window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150

Yongki Sanjaya · 30 Jun, 2021 14:00

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 01

Mitsubishi Kuda pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (APM Mitsubishi saat itu) pada 1999. Mitsubishi Kuda di akhir era 90-an sampai awal dekade 2000-an menjadi opsi menarik mobil keluarga selain Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther. Namun tidak seperti para pesaingnya, masa kejayaan Kuda di Tanah Air hanya bertahan enam tahun saja.

Kuda hadir dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia. Bila dibandingkan dengan Kijang Kapsul, Kuda punya kelebihan tersendiri yang membuatnya mudah diterima oleh konsumen di Tanah Air.

Walaupun merek Mitsubishi terkenal dengan sparepart yang mahal, tak membuat Kuda sepi peminat. Sebab, Kuda varian diesel punya kelebihan pada sisi performa yang lebih 'ngacir' dan kabin nyaman. Untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik ke kampung halaman pun cocok. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk ukuran mobil bekas, Mitsubishi Kuda ini cocok untuk angkutan keluarga besar yang murah meriah. Bukan murahan karena tetap nyaman walau tidak seluas Kijang Kapsul. Harga bekasnya mulai Rp38 jutaan, setara skutik bongsor Honda ADV150. 

Dengan harga yang ekonomis, kita bisa dapat kendaraan yang layak dan pastinya kokoh. Apalagi, built quality khas Mitsubishi ini 'bukan kaleng-kaleng' sehingga membuat Kuda ini tangguh. Perawatan Kuda terutama yang diesel juga cukup mudah dan murah.

Jadi, apa sih keunggulan Mitsubishi Kuda ini? Mari kita bahas lebih mendalam. 

Pakai Basis Mesin L300, Mitsubishi Kuda Lebih Perkasa

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 01

Untuk pilihan mesin diesel, Mitsubishi Kuda ini paling bertenaga. Mesinnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan tenaga yang sudah di-upgrade. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Kuda punya tenaga sebesar 86 ps @4.200 rpm sedangkan L300 75ps.
Ini membuat Mitsubishi Kuda lebih nendang untuk berkendara di jalan tol karena tenaganya lumayan meningkat daripada L300. 

Bila dibandingkan rivalnya, masih kalah besar daripada Kijang Kapsul diesel. Mesin diesel 2L di Toyota Kijang menghasilkan tenaga 88 ps/4.200 rpm dan torsi maksimum 162 Nm/2.400 rpm. Walau begitu, Kuda ini difavoritkan soal performanya yang kencang. 

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 02

Menurut penuturan pemilik Kuda Diesel yang juga pernah memakai Kijang Diesel di forum Seraya Motor, tarikan Kuda lebih gesit. Bicara karakter mesin, Kuda dirancang untuk lebih galak pada putaran atas. Sementara untuk Kijang diesel galak torsinya di putaran bawah. 

Untuk kamu yang hidup di kota besar dengan jalanan relatif datar, Kuda ini sangat cocok. Tapi kalau di pegunungan, maka Kijang lebih perkasa di medan tanjakan. 

Perawatan dan Suku Cadang Mesin Mitsubishi Kuda Gampang, Selama L300 Masih ada

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 03

Cerita soal perawatan dan daya tahannya tidak berhenti sampai di situ. Karena Mitsubishi Kuda ini pakai mesin yang sudah teruji milik T120SS dan L300. Untuk model terakhir ini bahkan masih dijual sampai sekarang. 

Memang ada beberapa perbedaan, semisal engine mounting tapi di mesin kodenya sama persis jadi semestinya bisa saling substitusi dengan Elsapek. Hal ini jelas menjadi keunggulan lain dari Kuda diesel dari sisi perawatan dibandingkan Kijang Kapsul diesel. 

Sebab mesin 2L hanya digunakan pada edisi Kijang Kapsul. Toyota mengganti mesinnya dengan 1KD pada era Kijang Innova diesel generasi pertama. Artinya, mesin ini sudah berhenti produksi sejak 2005. Ketersediaan spare parts Kijang diesel memang masih ada tapi tak semudah Kuda diesel karena part L300 masih dijual bengkel resmi Mitsubishi sampai sekarang. 

Walau Lebih Kecil, Mitsubishi Kuda Lebih Nyaman

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 04

Mitsubishi Kuda ditawarkan dengan dua pilihan bentuk, yaitu long dan short. Varian longnya sendiri memiliki panjang 4.375 mm, lebar 1.650 mm tinggi 1.800 mm. Bila ingin cari alternatif Kijang diesel yang lebih murah, bisa memilih Kuda varian long. 

Kijang Kapsul diesel sukses jadi salah satu yang terlaris pada masanya karena jadi paket lengkap, punya kabin lega dan mesin bertenaga besar. Namun jangan anggap enteng Mitsubishi Kuda diesel ini soal kenyamanan. 

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 05

Mitsubishi merancang suspensi Kuda lebih empuk memalai jenis Independent Double Wishbone di bagian depan dan rigid axle/per daun di roda belakang. Kombinasi tersebut membuat ayunan mobil ini terasa cukup nyaman ketika melewati medan yang berbatu.

Hal lain yang patut jadi pertimbangan ialah desain kursinya lebih nyaman. Bentuk kursinya ini serasa memeluk badan lebih baik dan busanya lebih empuk. Jadi masih layak untuk perjalanan jarak jauh keluarga besar karena tidak membuat badan mudah pegal. 

Harga Bekas Mitsubishi Kuda Lebih Murah dari Kijang Kapsul

Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150 06

Hal yang terakhir dan cukup krusial ialah soal harganya, dimana Mitsubishi Kuda cukup terjangkau. Pasaran harga Mitsubishi Kuda mulai dari Rp38 juta sampai dengan Rp65 juta. Apalagi yang varian bensin 1.6 liter, yang bisa kalian beli dengan harga di bawah Rp50 juta. 

Bandingkan dengan harga pasaran Kijang Kapsul, terutama model Krista yang tembus angka Rp120 jutaan. Harga pasaran Kijang Kapsul ini berkisar antara Rp46 juta sampai dengan Rp117 juta. Selisih lumayan jauh bila dibandingkan Mitsubishi Kuda. 

Kesimpulan 

Bila kamu sedang mencari mobil keluarga yang murah meriah, maka Mitsubishi Kuda adalah pilihan yang cukup tepat. Harga bekasnya sudah setara dengan motor skutik bongsor atau sport fairing 150 cc keluaran baru. 

Dengan budget antara Rp40 sampai Rp50 juta kamu bisa beli Mitsubishi Kuda bermesin bensin 1.6 liter. Jangan khawatir soal perawatan mesin karena varian ini memakai mesin yang sama seperti pick up T120SS yang cukup laris. 

Bagaimana, tertarik beli Kuda? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil