window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner Gen 2, Musuh Berat Mitsubish Pajero Sport

Enda · 18 Nov, 2022 08:30

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner gen 2

Toyota Fortuner gen 2 pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2016 menghiasi segmen Medium SUV 7-seater yang berhadapan langsung dengan Mitsubishi Pajero Sport. Sebagai salah satu tulang punggung PT Toyota Astra Motor, secara penampilan generasi kedua Fortuner terkesan lebih gagah dan macho berkat desainnya yang semakin revolusioner.

  • 2018 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

    Rp 413,52 Juta
    Rp 7,77 Juta
    /bulan

    74.618 km

    5,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2018 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

    Rp 446,20 Juta
    Rp 8,07 Juta
    /bulan

    17.645 km

    5,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2018 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

    Rp 424,53 Juta
    Rp 7,88 Juta
    /bulan

    75.329 km

    5,5 tahun

    Jawa Barat

Untuk diketahui generasi kedua Fortuner yang pertama kali diluncurkan hadir dalam 3 trim level, yaitu G, VRZ, dan SRZ. Meski terlihat lebih mewah dan gagah, bukan berarti mobil ini tidak mempunyai kelemahan. Di CARSOME, harga bekas Toyota Fortuner gen 2 berada di angka Rp360 jutaan. Jika kalian tertarik membelinya, simak kelebihan dan kekurangan melalui ulasan berikut.

Baca juga: Sejarah Toyota Fortuner Gen 2, SUV Ladder Frame Paling Buas di Kelasnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Toyota Fortuner Gen 2

1. Fortuner Gen 2 Terlihat Gagah dan Maskulin dengan Dimensi yang Membesar

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner gen 2

Secara penampilan Toyota Fortuner gen 2 terkesan lebih gagah dan maskulin. Pada sistem pencahayaannya, headlampnya memiliki bentuk pipih dan pada varian paling atas berhasil disematkan teknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector serta fog lamp.

Untuk bagian samping sendiri tampilannya terlihat lebih gagah berkat garis tegas pada bodi serta lekukan yang diterima di fendernya. Pada pilar D nya, mobil ini menampilkan kesan modern dengan menganut kaca berdesain floating.

Buritannya untuk pintu bagasinya menganut teknologi hand free yang mana untuk membuka dan menutup pintu dilakukan secara otomatis. Dengan begini, pengguna tidak perlu merasa kerepotan saat bawa banyak barang untuk disimpan dalam bagasi.

Selian desain yang berubah, secara dimensi Fortuner gen 2 juga tambah melar. Seperti yang diketahui pada generasi keduanya lebih panjang 100 mm, dan lebar bertambah 15 mm. Namun untuk tinggi lebih rendah 15 mm dan wheelbasenya menciut 5 mm.

Dengan dimensi yang semakin membesar tentunya juga memberikan ruang kabin lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

2. Fitur Toyota Fortuner Terbilang Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner gen 2

Interior Toyota Fortuner gen 2

Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, Toyota Fortuner gen 2 punya fitur yang semakin lengkap. Di bagian dalamnya mobil ini sudah dilengkapi head unit layar sentuh dengan ukuran cukup besar yang mendukung konektivitas seperti MP3, radio, USB, DVD, serta Miracast. Pada sistem pendingin udaranya mobil ini hadir dengan tampilan digital terlebih adanya fitur Auto Climate Control yang memudahkan penggunanya.

Untuk pengaturan jok pada bagian pengemudi sudah dilengkapi reclining, sliding dan height adjuster dengan pengautran elektrik. Bahkan lingkar kemudinya bisa diatur secara tilt dan telescopic.

Mengenai fitur keselamatan berkendaranya, generasi kedua Fortuner behasil dibekali 3 hingga 7 airbag, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Selain itu untuk sistem pengeremannya sudah menggunakan cakram di semua roda.

Tak ketinggalan fitur keselamatan berupa Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Downhill Assist Control (DAC), Emergency Brake Signal (EBS), dan Active Traction Control (A-TRC) bisa kalian temui didalamnya.

3. Peredam Kabin Tebal

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner Gen 2, Musuh Berat Mitsubish Pajero Sport 03

Mengenai peredam kabinnya, Fortuner gen 2 terasa lebih tebal dibandingkan dengan model sebelumnya sehingga mampu memberikan kekedapan kabin lebih baik. Tak hanya itu, untuk peredam pada plafonnya juga lebih tebal sehingga saat hujan atapnya tidak terlalu berisik.

4. Punya Mesin yang Cekatan

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner gen 2

Mesin diesel 2GD-FTV

Fortuner gen 2 ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.7L dan diesel 2.4L. Melihat pada spesifikasinya, varian 2.7L dibekali mesin  2TR-FE VVT-i 2.693 cc I4 DOHC, 16 katup dengan menghasilkan tenaga 161 PS di 5.200 rpm serta torsi 244 Nm pada 3.800 rpm. Sedanghkan 2.4L nya mengandalkan mesin 2GD-FTV inline-4 Diesel Common Rail Turbo VNT 2.393 cc dengan melontarkan tenaga 149 PS di 3.400 rpm serta torsi sebesar 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm. 

Kedua opsi mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan with paddle shifter yang kemudian diarahkan ke penggerak roda belakang dan 4x4.

Untuk karakter yang dihasilkan mesinnya terasa responsif terlebih varian dieselnya yang memiliki torsi besar sehingga pada putaran bawahnya terasa begitu cekatan.

Baca juga: Toyota Fortuner Masih di Atas Angin, Mitsubishi Pajero Sport Belum Sanggup Menyusul

Kekurangan Toyota Fortuner Gen 2

1. Kursi Baris Ketiga Sempit

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner gen 2

Jok baris ketiga sempit
​​​​​​

Ditopang menggunakan sasis model tangga dengan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) seperti yang dipakai Hilux dan Innova, untuk baris ketiganya Foruner gen 2 terasa sempit ketika disinggahi penumpang dewasa. Untuk itu jok paling belakangnya lebih cocok digunakan oleh anak-anak ketika berpergian.

Bukan cuma itu saja, pelipatan bangkunya untuk jok paling belakang model ke samping seperti Innova. Dengan begitu mengenai kapasitas bagasinya tidak dapat mengakomodasi barang secara maksimal

2. Tampilan Interior Kurang Variatif

Berikutnya kekurangan yang ada pada Toyota Fortuner adalah tampilan interiornya yang kurang variatif cenderung lebih monoton. Meski begitu untuk varian diatasnya beberapa bagiannya sudah dibungkus dengan bahan kulit dan gaya berkendaranya cenderung ergonomis.

3. Bantingan Keras

Kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner gen 2

Suspensi Toyota Fortuner gen 2 cenderung stiff

Sama seperti model sebelumnya ketika melewati jalan berkontur, generasi kedua Fortuner masih terasa stiff. Sekelas SUV ladder frame, bantingan yang dihasilkan terbilang wajar mengingat suspensi yang dibuat keras mampu memberikan kestabilan saat melewati jalan rusak.

Sebagai informasi, untuk suspensi yang digunakan pada bagian depan memakai double wishbone dengan coil spring & stabilizer. Sedangkan untuk bagian belakang, mobil ini sudah menggunakan suspensi 4 link dengan batang lateral & pegas koil.

4. Konsumsi BBM Mesin Bensin Cenderung Boros

Berbeda dengan varian dieselnya, mesin bensinya Fortuner terbilang boros. Seperti yang diketahui untuk pemakaian dalam kotanya mobil ini mampu menempuh jarak 7-8 km/liter. Dengan begitu kalian diharuskan mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk urusan bahan bakar.

Kesimpulan

Memiliki bentuk lebih atraktif dan revolusioner, untuk dimensinya Toyota Fortuner gen 2 juga lebih besar dibandingkan model sebelumnya sehingga ruang kabinnya terasa semakin luas. Disisi lain, untuk perdeam kabinnya juga lebih tebal dan fitur yang semakin lengkap sehingga memberikan rasa berkendara lebih nyaman kepada seiap penggunanya.

Namun untuk kekurangannya yang menurut kami cukup krusial, jok baris ketiga terasa sempit sehingga kurang tidak untuk disinggahi penumpang dewasa. Bukan cuma itu, mobil ini untuk suspensinya juga terasa masih keras sehingga kurang cocok untuk kalian yang mengincar kenyamanan berkendara bersama keluarga.

Baca juga: Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil