Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vellfire, Lebih Murah dari Alphard

Alex · 14 Jun, 2020 08:00

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vellfire, Lebih Murah dari Alphard 01

Toyota Vellfire sebagai MPV bongsor yang mendewakan unsur kemewahan menjadi salah satu dari sedikit opsi di kelasnya. Sebab bisa dikatakan pada kelas MPV mewah kisaran RP 1 miliar, Vellfire bersama saudaranya, Toyota Alphard, saling mengisi permintaan konsumen.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

Bicara Vellfire sendiri, PT Toyota Astra Motor telah memberikan improvisasi penyegaran ringan pada mobil mewahnya itu pada awal tahun 2020 ini. Tentunya penyegaran ringan tersebut berbarengan dengan sang saudara kandung, Toyota Alphard. Saudara Toyota Vellfire ini, Toyota Alphard tersedia dalam 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Salah satu keuntungan pada Vellfire yang telah disegarkan dari segi fitur tersebut adalah hadirnya perangkat Pre-Collision System (PCS). Dengan PCS pengemudi Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan. 

Sedangkan dari sisi eksterior dan interior, mobil mewah ini masih sama seperti versi 2019. Dengan banderol di kisaran RP 1,1 milyar, Toyota Vellfire memang menarik untuk dimiliki. 

Namun untuk mengetahui berbagai sisi kelemahan dan keunggulannya, simak point-pointnya di bawah ini.

Kelemahan Toyota Vellfire

1. Bongsor

Hal pertama yang menjadi konsekuensi saat mengandalkan Vellfire untuk kegiatan sehari-hari adalah dimensinya yang bongsor alias besar. Dengan panjang total nyaris 5 meter dan lebar hampir 2 meter membuat pengemudi Vellfire perlu membiasakan diri dalam bermanuver. Ditambah lagi tak akan leluasa dalam memilih lokasi parkir.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vellfire, Lebih Murah dari Alphard 01

2. Tak Punya Hybrid

Berbeda dengan Toyota Alphard, pada Vellfire hanya tersedia dalam satu pilihan mesin saja, tidak ada opsi mesin hybrid. Padahal di segmen mobil mewah seperti Vellfire tipikal konsumennya sudah mulai aware dengan mesin ramah lingkungan.

3. Minim Varian

Menyambung ketiadaan opsi mesin hybrid, Toyota memang hanya menjual Vellfire dalam satu varian saja. Mobil mewah ini dijual dalam varian 2.5 G AT dengan mesin 2.500 cc berkode 2AR-FE.

Kelebihan Toyota Vellfire

1. Harga "Murah"

Jika dibanding Toyota Alphard, maka Toyota Vellfire tidak salah disebut yang paling "murah". Sebab, PT Toyota Astra Motor menjual Vellfire seharga RP 1.177.600.000 untuk kondisi on the road Jakarta.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vellfire, Lebih Murah dari Alphard 02

2. Sporty

Walau dibangun dari basis yang sama dengan Toyota Alphard, namun Toyota sebagai pabrikannya memberikan diferensiasi pada Vellfire. Jika Alphard mengedepankan unsur kemewahan murni seutuhnya, tidak dengan Vellfire. MPV bongsor ini mengusung bahasa desain sporty namun tetap elegan. Unsur sporty ini bisa langsung terlihat di eksterior yang sangar dan interior full warna gelap.

3. Fitur Keselamatan Canggih

Setelah mendapati penyegaran bareng Alphard pada awal tahun 2020 ini, Vellfire punya bekal fitur safety canggih. Seluruh penumpang Vellfire kini didukung fitur keselamatan pintar berbasis radar bernama Toyota Safety Sense.

Kesimpulan Kelemahan dan Kelebihan Toyota Vellfire

Toyota Vellfire bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mengincar MPV mewah dan nyaman. Jika Anda bukan pribadi yang mengutamakan unsur sporty, tak usah khawatir dengan bahasa desain Vellfire, sebab mobil ini bukan tipe yang seutuhnya mengedepankan aspek sporty. Justru unsur sporty-nya berkolaborasi dengan baik bersama elegan dan menghasilkan aura kewibawaan yang tak dimiliki Alphard. Harga yang lebih "murah" tentu menjadi keuntungan tersendiri. 

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vellfire, Lebih Murah dari Alphard 03

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru