Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli?

Enda · 24 Mei, 2021 14:00

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 01

Varian termurah Toyota Agya 1.0 G M/T

Salah satu mobil city car yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC), Toyota Agya diketahui kembali mendapat tampilan anyar pada bulan terakhir di kuartal pertama tahun lalu. Memiliki wajah yang terlihat lebih berotot, atraktif serta dinamis, saudara kembar Daihatsu Ayla ini kini ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai dari Rp144.9 juta sampai dengan Rp170.3 juta on the road Jakarta.

Melihat varian termurah Toyota Agya 1.0 G M/T yang diniagakan Rp144.9 juta, mobil ini hanya mendapatkan mesin 1.000 cc. Artinya varian ini merupakan mesin 1.0 liter satu-satunya yang tersedia dengan transmisi manual.

Ingin mengetahui lebih dekat kelebihan dan kekurangan varian termurah Toyota Agya? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Dibandingkan Toyota Agya Lama, Agya Baru Lebih Berkesan?

Kelebihan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc

 

1. Punya Tampilan Luar yang Lebih Sporty

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 02

Tampilan luar Toyota Agya 1.0 G M/T

Seperti yang bisa dilihat, pada varian termurah Toyota Agya terbaru kini mendapatkan tampilan luar baru berupa New Front Bumper and Grille Design with Black Chrome Element dengan bentuk sedikit melebar, yang dipadukan Housing Fog Lamp model menyudut.  New Black Paint for Elegant Headlamp with LED Guide, New Sporty Alloy Wheel Design, dan New Impressive Design Rear bermodelkan “reverse L-shape” dengan tampilan yang modern dan stylish dengan sedikit ubahan di sektor reflektornya.

Dengan adanya update di bagian ini, tentunya membuat Toyota Agya kini terlihat lebih sporty dan atraktif. Tidak hanya itu, visibilitas mengemudi saat berkendara di malam hari juga lebih terbantu dengan adanya lampu utama berteknologi LED yang diselimuti projector.

2. Mendapat Interior Lebih Segar dengan Layout yang Ergonomis

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 03

Interior Toyota Agya

Bila melihat bagian dalam Toyota Agya terbaru, tampaknya tidak ada ubahan yang signifikan dari versi sebelumnya. Mobil ini diketahui masih memiliki bentuk dashboard, door trim, serta jok yang menggunakan warna serta material yang masih tetap sama.

Hanya saja Toyota Agya kini berhasil disematkan New AC Knob Design dan New Audio 2DIN Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti, radio AM/FM, pemutar CD, dan pengontrol suara. Terdapat juga penggunaan New Seat Cover, New Door Trim Design, dan New Combination Meter with Red Accent untuk memberikan suasanya baru serta kemudahan dalam setiap menjalankan fiturnya.

3. Konsumsi BBM Terbilang Sangat Efisien

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 04

Mesin Toyota Agya

Mengandalkan mesin 1.000 cc berkode 1KR 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i, mobil ini mampu merilis tenaga hingga 67 PS @6.000 rpm di angka torsi mencapai 89 Nm @4.400 rpm. Tingkat percepatannya diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

Meski dikawinkan dengan transmisi manual, bicara soal konsumsi BBM-nya, diketahui mobil ini mampu mencatat angka 22 km/liter dalam kecepatan konstan di jalur bebas hambatan. Tingkat efisiensi ini juga didukung dengan fitur ECO Mode yang disematkan oleh TAM.

Baca juga: Benarkah Biaya Servis Honda Brio 2021 Lebih Mahal Dari Toyota Agya 2021? Ini Buktinya!

Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc

 

1. Bantingannya Terasa Begitu Keras

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 05

Suspensi mobil Toyota

Memakai suspensi jenis MacPherson Strut with Coil Spring di bagian depan serta Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring di roda belakangnya, pada dasarnya diciptakan agar dapat memberikan kenyamanan dengan menghasilkan ayunan yang lembut. Namun pada kenyataannya di lapangan, kenyamanan yang disuguhkan pada mobil ini tak sesuai dengan ekspetaksi yang diharapkan.

Ketika melewati jalan yang berkontur, bantingan mobil ini terasa begitu keras yang tentunya mengurangi rasa nyaman berkendara. Berat kosong kendaraan yang hanya mencapai 800 kg, menjadikan salah satu faktor bantingan mobil ini juga terasa keras.

2. Salah menggunakan bahan bakar mengakibatkan mesin ngelitik

Dari pabrikan, diketahui Toyota Agya disarankan untuk selalu menggunakan bahan bakar dengan RON 92. Terkait penggunaan bahan bakar, sebenarnya mobil ini tetap bisa menggunakan BBM dengan RON 90 atau Pertalite bahkan RON 89 atau Premium.

Jika secara terus menerus menggunakan BBM dengan kualitas rendah, dapat menimbulkan gejala suara ngelitik pada mesin yang mengakibatkan berkurangnya performa mesin dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai. Selain itu juga akan berpengaruh pada efisiensi BBM serta dapat menyebabkan penurunan pada performa serta usia pakai part. 

3. Getaran Mesin Terasa Hingga ke Dalam Kabin

Mesin berjeniskan 1KR 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i yang digunakan mobil ini menghasilkan getaran yang cukup kuat hingga merangsek masuk ke dalam kabin. Dalam kejadian seperti ini tentunya mengurangi rasa nyaman berkendara kepada siapapun yang berada didalamnya.

4. Toyota Agya Termurah Hanya Tersedia Pilihan Transmisi Manual Saja

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 06

Transmisi manual Toyota Agya

Apabila Toyota Agya generasi sebelumnya yang menggunakan mesin 1.000 cc juga ditawarkan pilihan transmisi otomatis, maka generasi anyarnya ini hanya tersedia transmisi manual saja. Dengan begitu, berkendara di dalam kota dengan kondisi yang bermacet-macetan akan terasa lebih pegal dan kurang nyaman.

5. Tidak Cocok Digunakan Berpergian ke Luar Kota

Lebih banyak melakukan aktifitas di luar kota dengan jarak tempuh yang cukup jauh, varian termurah Toyota Agya ini tidak kami sarankan untuk digunakan secara terus menerus. Menggunakan jantung pacu dengan kubikasi yang kecil, membuat rpm mobil ini selalu berada di putaran atas ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Secara terus menerus, hal ini dapat mengakibatkan memperpendek usia mesin.

6. Fitur Keselamatannya Cuma Sedikit

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli? 07

Dual Airbags Toyota Agya G 1.0 M/T

Berada di kasta paling bawah, Toyota Agya G 1.0 M/T ini hanya mendapatkan fitur keselamatan berupa dual airbags di bagian depan serta Anti lock Braking System, dan Electronic Brake Distribution pada sistem pengeremannya.

Kesimpulan

Varian termurah Toyota Agya yang menggendong mesin 1.000 cc ini menurut kami tidak cocok digunakan sehari-hari baik yang suka beraktifitas di kota-kota besar ataupun daerah terpencil. Selain hanya tersedia pilihan transmisi manual saja, mobil dengan kapasitas kecil berjumlah tiga silinder ini menghasilkan getaran yang cukup terasa hingga ke dalam kabin serta tenaga yang dihasilkan menurut kami terbilang tanggung.

Jadi, sudah tahu kan kenapa Agya 1.0 ini nggak dilirik? 

Baca juga: Cari Mobil Murah Meriah, Nih Skema Cicilan Honda Brio 2021 Atau Toyota Agya 2021

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 2020 Agya 1.0L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru