window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota

Bent Aulia · 22 Mei, 2020 15:00

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota 01

Toyota Yaris masih menjadi pilihan hatchback atau mobil perkotaan yang sporty. Bahkan penjualan di awal tahun 2020 menjadi yang terbaik, mengungguli Honda Jazz dan Suzuki Baleno. Tampilannya yang menawan serta fitur yang lengkap menjadi daya tariknya.

Toyota Yaris hadir dalam dua varian, Yaris G dan Yaris TRD Sportivo. Keduanya mendapatkan pilihan transmisi manual dan CVT otomatis. Harganya berkisar dari Rp259 jutaan untuk Yaris G dan Rp291 jutaan untuk Yaris TRD Sportivo CVT yang menjadi varian tertinggi. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Kelebihan Toyota Yaris

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Toyota Yaris memiliki tampilan yang sporty serta berbagai fitur modern yang disematkan pada hatchback kebanggaan Toyota ini. Berikut beberapa kelebihan Toyota Yaris yang bisa Anda dapatkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Eksterior yang memikat

Toyota Yaris dikenal sebagai salah satu model hatchback bernuansa sporty. Apalagi bagi Yaris TRD Sportivo yang dilengkapi dengan berbagai aksesoris tambahan, seperti desain grille yang masif dan aksen merah pada bagian bawah. Di belakang ada rear roof spoiler dan rear bumper dengan aksen garnish berkelir hitam.

2. Fitur hiburan yang berlimpah

Generasi terbaru Toyota Yaris memiliki berbagai fitur hiburan. Mulai dari head unit layar sentuh 7 inci dengan HD display untuk memutar DVD, Radio FM/AM, SUV, Aux, dan Bluetooth. Sedangkan mobil Yaris TRD Sportivo memiliki fitur iPod Ready, Miracast, Web link, dan remote apps melalui smartphone.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota 01

3. Sistem keselamatan yang lengkap

Dibandingkan pesaingnya, Toyota Yaris masih menghadirkan sistem keselamatan yang terbilang lengkap. Mobil Yaris Toyota terbaru sudah mendapatkan fitur STAR Safety System dengan teknologi Vehicle Stability Control, sistem pengereman ABS+EBD+BA, serta kontrol traksi.

4. Mesin yang bertenaga

Mobil Yaris New mendapatkan mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-I yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 104,5 daya kuda dan torsi puncak 140 Nm. Disandingkan dengan dimensi yang kompak, tentu saja mobil Yaris baru menawarkan tenaga besar selama di jalan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota 02

5. Rasa berkendara yang halus

Satu hal yang membuat mobil Yaris baru menjadi pilihan adalah rasa berkendara yang halus. Mesin 2NR-FE menyalurkan tenaga yang halus serta vibrasi mesin yang lebih rendah dibandingkan mesin sebelumnya. Perpindahan transmisi CVT lebih halus dibandingkan transmisi otomatis konvensional.

Kekurangan Toyota Yaris

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh Toyota untuk memberikan impresi berkendara yang maksimal bagi pengguna Toyota Yaris baru. Berikut beberapa kekurangan Toyota Yaris yang kami rasakan.

1. Dimensi besar untuk hatchback

Dengan panjang 4.145 mm dan jarak poros roda 2.550 mm, hatchback Yaris New memiliki dimensi yang cukup besar untuk versi hatchback. Bahkan mobil Toyota Yaris baru lebih panjang dibandingkan mobil Daihatsu Sigra yang memiliki kapasitas tiga baris kursi.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota 03

2. Radius putar yang besar

Dimensi yang besar memberikan kelemahan terbaru bagi mobil Yaris; radius putar yang cukup besar membuat Yaris terasa sulit dikemudikan ketika berputar. Karena itu, Anda harus mengambil ancang-ancang yang lebar dan sedikit jauh ketika akan memutar balik.

3. Kapasitas bagasi

Bahkan dengan dimensi yang panjang, ruang bagasi Toyota Yaris bisa dibilang cukup kecil. Meskipun dibandingkan kompetitornya, Anda mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Tapi secara keseluruhan, ruang belakang tak sebanding dengan dimensi kendaraan.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota 04

4. Model lama

Sayangnya Yaris baru masih menggunakan model yang sama selama 7 tahun. Mobil Yaris yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi ketiga yang diperkenalkan pada tahun 2013 silam. Memang ada penyegaran, tetapi hanya perubahan kosmetik.

Tapi dengan kekurangan tersebut, Toyota Yaris masih memiliki daya pikat bagi konsumen Tanah Air. Dan mengingat generasi keempatnya sudah diperkenalkan di Jepang beberapa waktu lalu, besar kemungkinan Toyota akan memperkenalkan Yaris baru dalam waktu dekat.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil