Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli?

Enda · 2 Jun, 2021 11:00

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 01

Sebagai bentuk atensi atas dasar animo masyarakat Indonesia mengenai tren kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV), PT SGMW Motor Indonesia kembali menghadirkan flagship terbarunya, yakni Wuling Almaz RS pada akhir kuartal pertama tahun ini.

Mobil dengan tampilan kekar nan sporty yang dihadirkan dalam dua pilihan konfigurasi, yaitu 5-seater dan 7-seater. Pesaing dari Honda CR-V ini, melalui situs resminya kini ditawarkan mulai dari Rp345.800.000 juta hingga Rp364.800.000 juta, setelah mendapatkan diskon PPnBM khusus dari Wuling.

Apabila sudah tidak lagi mendapatkan diskon khusus, nantinya Wuling Almaz RS akan dipatok dari Rp360.800.000 sampai dengan Rp380.800.000 on the road Jakarta.

Ingin tahu lebih dekat mengenai kelebihan dan kekurangan Wuling Almaz RS? Daripada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V

Kelebihan Wuling Almaz RS

1. Bisa Memantau dan Menyalakan Mesin Menggunakan Gadget

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 02

Wuling Almaz RS dilengkapi dengan Internet of Vehicle (IoV) yang bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui aplikasi My WULING+

Hadir sebagai SUV modern yang tangguh, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan serangkaian teknologi yang terdepan di kelasnya. Seperti yang diketahui, mobil ini berhasil dibenamkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Bicara soal IoV, fitur ini berguna untuk mengetahui posisi kendaraan dan menyalakan kendaraan. Bahkan, kita bisa menyalakan AC mobil dengan kendali jarak jauh menggunakan smartphone, yang dikoneksikan melalui jaringan internet terhadap mobil melalui aplikasi My WULING+.

Diketahui juga fitur ini sudah mencakup Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang dapat melacak keberadaan kendaraan serta membatasi pergerakan mobil ini apabila dikenderai oleh orang yang tidak dikenal.

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 03

Head unit Wuling Almaz RS 10,4 inci yang dapat menampilkan Online Music, Internet Messaging App dan Online Navigation 

Tidak hanya itu, fitur IoV dapat diakses melalui head unit 10,4 inci dengan menampilkan Online Music, Internet Messaging App dan Online Navigation yang dioperasikan melalui fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Voice command dengan sebutan nama WIND pada Wuling Almaz RS dapat menjalankan pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

2. Wuling Almaz RS Mendapatkan Empat Kategori Fitur Keselamatan ADAS

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 04

WISE pada Wuling Almaz RS yang mencakup Internet Car + ADAS

Bicara soal teknologi terbaru yang ada pada fitur keselamatannya, varian teratas Wuling Almaz RS, yaitu 1.5T PRO, berhasil mendapatkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terbagi dalam empat kategori.

Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

3. Fitur Unggulan dan Keselamatan Standar Wuling Almaz RS Paling Baik untuk SUV Rp300 Jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 05

Tampilan dalam baris pertama Wuling Almaz RS

Melihat fitur unggulan serta keselematan yang ada pada Wuling Almaz RS, mobil ini berhasil dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) serta Traction Control System (TCS).

Tidak hanya itu, rival utama CR-V ini juga berhasil tersematkan Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) untuk menambah kenyamanan berkendara.

Mengenai sistem pencahayaannya, mobil ini mendapat fitur Intelligent High Beam Assistance (IHMA) yang secara otomatis dapat menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesudai dengan kondisi lalu lintas dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Beda Rp4,5 Juta, Ketahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

Kekurangan Wuling Almaz RS

1. AC Baris Kedua Hingga Ketiga Kurang Terasa

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 06

AC baris kedua Wuling Almaz RS

Sistem pendingin udara atau yang biasa disebut AC, kerap kali dikeluhkan oleh pengguna mobil ini. Melihat pada forum, beberapa pengguna setia menyampaikan bahwa mengalami masalah pada AC-nya.

Untuk blower pada baris belakangnya, hembusan udara sejuk yang dihasilkan tidak bisa bekerja secara maksimal. Sebagai catatan, selama garansi masih ada, unit yang rusak akan diganti dengan parts yang baru.

Disisi lain, pemilik Wuling Almaz generasi sebelum facelift juga mengeluhkan ketika pengaturan suhu di setting ke pemanas udara. Saat dikembalikan ke posisi dingin, udara yang dihasilkan masih tetap panas. Terkecuali pengguna men-setting suhu paling rendah atau mendiamkan selama beberapa waktu, hingga suhu kembali dingin.

2. Transmisi CVT Wuling Almaz RS Kurang Responsif dan Terasa Berat Ketika Hujan

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 07

Tuas transmisi CVT Wuling Almaz RS

Diketahui sebelumnya bahwa Wuling Almaz RS ini dibenamkan mesin yang sama dengan Almaz generasi lamanya. Secara data spesifikasi, mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger yang dibenamkan di balik bonnetnya yang kekar dan berotot ini mampu menghasilkan tenaga hingga 142 PS @5.200 rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.800-3.600 rpm. Tenaga kemudian ditranslasi ke roda depannya menggunakan transmisi CVT 8-percepatan.

Kalian yang suka akan gaya berkendara secara responsif, sebaiknya harus lebih bersabar ketika dalam posisi ‘stop and go’ menggunakan Wuling Almaz RS. Pasalnya, transmisi CVT pada mobil ini tidak bisa langsung njengat di-kick down secara full untuk menghasilkan tenaga yang responsif. Padahal mobil ini memiliki torsi yang terbilang melimpah.

Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli? 08

Transmisi CVT Wuling Almaz RS

Bukan cuma kurang responsif pada tarikan awal berkat karakter transmisi CVT yang digunakan, mobil ini juga mempunyai masalah yang kerap kali dikeluhkan beberapa pemiliknya ketika melaju kencang saat hujan lebat ataupun menerobos banjir. Permasalahan ini timbul karena soket kelistrikan pada transmisi kemasukan air, sehingga menyebabkan mobil tidak bisa melaju kencang meski pedal gas diinjak secara dalam.

Apabila timbul masalah tersebut pada Almaz, sebaiknya jangan panik. Kalian bisa berhenti sejenak ataupun membersihkan soket tersebut dan membungkusnya dengan plastik agar tidak kembali kemasukan air.

Selain itu, salah satu pengguna juga menyampaikan bahwa Wuling Almaz dianggap mempunyai kelemahan pada transmisi CVT-nya ketika memindahkan tuas dari posisi D ke posisi P, timbul rasa hentakan yang dianggapnya kurang halus.

Kesimpulan

Beberapa kelebihan dan kekurangan Wuling Almaz RS behasil kami sebutkan di atas. Dengan begitu, setidaknya kalian mengetahui beberapa informasi mengenai mobil ini.

Apabila kalian saat ini memiliki budget tidak lebih dari Rp400 juta namun tetap mengingkan sebuah Medium SUV 5-seater serta 7-seater dengan tampilan yang sporty, atraktif, serta memiliki segudang fitur unggulan dan keselamatan lengkap, Wuling Almaz RS bisa menjadi pilihan tepat.

Tidak perlu khawatir akan layanan after salesnya, hingga terakhir diketahui bahwa Wuling memiliki 115 jaringan dealer di Tanah Air.

Baca juga: 5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru