT opening animation, power seat adjuster, power back door switch status display, clearance sonar detection status display, tire turning angle display, wireless charger dan Eco-Normal-Power mode display.

Sebagai informasi, didalamnya kalian juga bisa menemukan adanya fitur berupa tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID, engine start/stop button, rear seat entertainment with illumination, surround monitor, Variable Fluid Control (VFC), switch control steering dan terakhir electro-chromic rearview mirror.

4. Toyota Fortuner 2.8 Menghasilkan Tenaga Buas!

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner 2.8 menghasilkan tenaga 203,9 PS dengan torsi 499 Nm

Dibenamkan jantung pacu diesel VNT 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc 4-silinder segaris, 16 valve DOHC, menurut data di atas kertas Fortuner 2.8 mampu melecutkan tenaga hingga 203,9 PS @3.000 – 4.000 rpm dengan torsi puncak 499 Nm @1.600 – 2.800 rpm.

Untuk dapat menempuh kecepatan 0 – 100 km/jam, mesin 1GD yang disematkan tercatat hanya membutuhkan waktu 11,9 detik. Sedangkan melaju pada kecepatan 60-80 km/jam cukup dengan 2,8 detik.

Baca juga: Cuma Remap ECU, Torsi Toyota Fortuner 2.8 Naik 80 Nm dan Kalahkan Mitsubishi Colt Canter

Kekurangan Toyota Fortuner 2.8

1. Hanya Tersedia Satu Pilihan Transmisi

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner 2.8 hanya mendapatkan pilihan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic

Untuk diketahui, semua Fortuner 2.8 ditawarkan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic. Sebagai tipe teratas, GR Sport 4x4 dipadukan transfer case dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar yang terasa ergonomis ketika dioperasikan.

2. Bentuk Interior Sama Seperti Varian Dibawahnya

Dari segi desain interior, mobil ini tidak mengalami perubahan. PT TAM tidak memberikan improvement bentuk, hanya saja pada varian teratasnya memperoleh tambahan berupa logo GR Sport di beberapa bagian.

3. Baris Ketiga Sempit

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Baris ketiga Toyota Fortuner 2.8 terbilang sempit

Memiliki dimensi bongsor, bukan berarti memberikan ruang yang luas. Seperti yang bisa dirasakan, pada baris ketiganya mobil ini terbilang sempit jika disinggahi orang dewasa. Hal ini bukan hanya mengurangi gerak bebas penumpang tapi juga membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

4. Suspensi Keras Ketika Lewat Jalan Berkontur

Pada bagian depan, Toyota Fortuner 2.8 dibekali suspensi berjeniskan double wishbone dengan coil spring & stabilizer. Sedangkan di bagian belakangnya menggunakan suspensi 4 link dengan batang lateral & pegas koil.

Mengenai tingkat kenyamanannya, ayunan yang dihasilkan ketika melewati jalan berkontur cenderung stiff. Sebenarnya hal ini terbilang wajar, karena SUV sekelasnya umumnya memiliki bantingan yang cukup keras dan kaku.

5. Fitur Keselamatan Terbilang Minim

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8

Fitur keselamatan Vehicle Stabilty Control (VSC) pada Toyota Fortuner 2.8 

Tidak seperti kompetitornya, Toyota Fortuner 2.8 belum dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS. Meski begitu, mobil ini sudah dibekali dengan ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC). Selain itu kalian juga bisa menemukan emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer.

Khusus tipe GR Sport 4x4, New Toyota Fortuner 2.8 mendapat tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), rem cakram di semua roda dan terakhir Downhill Assist Control (DAC).

Kesimpulan

Setelah mengetahui akan kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.8 di atas, secara konklusi mobil ini memiliki bentuk, fitur serta bantingan yang sama seperti varian sebelumnya. Hanya saja selling point mobil ini ada pada tenaga yang dihasilkan terasa buas baik pada tarikan bawah hingga atasnya.

Baca juga: Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 Lebih Murah Rp17,2 Juta dari Mitsubishi Pajero Sport 2.4 Dakar Ultimate 4x4, Pilih Tenaga atau Fitur?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil