window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero

Yongki Sanjaya · 21 Sep, 2021 14:30

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 01

Sebelum memutuskan hengkang dari Bumi Pertiwi, Chevrolet sempat merilis low MPV yaitu Spin saat masih memiliki pabrik di Pondok Ungu, Bekasi. Dari sekian banyak tipe, Chevrolet Spin 1.5 bensin cukup menarik untuk dibahas soal kelebihan dan kelemahan mobil ini.

Spin ini bisa kita sebut sebagai mobil Asia dengan taste Amerika. Bahkan bila ditelusuri lebih jauh, Spin ini bisa kita sebut sebagai cikal bakal munculnya Wuling Confero pada 2017. 

Apa sebabnya? Ini karena SGMW sebagai prinsipal Wuling adalah anak perusahaan dari General Motors di China. Walau berbeda wujud, tapi Spin dan Confero terdapat beberapa kesamaan komponen dan filosofi sebagai mobil keluarga yang terjangkau. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mundur ke belakang, Chevrolet Spin diproduksi di pabrik General Motors di Bekasi dilakukan pada Februari 2013 hingga Juni 2015. Pada tahun-tahun pertama penjualannya, Chevrolet Spin cukup mendominasi penjualan dari Chevrolet. Model ini bahkan mampu berbicara banyak dan membawa merek asal Amerika Serikat ini bersaing dengan mobil-mobil dari pabrikan Jepang. 

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 01

Hal yang cukup disayangkan yaitu keputusan GM yang menutup pabrik Chevrolet di Pondok Ungu pada 2016, sehingga membuat kiprah Spin lekas meredup. Padahal, Chevrolet Spin sebenarnya masih menjadi salah satu alternatif pilihan yang sangat menarik di segmen low MPV. 

Mobil keluarga ini terjangkau dan nyaman dikendarai, serta punya built quality yang baik khas merek Amerika. Walaupun Chevrolet tak lagi menjual produknya di Indonesia, tak ada salahnya kita menjadikan Spin sebagai alternatif daripada Avanza, Xpander atau Ertiga. 

Lantas, sejauh mana Chevrolet Spin ini layak kita miliki sebagai mobil bekas? Mari kita ulas kelebihan dan kelemahan Chevrolet Spin 1.5 bensin ini. 

Kelebihan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Saudara Jauhnya Wuling Confero

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 02

Ada beragam kelebihan Chevrolet Spin yang layak dipertimbangkan. Dengan usia yang tergolong muda, harga Spin ini cukup terjangkau dibandingkan low MPV lain.

Material yang Bagus di Interior dan Eksterior

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 03

Chevrolet Spin sebagai produk dari pabrikan asal Amerika memiliki keunggulan dari built quality. Material yang digunakan pada interior maupun eksteriornya cukup baik. 

Penggunaan plat bodi yang tebal tentu menambah aspek keselamatan ketika terjadi benturan keras. Ini karena mobil jadi tidak mudah penyok karena benturan.

Material plat dan rancangan body yang kokoh di Spin cukup berbeda dengan beberapa mobil Jepang sekelasnya. Kita sering menjumpai low MPV merek Jepang dapat dengan mudah penyok ketika terjadi benturan yang tak begitu keras.

Interior Spin juga menawarkan bahan yang cukup kokoh dipadukan desain yang fresh. Kursi Chevrolet Spin memiliki bahan fabric yang enak untuk didukuki. Bentuknya cukup nyaman dan menopang bahu dan lengan. 

Rasa nyaman ketika naik mobil ini semakin terasa, sebab kabin dari Chevrolet Spin sangat senyap. Sistem peredaman kabinnya cukup baik menghalau bising dari luar. Dengan begini, kamu tidak perlu terganggu suara bising dari luar mobil akan mengganggu kenyamanan. 

Namun secara keseluruhan, Spin menawarkan kita supaya tampil beda dengan kenyamanan berkendara ala mobil Amerika.

Desain Maskulin dan Modern Ala SUV Kekinian

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 04

 Sebelum Mitsubishi Xpander hadir, desain low MPV rata-rata bergaya agak pipih, seperti mobil estate yang ditinggalkan. Hanya Avanza/Xenia dan Chevrolet Spin punya styling body tinggi ala minibus berbonnet. Spin ini memiliki ground clearance yang tinggi, mencapai 157 mm. Memudahkan Anda melaju di kondisi jalan yang tak terlalu mulus.

Desainnya cukup maskulin, tapi tak begitu agresif karena desainnya yang membulat. Untuk tipe LTZ, telah memakai velg roda berdiameter 16 inci yang membuatnya tampil sporty.

Masuk ke dalam interior, kita disuguhi dashboard dengan guratan garis tegas yang maskulin. Pada konsol tengah, terdapat frame dengan ornamen silver sehingga membuat penampilannya cukup modern. 

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 05

Tak kalah menarik kalau kita duduk di kursi pengemudi, yang disuguhi speedometer digital dengan tachometer analog. Untuk ukuran mobil keluaran 2015 ke bawah, panel instrumen Spin ini cukup futuristik. 

Pada tipe Spin Activ, setirnya sudah memiliki tombol Steering Switch Control yang berfungsi untuk mengatur volume, forward and reverse termasuk tombol mengangkat dan menutup telepon. Fitur ini sayangnya tidak ada pada tipe LTZ ke bawah. 

Poin plus dari desain interior Chevrolet Spin punya posisi mengemudi seperti mengendarai mobil Rally. Sebab, layout didesain dengan posisi setir tinggi dan mendekat pada pengemudi agar tidak cepat lelah.

Posisi mengemudi terbilang tinggi, tapi bisa diatur dengan fitur tilt pada kemudi. Untuk pengendaraan dalam kota, Spin sudah mendapatkan fitur EPS atau Electric Power Steering sehingga putaran kemudi cukup ringan. 

Sementara itu pada baris kedua, Chevy Spin Activ ini memiliki legroom dan headroom yang lebih dari cukup. Posisi duduknya berkonsep low floor high seating, sehingga kaki penumpang akan terasa jatuh kebawah. Jadi, pandangan kita ke luar jendela lebih leluasa karena tubuh berada sedikit lebih naik. 

Fitur Keselamatan Cukup Lengkap Untuk Kelas Low MPV

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 06

Pada Chevrolet Spin LTZ yang merupakan tipe menengah telah didukung cukup banyak fitur keselamatan, diantaranya yaitu dual air bags dan sistem pengereman ABS dan EBD untuk mengantisipasi selip ketika berkendara. Untuk keamanannya, Spin LTZ sudah mendapatkan foldable key dengan immobilizer dan theft deterent.

Bisa Substitusi Komponen Wuling

Bila ditelisik lebih jauh, Chevrolet Spin ini memakai mesin dan beberapa komponen yang sama seperti Wuling Confero. Mesin 1.5 Spin berkode L2B yang kini dipakai Confero. 

Kompresor AC Confero bahkan juga serupa dengan yang digunakan pada Chevrolet Spin. Dengan banyaknya kesamaan tersebut, kita bisa saling substitusi komponen apabila ada kerusakan. 

Tenaga Mesin 1.5 Liter Lumayan Oke

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 07

Urusan daya, pabrikan asal Amerika terkenal jago membuat mobil bertenaga besar. Hal inilah yang jadi salah satu nilai plus dari Chevrolet Spin 1.5 bensin. 

Mesin 4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.485 cc mampu menyemburkan 109 daya kuda pada putaran 5.800 rpm serta 142 Nm pada putaran 3.800 rpm. Dikawinkan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis disalurkan ke roda depan.

Kelemahan Chevrolet Spin 1.5, Apakah Bisa Dimaklumi?

Chevrolet Spin bekas kini banyak dijual dengan harga di bawah Rp100 juta. Harga yang ditawarkan termasuk murah untuk kelas low MPV. Dengan harga bekas yang cukup terjangkau, apakah membuat kelemahan Chevrolet Spin jadi termaafkan dan bisa dimaklumi? 

Fitur Multimedia yang Ada di Tipe Teratas Kurang Modern

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 08

Agak disayangkan kalau General Motors sedikit pelit soal fitur, karena masih memakai head unit 2DIN dengan fitur CD dan radio saja. 

Untungnya, head unit tersebut sudah mengakomodir fitur Bluetooth dan AUX. Kedua fitur ini membuat kita bisa mengkoneksikan head unit dengan ponsel supaya bisa memutar lagu kesukaan. 

Baris Ketiga Sempit dan Tak Bisa Diperluas

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 09

 

Poin minusnya, ruang kaki di baris ketiga tak terlalu lega dibandingkan Toyota Avanza. Parahnya lagi, kita tidak bisa menggeser kursi baris kedua supaya ruang kakinya lebih leluasa.

Ini karena desain kursi baris kedua hanya bisa dilipat, tapi tak ada fitur sliding. Ruang kaki baris kedua cukup leluasa namun sangat kontras dengan kursi baris ketiganya yang sempit. 

Transmisi Otomatis Cuma Ada di Tipe Tertinggi

Bicara kelemahan Chevrolet Spin yang cukup disayangkan banyak orang ada pada ketersediaan transmisi otomatis. Sebab khusus untuk varian diesel tidak tersedia transmisi otomatis. Bahkan, opsi matic hanya ada pada Spin Activ dan LTZ yang bermesin bensin. 

Kesimpulan

Kelebihan dan Kelemahan Chevrolet Spin 1.5 Bensin, Cikal Bakal Wuling Confero 10

Kalau kamu tinggal di kota besar dan sedang mencari MPV untuk kendaraan keluarga, maka tak ada salahnya melirik Chevrolet Spin bensin ini. Tak perlu terlalu khawatir soal layanan purna jual atau ketersediaan sparepart, karena Spin bensin bisa saling substitusi komponen dengan Wuling Confero. 

Ibaratnya, budget untuk beli mobkas LCGC bisa kita belikan MPV yang kapasitasnya lebih besar dan kabin lebih nyaman. Dengan relasi komunitas pengguna Chevrolet yang kuat dan bengkel spesialis di kota-kota besar, kami rasa Spin masih bisa jadi andalan untuk 'kuda beban' keluarga.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil