window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car

Yongki Sanjaya · 15 Jun, 2021 19:00

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 01

Nama Suzuki Karimun Wagon R seolah tenggelam di tengah kesuksesan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla atau Honda Brio di segmen LCGC. Padahal Karimun Wagon R ini punya desain yang unik, karena mengadopsi gaya Wagon R di Jepang. Lantas, apa sih kelebihan dari Suzuki Karimun Wagon R ini?

Suzuki Karimun Wagon R termasuk ke dalam generasi awal era LCGC. Patut disayangkan karena mobil ini sudah lama tanpa pembaruan sejak perkenalannya pada 2013 silam.

Secara desain, Wagon R memiliki dimensi layaknya kei car di Jepang. Dengan gaya kotak, Wagon R lebih tinggi 150 mm dibanding Ayla untuk ruang kepala yang lebih lapang. Dari sisi spesifikasi sejatinya Karimun Wagon R sudah cukup menjawab kebutuhan segmen entry level.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 01

Mesin yang responsif dan efisien dalam urusan bahan bakar dan kabin luas jadi andalan. Dengan mobil yang masih tergolong rakitan 'tahun muda' Anda tak perlu risau soal perawatan rutin. Apalagi, jaringan dealer Suzuki sudah cukup luas meluas hingga ke kota kecil.

Suzuki Karimun Wagon R dijual dalam enam tipe, antara lain:

Bagi kamu yang sedang mencari alternatif mobil LCGC, simak kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R berikut ini.

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R

Desain Boxy, Kabin Suzuki Karimun Wagon R Lebih Luas

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 02

Di negeri asalnya, Jepang, Karimun Wagon R diposisikan dalam segmen Kei Car. Karimun Wagon R ini mempunyai dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1475 mm, dan tinggi 1670 mm. Jarak sumbu roda sebesar 2400 mm.

Bila dibandingkan dengan sesama mobil di segmen city car atau LCGC dengan kapasitas 5-seater, umumnya memiliki gaya hatchback dengan atap rendah. Hanya Karimun Wagon R saja yang punya postur tinggi dengan style boxy seperti MPV. Tentu dengan dimensi yang begitu lapang membuat pengguna semakin nyaman dalam mengendarainya.

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 03

Dengan desain tersebut, otomatis kabin lebih lega tanpa harus mentok di bagian headroom dan legroom. Namun konsekuensi desain seperti ini ialah tidak banyak masyarakat yang menyukainya. Sebab secara garis besar, konsumen Tanah Air lebih suka tampilan sportif dengan lekuk-lekuk bodi mobil yang tajam.

Struktur Bodi Lebih Kokoh

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 04

kelebihan lain dari Suzuki Karimun Wagon R ini adalah struktur bodi yang lebih kuat. Hal ini jelas berbeda dari mobil kelas LCGC kebanyakan yang memiliki bodi tipis. Tapi Suzuki Karimun Wagon R bisa dikatakan lumayan bagus kualitas bodinya dibanding kompetitor lainnya.

Suzuki Karimun Wagon R menggunakan plat yang lebih tebal pada struktur bodinya, sehingga kuat dan kokoh. Ini juga yang membuatnya paling berat bobotnya dibandingkan LCGC lain.

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 05

Sebagai perbandingan, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya memiliki bobot dibawah 800 kg. Walaupun demikian, bobot Karimun Wagon R masih termasuk ringan, hanya 835 kg.

Untuk mengurangi bobot kendaraan, Suzuki menggunakan mesin K10B engine yang terbuat dari bahan alumunium. Karena masuk ke dalam kategori LCGC maka mesin ini didesain seperti Toyota Agya, dengan memiliki kompresi tinggi sebesar 1:10. Untuk itu dianjurkan memakai bahan bakar sekelas Pertamax ke atas.

Pelopor Under Seat Tray

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 06

Tidak banyak mobil yang memiliki under seat tray atau tempat penyimpanan tambahan di balik kursi pengemudi depan. Suzuki Karimun Wagon R yang dibanderol dengan harga murah justru telah lama memiliki tempat penyimpanan cerdas yang mampu menampung barang bawaan anda lebih rapi. Selang beberapa tahun kemudian, fitur ini akhirnya muncul pada facelift Daihatsu Sigra dan Toyota Calya di 2019.

Mesin Responsif dan Irit Bensin

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 07

Suzuki Karimun Wagon R dilengkapi dengan mesin berkode K10B 3 silinder dengan teknologi injeksi yang memproduksi tenaga sebesar 68 ps dan torsi 90 Nm. Mesin ini sudah cukup teruji, serta digunakan juga pada Suzuki A-Star / Suzuki Alto dan Nissan Pixo.

Konsumen tertarik dengan Suzuki Karimun Wagon karena irit BBM. Mesinnya juga cukup responsif pada awal putaran bawah. Berdasarkan pemakaian dalam kondisi berkendara di kecepatan rata-rata 80 km/jam sejauh 150 kilometer, konsumsi BBM-nya dapat tembus 22,8 km/liter.

Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R

Dengan harga yang cukup terjangkau, ternyata Suzuki Karimun Wagon R juga punya banyak kelemahan, antara lain:

Fitur di Interior Karimun Wagon R Ala Kadarnya

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 08

Di saat produsen lain terus berlomba menyempurnakan fitur dan desain produk LCGC mereka, Suzuki malah adem ayem dan tidak banyak melakukan upgrade terutama di sisi fitur kenyamanan.

Desain interior kabin seadanya dan jauh dari kata modern kalau dibanding dengan kompetitornya. Pengaturan AC sistemnya masih manual model knob.

Karimun Wagon R juga belum dilengkapi audio control steering switch dan head unit masih single din. Parahnya lagi, spion elektrik juga belum tersedia.

Kenyamanan Berkendara Kurang

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car 09

Karena harganya cukup terjangkau maka ada beberapa hal yang harus dikorbankan, dalam hal ini kenyamanan berkendara. Mulai dari kabin yang kurang kedap sampai perpindahan gigi di transmisi AGS yang menghentak.

Sistem auto gear shift ( AGS) ada lag (jeda) sangat terasa saat perpindahan gigi, hingga membuat pengaliran tenaganya kurang responsif. Belum lagi, roda yang digunakan cukup kecil, dengan velg berdiameter 13 inci.

Pengguna sering merasakan kabin bergoyang terutama saat dibawa dalam kecepatan tinggi atau di jalan yang lancar seperti di jalan tol. Kalau ingin lebih nyaman, pengguna sebaiknya mengganti ukuran velg dengan yang lebih besar.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil