Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah

Yongki Sanjaya · 27 Jul, 2021 12:00

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 01

Sosok Toyota Camry sejak lama dikenal sebagai sedan elite kelas atas. Bahkan mobil ini dalam sejarahnya di Indonesia sempat digunakan sebagai mobil menteri dan pejabat tinggi negara. Seiring waktu, kini harga Toyota Camry XV40 kian terjangkau.

Mundur ke belakang, Toyota Camry XV40 merupakan sebuah mobil sedan premium lansiran tahun 2006 hingga 2012. Mobil tersebut pernah digunakan sebagai mobil dinas para menteri di era Kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebagai sedan mewah, Toyota Camry XV40 terbagi dalam 3 tipe yaitu G dan V dengan mesin 2.400 cc. Khusus tipe Q memakai konfigurasi mesin V6 3.500 cc. Toyota Camry generasi ke-2 di Indonesia ini bisa menjadi pilihan menarik bagi kalian yang ingin punya sedan bekas harga murah namun penampilannya mewah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 01

Untuk pasaran bekasnya, Camry XV40 harganya mulai dari Rp 87 jutaan sampai dengan Rp150 jutaan. Image Mobil Menteri (era SBY) memberikan jaminan kemewahan dan ketersediaan sparepart yang terjaga. 

Mesin 4-Cylinder Inline 2.400cc menghasilkan tenaga besar sangat responsive untuk wara-wiri rute dalam kota dengan kombinasi jalan Tol. Selain itu desain eksterior dan interior dirasa belum terlalu usang, mungkin hanya perlu sedikit upgrade fitur kekinian seperti head unit dan sejenisnya. 

Itu baru sedikit gambaran soal Camry eks menteri ini, seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Mari kita ulas lebih mendalam tentang Camry XV40 tersebut. 

Kelebihan Toyota Camry XV40 

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 02

Hadir sebagai sedan medium, Toyota Camry XV40 menyajikan kesenyapan dalam balutan kenyamanan dalam kabinnya. Tak perlu banyak pembuktian, karena statusnya sebagai bekas mobil menteri atau pejabat elite negara. 

Bagi sebagian besar masyarakat awam "kelas menengah" yang memiliki kebutuhan membeli mobil bekas, sering kali dihinggapi kebimbangan dengan budget yang ada. Ingin mobil yang mewah, nyaman, harga murah, atau hanya sekedar mobil MPV untuk keluarga. 

Toyota Camry cocok bagi kamu yang mencari mobil dengan nilai prestisius tinggi, tapi budget pas-pasan. Camry XV40 masih sangat mumpuni dipakai untuk masa sekarang. Daripada beli Avanza bekas mending beli Camry karenw nyamannya dapat mewahnya juga dapat. 

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 03

Untuk kelebihan Camry XV40 memiliki fitur standar yang cukup modern dan memanjakan penumpang. Fiturnya antara lain: Immobilizer, AC Digital, Head Unit Built In, Cruise Control, hingga Electric Height Adjuster menjadi simbol kemewahan di eranya.

Tidak cuma itu, finishing interior dan material yang digunakan berkualitas tinggi, seperti jok kulit asli, wooden panel tersebar di beberapa panel instrumen. Pada jok bagian depan sudah diberikan armrest yang menambah kenyamanan saat berkendara. Peredaman kabin baik sehingga tidak bising untuk perjalanan dalam kota. 

Tak kalah penting, driving quality sangat baik karena bobot yang lebih berat memberikan tingkat kestabilan dan traksi yang lebih baik.

Desain Mewah Khas Sedan Medium Era 2000-an Awal

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 04

Pada bagian eksteriornya, Toyota Camry memiliki tampilan yang mewah dan elegan khas era 2000-an awal. Pada bagian depannya, Camry memiliki tampilan yang lebar dengan grill yang sudah di lapisi dengan aksen chrome yang membuatnya terlihat mewah. 

Sedan medium ini juga memiliki headlamp berukuran besar dengan styling agak kotak, dan foglamp yang dikelilingi dengan aksen chrome. 

Pada bagian belakang Toyota Camry ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan, karena memiliki lekuk body belakang agak membulat dengan lampu stop lamp berbentuk kotak nampak terlihat mewah.

Mesin Bertenaga Besar, Nyaman Untuk Cruising di Jalan Tol

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 05

Kabin yang luas membuat Camry nyaman bagi penumpang, dan performa sedan ini juga cukup impresif. Sehingga cocok digunakan sebagai alternatif MPV bagi kamu keluarga kecil. 

Pasalnya, mesin 2AZ-FE 4 silinder 16 katup VVT-i berkapasitas 2.400 cc mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 167 hp pada 6.000 rpm dengan torsinya mencapai 224 Nm pada 4.000 rpm.

Masih seputar performa, karakter mobil besutan Toyota ini mengutamakan kenyamanan para penumpangnya atau passenger oriented. Ini membuat kinerja suspensi juga maksimal sehingga terbilang nyaman saat digunakan untuk melibas jalanan yang kurang rata. Akan tetapi untuk melewati tikungan suspensinya terlalu empuk sehingga pengemudi akan merasakan limbung.

Kelemahan Toyota Camry XV40 Eks Menteri, Pajak Mahal dan Mesin Boros Bensin

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Camry XV40, Sedan Eks Menteri yang Kini Semakin Murah 06

Statusnya sebagai mantan mobil mewah tentu membuat biaya perawatan Camry XV40 tak semurah mobil sekelas Toyota Avanza. Kamu yang tak terbiasa mengendarai mobil bermesin 2.000 cc ke atas jelas akan terkejut dengan konsumsi BBM Camry yang boros.

Jelas saja, mesin 2.400 cc butuh asupan bensin yang lebih banyak daripada mobil 1.300 cc, yang cuma setengah kapasitasnya. Sebagai informasi, Camry XV40 angka konsumsi BBM ada di kisaran 6-8 km/liter (dalam kota) dan 7-10 km/liter (luar kota).

Bagaimana dengan pajaknya? Nah ini bagi sebagian orang akan dirasa kemahalan karena pajak Camry XV40 berada di kisaran Rp3 jutaan untuk mesin 2.4 liter. Sebenarnya angka segitu terbilang standar karena Nissan X-Trail T30 bermesin 2.500 cc juga kisaran segitu.

Kalau dibandingkan dengan mobil Jepang kelas 1.200 cc seperti Suzuki Ignis baru, malah sedikit lebih murah. Sebab, kisaran pajak mobil baru dengan mesin segitu sudah mendekati angka Rp4 jutaan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru