window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC

Yongki Sanjaya · 28 Des, 2021 16:30

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 01

Sebelum segmen LCGC seramai sekarang, konsep mobil murah dan ekonomis ini diisi oleh kendaraan berjenis city car. Salah satu model city car yang sempat berjaya ialah Mitsubishi Mirage, yang akhirnya tergusur oleh LCGC. Padahal Mitsubishi New Mirage punya beragam kelebihan, dan kini hanya bisa kita dapatkan dalam kondisi bekas saja.

Mitsubishi Mirage mulai diperkenalkan pada tahun 2012 di Indonesia dengan tipe GLX (MT), GLS (AT), dan Exceed (AT). Kemudian di tahun 2015, Mitsubishi menambah lagi varian Mirage Sport. Sejak 2018, PT Mitsubishi Motors Kramamudha Sales Indonesia tidak lagi menjual Mirage.

Mundur ke belakang, Mitsubishi Mirage bahkan mencapai penjualan tertinggi pada Juni 2016. Kala itu MMKSI menjual Mirage di angka 22.721 unit. Angka ini merupakan angka penjualan yang sangat bagus untuk sebuah city car.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 01

Dulu, Mirage merupakan hatchback yang ciamik untuk mobil menengah ke atas. Kini, New Mitsubishi Mirage bekas bisa kita dapatkan di kisaran harga Rp110-130 juta. 

Dengan harga mobil bekas Mitsubishi Mirage yang sudah bersahabat, apakah mobil mungil ini layak dimiliki? Mari kita ulas kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Kelebihan Mitsubishi Mirage, Murah Tak Berarti Murahan

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 02

Walau sudah tidak dijual dalam kondisi baru, Mirage sesungguhnya masih layak untuk dimiliki. Dengan harga segitu, kita bisa memiliki sebuah mobil mungil kaya fitur. 

Dari sisi penampilan, desain grill depan berubah yang tadinya berupa garis lurus horizontal menjadi beraksen kotak-kotak. Sepintas mirip bentuk gril model-model lain Mitsubishi  seperti Outlander Sport misalnya. Ubahan ini membuat kesan sporty lebih terangkat dibanding Mirage sebelumnya. 

Pada sisi ruang kemudi, panel meter cluster ada tambahan MID alias Multi Information Display. Pada MID ini terpampang informasi jarak tempuh, kapasitas BBM di dalam tangki, kecepatan rata-rata, konsumsi BBM, serta berapa jarak yang bisa ditempuh dengan kondisi takaran BBM yang ada dalam tangki tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 03

New Mirage punya wheelbase 2.450 mm. Untuk pengemudi dan penumpang depan, maka dia punya ruang kaki yang cukup lapang. Sementara ruang belakang tidak terlalu istimewa memang, tapi cukup sebagai mobil perkotaan.

Mobil ini memiliki beberapa kelebihan lain, diantaranya adalah lingkar kemudi yang ringan, suspensi sangat empuk, bahan bakar irit, climate control, interior bagus, dan dimensi yang sangat kompak. 

Performa Mitsubishi Mirage, Suguhkan Kemampuan Fun to Drive

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 04

Kelebihan lain dari mobil ini adalah ia memiliki sistem pengereman yang cukup mumpuni di kelasnya. Kemampuan tersebut untuk mengimbangi tenaga sebesar 77 PS (57 kW) pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi puncaknya mencapai 100 Nm (10.2 kgm) pada putaran 4.000 rpm. Tak heran jika Mirage cukup disukai oleh jiwa-jiwa muda.

Masih seputar kinerja berkendara, mobil ini sangat terkenal akan keempukan suspensinya. Bagi mereka yang menyukai perjalanan santai di jalanan perkotaan, suspensi yang empuk tentu menjadi idola. Lain ceritanya bagi mereka yang menyukai kecepatan. 

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 05

Suspensi yang terlalu empuk tentunya akan memberikan handling yang kurang baik, karena menyebabkan limbung. Tak hanya itu, efek body roll akan sangat terasa karena empuknya suspensi.

Untuk fitur keselamatan juga tidak bisa dianggap enteng. Mitsubishi Mirage ini dilengkapi Anti-lock Bereaking System yang berfungsi untuk memompa rem supaya tidak mengunci. 

Hadirnya Electric Brake for Distribution, akan mengatur tekanan rem di semua roda. Perlindungan penumpang diserahkan pada dual SRS airbag memberikan pertolongan pertama bagi para penggunanya supaya terhindar dari cidera parah. 

Kelemahan Mitsubishi Mirage, Kalah Tenaga dan Fitur Kenyamanan Dibanding LCGC

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi New Mirage Bekas, Mantan City Car Terlaris yang Pamornya Tergeser LCGC 06

Hal yang membuat peminat Mirage kalah bila dibandingkan dengan mobil LCGC seperti Toyota Agya ialah karena fiturnya tak semewah sang mobil murah. Sederhana saja, New Mirage belum memakai head unit dengan layar sentuh. Fitur hiburannya masih mengandalkan head unit integrated radio-CD dengan audio control switch di setir. 

Kelemahan lainnya yaitu soal tenaga yang lebih kecil dibandingkan Toyota Agya. Jagoan dari Toyota itu untuk mesin 1.2 liter menghasilkan tenaga 88 ps dengan konsumsi BBM mencapai 20 km/liter. Meskipun lincah tapi tenaganya pas-pasan, maka kurang istimewa bagi kalangan konsumen Indonesia yang berorientasi pada produksi daya besar dari mesin.

Kesimpulan

Membeli sebuah Mitsubishi Mirage bekas seperti sebuah keputusan yang agak dilematis. Sebab, mobil besutan pabrikan tiga berlian ini spesifikasinya agak nanggung. Keren di desain dan fitur keselamatan, tapi performa dan fitur hiburannya biasa saja.

Kalau memang kalian mencari built quality yang baik, maka Mirage ini telah memenuhi ekspektasi tersebut. Tapi kalau cari fitur komplit dan performa lebih oke, maka kalian perlu cari alternatif model lain. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil