window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga?

Enda · 12 Okt, 2021 13:00

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 01

Kelebihan dan kekurangan Toyota Hiace Commuter

Toyota Hiace Commuter merupakan mobil jenis minibus yang masuk dalam segmen light commercial car yang banyak digunakan sebagai kendaraan travel dikarenakan nyaman dan punya kelas tersendiri.

Selain nyaman dan unggul dari segi tampilan dan fitur, ternyata Hiace Commuter juga dianggap lebih efisien dibandingkan kompetitor terdekatnya. Tak heran apabila beberapa Hiace Commuter kerap kali digunakan sebagai mobil keluarga yang nyaman sekaligus lega.

Bicara mengenai harga barunya saat ini, kendaraan niaga berpenumpang muatan ringan berlogokan tiga oval ini menurut situs resminya kini dibandrol Rp512,6 juta.

Tertarik membelinya sebagai kendaraan travel atau mobil keluraga? Sebelum meminangnya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Toyota Hiace Commuter berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria

Kelebihan Toyota Hiace Commuter

1. Toyota Hiace Commuter Mampu Dimuati Hingga 15 Orang Sekaligus

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 01

Toyota Hiace Commuter bisa menampung 15 orang sekaligus

Mengenai kapasitas, Toyota Hiace Commuter diketahui mampu menampung hingga 15 orang sekaligus. Tak heran apabila mobil ini cocok digunakan untuk travel maupun kendaraan pribadi dengan jumlah anggota keluaga yang banyak.

Secara konfigurasi, baris paling depan dapat diisi dengan satu penumpang dan satu driver. Sedangkan baris kedua, ketiga dan keempatnya bisa diisi masing-masing tiga penumpang. Lalu pada baris kelima dapat dimuati empat penumpang sekaligus.

2. Sistem Hiburan Toyota Hiace Commuter Terbilang Modern

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 02

Sistem infotaiment Toyota Hiace Commuter terbilang modern

Mengetahui sistem hiburan atau infotaimentnya, Toyota Hiace Commuter berhasil tersematkan head unit higher level of travel experience with AVX 6” touch screen yang mendukung format Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD bahkan memiliki konektivitas iPod. Dengan begitu penumpang akan merasa lebih nyaman ketika melakukan perjalanan terlebih tingkatan suara yang dihasilkan terasa jelas berkat speaker berkualitas yang digunakan.

3. Toyota Hiace Commuter Memiliki Fitur Unggulan Layaknya Mobil MPV Pada Umumnya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 03

Fitur tile steering pada Toyota Hiace Commuter

Sebagai mobil niaga, fitur unggulan yang ada di Toyota Hiace Commuter ini terbilang cukup modern. Seperti yang bisa kalian lihat, mobil ini telah mendapatkan power window di bagian depan, tilt steering, pengaturan spion elektrik dan Electronic Power Steering (EPS) yang memudahkan penggunanya ketika bermanuver maupun memarkirkan kendaraan di tempat yang sempit.

Oh iya, perlu kalian ketahui Hiace Commuter juga dilengkapi dengan AC double blower yang mana baris kedua hingga kelima memiliki blower yang rata dengan plafon sehingga tidak mengganggu pandangan serta head room. Bukan cuma itu, mobil ini juga mempunyai banyak kompartemen yang bisa kalian manfaatkan untuk menaruh benda kecil maupun botol minuman.

4. Fitur Keselamatan Toyota Hiace Commuter Terbilang Modern

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 04

Fitur keselamatan Toyota Hiace Commuter

Soal fitur keselamatan, Toyota Hiace Commuter dikteahui memiliki 3-Points Seat Belt, Dual SRS Airbags dan ABS+BA. Mengenai sistem pengeremannya, di bagian depannya sudah menggunakan Ventilated Disc w/ Floating Calyper 1-Cylinder serta Leading-Trailing Drum Brake di roda belakangnya.

Sebagai bentuk perlindungan lebih terhadap penggunannya, Toyota Hiace Commuter dilengkapi dengan crumple zone yang akan mengurangi dampak fatal terhadap penumpang dan pengemudi jika terjadi tabrakan depan.

5. Bantingan Suspensi Toyota Hiace Commuter Terasa Cukup Nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 05

Bantingan suspensi Toyota Hiace Commuter terasa nyaman

Faktor lain yang membuat Toyota Hiace Commuter terasa nyaman ketika dikendarai adalah suspensinya. Seperti yang diketahui mobil ini menggunakan lengan ayun berjeniskan Double Wishbone with stabilizer di bagian depan dan Leaf Spring Rigid Axle di bagian belakangnya.

Dengan menggunakan suspensi tersebut, bantingan daripada mobil ini terbukti terasa empuk ketika melewati jalan yang sedikit berkontur.

6. Dibenamkan Mesin Diesel dengan Tingkat Durabilitas yang Tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 06

Mesin diesel turbocharger 2.5L D-4D yang disematkan pada Toyota Hiace Commuter

Secara data, Toyota Hiace Commuter dibenamkan mesin diesel turbocharger 2.494 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D berteknologikan common rail. Dengan mesin tersebut mobil ini diketahui mampu melecutkan tenaga 102 PS @3.600 rpm di angka torsi maksimal sebesar 259 Nm @1.600-2.400 rpm. Selain hemat bahan bakar, mesin yang digunakannya tersebut terbukti memiliki tingkat durabilitas yang tinggi.

Bicara tingkat percepatannya, mesin diesel D-4D yang dipakai oleh Hiace Commuter dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan sebelum ditranslasi kepenggerak roda belakang.

Sebagai informasi tambahan, meskipun mesin diesel yang digunakan telah mengaplikasikan teknologi common rail, Hiace Commuter masih bisa mengkonsumsi solar dengan kulaitas rendah. Meski begitu, pemilik harus seringkali melakukan pergantian terhadap filter solar agar tidak merusak peranti yang ada di dalam mesin.

Baca juga: Impresi Mengemudikan HiAce, Tidak Serasa Naik Minibus!

Kekurangan Toyota Hiace Commuter

1. Masih Menggunakan Velg Kaleng

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 07

Toyota Hiace Commuter masih mengandalkan velg kaleng

Pada lingkar roda, Toyota Hiace Commuter tersematkan velg kaleng berukuran 15 inci yang diselimuti ban berprofil ukuran 195. Dengan menggunakan velg jenis ini bagi kami Hiace Commuter jadi terlihat kurang mewah.

2. Seat Cuma Bisa Reclining 

Kalian tentunya tidak akan bisa mengatur jarak antara bangku penumpang depan dan belakang. Pasalnya, mobil ini hanya dilengkapi dengan reclining seat dengan dudukan fix. Untuk mengatur posisi duduk, kalian hanya bisa merebahkannya saja.

3. Busa Jok yang Tipis

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Commuter, Apakah Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga? 08

Busa jok Toyota Hiace Commuter terkesan tipis

Bagi kami Toyota Hiace Commuter memiliki material jok yang tipis. Hal ini tentunya akan membuat penumpang mudah lelah ketika melakukan perjalan jauh.

4. Harga Baru yang Terbilang Mahal

Seperti yang diketahui, harga baru Toyota Hiace Commuter kini dibandrol Rp512,6 juta. Untuk sekelasnya, menurut kami mobil ini terbilang cukup mahal.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Toyota Hiace Commuter berhasil kami sampaikan di atas. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan selain cocok digunakan travel, mobil ini juga bisa digunakan sebagai mobil keluarga yang memiliki jumlah anggota lebih dari 7 orang.

Mengapa Toyota Hiace Commuter juga pantas digunakan sebagai mobil keluarga? Hal tersebut dikarenakan mobil ini memiliki fitur unggulan dan keselamatan yang tak kalah keren dengan mobil penumpang saat ini.

Baca juga: Buat Jadi Mobil Travel Premium, Toyota HiAce Premio Dapat Lawan Baru dari Wuling Journey 2021

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil