window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960

Yongki Sanjaya · 15 Okt, 2021 18:00

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 01

Ada hal yang cukup unik di tengah suasana pembatasan karena wabah Covid-19, yaitu mobil Eropa lawas kembali naik daun alias ngetren. Pengguna sedan motuba seperti Mercedes-Benz W124 'Mercy Boxer' atau Volvo 960 mulai ramai kembali seperti era 90-an. Dengan usia yang cukup tua, apa sih kelebihan dan kekurangan saat kita memelihara mobil Eropa ini?

Bagi kebanyakan orang, memelihara mobil Eropa lawas jadi pantangan karena dinilai teknologi yang dimiliki serta ketersediaan sparepart cukup sulit. Namun bagi para penghobi mobil Eropa, hal tadi jadi tantangan karena tak semua mobil Eropa sulit perawatannya.

Tantangan yang dihadapi lebih pada rancangan desain mesin dan banyak komponen yang lebih kompleks demi mengejar durabilitas. Soal ketersediaan sparepart sebenarnya tak jadi masalah karena populasi mobil Eropa lawas ini menjadi salah satu model populer di dunia. Artinya, masih banyak produsen sparepart OEM yang memasarkan suku cadang dari mobil lawas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi supaya tidak gamang dan terbawa omongan 'katanya si ini - katanya si itu', mari kita bahas kelebihan dan Kekurangan mobil Eropa lawas seperti Mercy Boxer atau Volvo 960 di tahun 2021 ini.

Kelebihan Mobil Eropa Lawas, Apakah Masih Proper?

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 01

Desain Mewah dengan Aura Pejabat Tinggi 90-an

Walaupun harganya di bawah Rp100 juta, namun desainnya masih menyisakan aura kemewahan khas 90-an. Mobil eropa memiliki desain yang lebih everlasting dibanding mobil-mobil keluaran Jepang. Desain-desain mobil Eropa sekalipun tua tidak lekang jaman.

Misalnya kita memiliki Volvo 960, desain boxy ala Skandinavia ini mengingatkan kita pada menteri di era pemerintahan Presiden Soeharto. Selain itu, rancangan mobil Eropa didesain dengan konstruksi yang kuat dan lebih rigid.

Kabin Kedap dengan Kenyamanan Berkendara yang Baik

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 02

Statusnya sebagai mobil kelas atas saat itu membuat deretan mobil Eropa memiliki kualitas kabin jempolan. Setelah hampir 30 tahun lamanya, kualitas tersebut masih ada, meskipun secara fitur sudah usang bila dibandingkan mobil keluaran baru atau tahun muda.

Untuk memanjakan penumpang dan pengemudi, mobil Eropa seperti Mercy Boxer atau Volvo 960 punya kabin yang kedap dan bantingan suspensi yang nyaman. Hanya sedikit motuba Jepang yang memiliki kenyamanan sepadan dan masih eksis hingga kini, misalnya Honda Accord Maestro.

Hanya saja, mobil Eropa keluaran tahun 90-an awal masih jarang yang memakai teknologi panel AC digital. Teknologinya masih memakai AC analog dengan knob, tapi sudah memakai dual climate zone.

Pakai RWD, Handling Mobil Eropa Lebih Meyakinkan

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 03

Pabrikan mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan lainnya hingga kini masih mempertahankan penggerak roda belakang untuk lini produk sedan mereka. Sistem penggerak roda belakang (RWD) pun mampu memberikan traksi baik saat kendaraan dimuati beban berat. 

RWD bisa membagi tugas dan beban masing-masing sumbu roda dengan lebih baik ketimbang FWD. Meskipun terlihat sederhana, namun posisi mesin di depan dengan RWD diyakini mampu memberi distribusi bobot yang proporsional.

Mesin Berkapasitas Besar, Hasilkan Tenaga Melimpah

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 04

Sepeninggal mobil Amerika, Indonesia cukup banyak dibanjiri produk Eropa dengan mesin berkapasitas besar. Volvo 960 misalnya, menjadi pelopor penggunaan mesin kecil turbo yang kini semakin tren penggunaannya pada kendaraan Jepang.

Volvo 960 turbo hadir dengan mesin 2.300 cc dengan tenaga mencapai 165 ps. Cukup besar pada masanya. 

Berbekal mesin besar, tenaga yang dihasilkan juga lumayan. Untuk Mercedes-Benz era 90-an, kapasitas terkecilnya yaitu 1.800 cc yang digunakan pada C180 W202. Tidak heran, sedan Eropa yang muncul di tahun 90-an memiliki tenaga di atas 100 hp, yang tergolong lumayan besar saat itu.

Fitur Keselamatan Jempolan

Motuba tak berarti ketinggalan zaman, karena bisa saja menjadi model yang mempelopori fitur keselamatan modern. Sebut saja Volvo 960 memiliki fitur keselamatan standar yakni Side Impact Protection System. 

Sedan ini juga mendapat fitur keselamatan baru seperti sabuk pengaman reel inersia tiga titik dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk bagian tengah jok belakang. Struktur rangka Volvo 960 juga begitu kokoh, sehingga membuatnya dijuluki sebagai tank Swedia. 

Harganya Murah

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 05

Untuk mendapatkan segala kemewahan mobil Eropa lawas, kamu tidak perlu merogoh kocek yang sangat dalam. Dengan uang Rp 50 juta saja kamu sudah bisa meminang sedan Mercedes-Benz tahun 90-an awal. Bahkan untuk Volvo 960 ini pasarannya hanya Rp30 jutaan, setara harga Yamaha NMax baru. 

Nah itu tadi gambaran umum soal kelebihan yang dimiliki sedan Eropa keluaran 90-an. Kini kita bahas kekurangan yang dimiliki atau yang bisa kita alami saat memelihara motuba ini. 

Kelemahan Mobil Eropa, Mercy Boxer dan Volvo 960 Perlu Penanganan Khusus

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 06

Sub judul di atas sudah sedikit menjelaskan bagaimana soal perawatan mobil Eropa yang tidak bisa sembarangan. Perlu penanganan dari mekanik spesialis yang terbiasa pegang merek Eropa karena rancangannya cukup berbeda. 

Salah penanganan, kerusakan malah bisa makin parah dan biaya perbaikan membengkak. Sebagai contoh yaitu filter oli di Mercy Boxer tipe 230E perlu alat khusus untuk membukanya. Tidak semua bengkel umum memiliki alat untuk mrmbuka filter oli sehingga membuat perawatannya lebih rumit. 

Hal inilah yang membuat mobil Eropa lebih sulit soal perawatan dibanding mobil Jepang. Pasalnya mobil Jepang, apalagi yang keluaran tahun lama umumnya memiliki layout dan kelistrikaan lebih sederhana. 

Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960 07

Untuk kamu yang tinggal di kota seperti Jakarta mungkin tidak susah untuk menemukan bengkel spesialis mobil Eropa. Namun jika sudah masuk ke daerah kota kecil atau luar Jawa tentu hal ini akan menjadi sulit. 

Soal ketersediaan sparepart sebenarnya masih relatif mudah, apalagi di zaman sekarang bisa beli secara online di toko terpercaya. Persoalannya yaitu tidak semua bengkel bisa melakukan bongkar pasang sparepart fast moving mobil Eropa.

Konsumsi BBM yang Lumayan Boros

Mobil Eropa rata-rata dibekali mesin berkapasitas besar. Konsekuensinya, konsumsi bahan bakar jadi cukup boros. Untuk Mercy Boxer 300E misalnya, konsumsi bahan bakarnya pada kisaran 6-9 km/liter. Wajar saja, kapasitas mesinnya 3.000 cc sehingga cukup rakus. 

Kesimpulan

Saat kamu berniat memelihara mobil Eropa, sebaiknya pastikan wilayah tinggalmu cukup mudah untuk mencari bengkel spesialis. Dengan begini, kondisi mobil bisa tetap terjaga secara prima. 

Kelemahan lainnya masih bisa kita maklumi sebagai 'bawaan orok', seperti boros bensin karena kapasitas mesinnya yang besar. Itulah mengapa, pengguna mobil Eropa hanya menggunakan mobilnya untuk jalan-jalan di akhir pekan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil