Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung

Yongki Sanjaya · 25 Agu, 2021 13:30

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 01

Kendaraan angkutan barang seringkali dipandang sebelah mata, dengan fitur ala kadarnya. Padahal, fungsinya cukup krusial untuk mobilitas logistik, bahkan hingga ke dalam perkampungan. Sepeninggal Daihatsu Hi-Max yang tak lagi dijual, hanya ada Suzuki Karimun Wagon R Blind Van yang kini jadi mobil mungil angkutan barang.

Sedikit disayangkan banyak orang yang tidak menyadari keberadaan varian blind van ini. Padahal secara harga cukup terjangkau dan ukurannya minimalis. Karena berupa blind van, membuat muatan barang lebih aman dari panas matahari dan guyuran hujan. Karimun Wagon R Blind Van ini cukup unik, karena biasanya blind van menggunakan basis mobil lebih besar, misalnya saja APV. 

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 02

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Karimun Wagon R Blind Van ini diproduksi dan dijual resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales untuk pasar fleet. Harga yang ditawarkan yaitu Rp134.500.000, OTR Jakarta. Mobil ini menggunakan basis Karimun GS, sehingga fiturnya bisa dibilang masih cukup lengkap.

Wagon R Blind Van pada bagian eksterior, lampu masih mengusung projektor halogen, lalu velg aloy diambil dari tipe GL 13 inci, hanya saja foglamp dihilangkan, serta tentunya blind mirror pada bagian belakang. 

Lantas seberapa praktis Wagon R Blind Van ini kalau digunakan sebagai kendaraan fleet atau niaga? Mari kita bahas lebih jauh dalam artikel di bawah ini.

Berukuran Mungil, Wagon R Blind Van Mudah Menjangkau Pelosok

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 01

Suzuki Karimun Wagon R Blind Van ini terkenal jadi kendaraan niaga milik perusahaan rokok terkenal. Alasannya, mobil ini lebih dapat menjangkau pelosok yang jauh dan agak mustahil dicapai dengan menggunakan sepeda motor.

Karena fungsinya sebagai blind van, maka kursi penumpang baris kedua ditiadakan. Terdapat semacam pembatas dibelakang kursi penumpang dan pengemudinya. Terdapat semacam sekat pagar besi di belakang kursi penumpang dan pengemudinya.

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 02

Wagon R Blind Van cukup bagi kalian yang punya usaha kecil dan tidak perlu mobil box besar. Karena memiliki AC, maka mobil ini bisa dimanfaatkan sebagai kendaraan angkutan dokumen, makanan, atau barang-barang lain yang butuh suhu penyimpanan sejuk.

Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Punya Fitur Proporsional di Kabin

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 03

Pada umumnya mobil blind van ini fiturnya ala kadarnya, demi menekan harga namun tidak dengan Karimun Wagon R. Interiornya tetap menarik untuk sebuah kendaraan angkutan barang, dengan fitur standar khas LCGC. 

Wagon R Blind Van memiliki smart key, EPS, AC standar, lalu fitur hiburan dari head unit 2Din yang support MP3, USB, Radio, dan AUX sehingga cukup menghibur penumpang.  Karena berwujud blind van maka kursi hanya ada 2 orang dan di depan saja. Fitur keselamatan hanya SRS Airbag 1 titik sisi pengemudi. 

Suzuki merupakan salah satu pabrikan yang jadi jagoan dalam membuat mobil kecil alias kei car di Jepang. Tentu saja, Suzuki bisa menyulap mobil imut seperti Wagon R supaya kabinnya berkapasitas maksimal. Untuk akses barang, kita bisa memasukkan dari pintu belakang atau pintu samping baris kedua. 

Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Pangkas Fitur Supaya Harga Lebih Bersahabat

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 04

 

Berbeda dengan Suzuki Karimun Wagon R tipe lainnya yang lebih lengkap, untuk tipe Blind Van ini tidak dilengkapi takometer dan power window. Pemangkasan fitur juga ikut terjadi pada Wagon R Blind Van ini supaya lebih harganya lebih terjangkau. 

Tipe Blind Van ini tampilannya lebih sederhana untuk bagian depan. Jadi untuk foglamp masih belum diberikan, begitu juga grille krom ataupun sensor parkir. Spion juga masih memakai model yang digerakkan secara manual. Alasannya masih sama dengan bumper hitam, yakni saat terjadi kecelakaan atau perlu dilakukan reparasi dapat mengurangi waktu dan biaya perbaikan. 

Namanya juga blind van, jadi pintu belakang jelas tidak memiliki kaca dan full pintu tertutup. Karena model tertutup, akan memiliki kelebihan dari sisi keamanan yang membuat orang luar tidak bisa lihat isi muatan apabila membawa barang berharga.

Tenaga Mesin Suzuki Karimun Wagon R Blind Van Tidak Istimewa

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 05

Berlanjut ke bagian performa, yang mana pihak Suzuki membekali Wagon R Blind Van dengan mesin berkode K10B 3 silinder serupa dengan versi mobil penumpang. 

Mesin ini terkenal hemat konsumsi bahan bakar, untuk perjalanan antar pusat kota ke kota satelit. Misalnya saja Jakarta-Bekasi atau Surabaya-Sidoarjo-Mojokerto yang terlalu jauh bila ditempuh motor.

Dari mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 Ps pada putaran 6.200 rpm dan torsi puncaknya mencapai 90 Nm pada putaran 3.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan gearbox 5 percepatan yang membuat mobil besutan Suzuki ini responsif untuk berkendara di jalan perkotaan.

Kesimpulan

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R Blind Van, Mobil Barang yang Lincah di Jalan Kampung 06

Bagi kalian yang memiliki usaha kecil menengah, dan butuh kendaraan yang proper, bisa membeli mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van ini. Wagon R Blind Van bisa digunakan sebagai transportasi di daerah yang jalanannya tidak terlalu lebar.

Mobil ini bermanfaat bagi para pedagang maupun pengusaha dalam bidang kuliner, katering, jasa angkutan paket barang, dan warung berjalan. Dimensi yang mungil sangat praktis untuk berjualan keliling yang melalui jalanan kecil maupun keramaian. Parkirnya juga mudah karena tidak perlu lahan yang luas.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru