window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya

Franky · 21 Agu, 2020 20:00

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 01

Anda ingin membeli mobil BR-V, namun kebingungan tipe mana yang seharusnya Anda beli? Jangan khawatir. Sesuai dengan judul di atas, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 4 alasan membeli Honda BR-V.

Honda BR-V tersendiri adalah mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) atau mobil Crossover yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015 yakni tahun perilisan pertamanya. Di tahun 2019, PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis versi terbaru New Honda BR-V dengan 4 varian mobil, yaitu S 6M/T, E M/T, E CVT, dan Prestige.

Tidak hanya menawarkan 4 tipe mobil yang berbeda, namun Honda BR-V juga menawarkan mobil mungil ini dengan beberapa pilihan warna. Ada enam pilihan warna yakni Tafetta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Coffee Cherry Red Metallic (khusus tipe E & Prestige), dan Premium Amber Metallic (khusus tipe E & Prestige).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lalu bagaimana dengan harga mobil Honda ini? Karena Honda BR-V menawarkan 4 varian berbeda, tentu harganya berbeda pula. Varian paling murah yaitu Honda BR-V S 6M/T dibanderol dengan harga Rp. 248,9 juta dan varian paling mahal (Prestige) dengan harga Rp. 291,3 juta. Dari tabel daftar harga Honda BR-V 2019 ini, dapat disimpulkan mobil ini dijual di kisaran harga Rp. 248,9 juta sampai Rp. 291,3 juta.

DAFTAR HARGA HONDA BRV TERBARU
Tipe Mobil Harga Mobil
Honda BR-V S 6M/T Rp. 248,9 juta
Honda BR-V E M/T Rp. 264,2 juta
Honda BR-V E CVT Rp. 274,4 juta
Honda BR-V Prestige Rp. 291,3 juta

New Honda BR-V mengandalkan tipe mesin 1.5L SOHC 4 Silinder Segaris dengan 16 Katup i-VTEC + DBW, menghasilkan tenaga maksimal 120 PS / 6600 Rpm dan torsi maksimal 145 Nm / 4.600 Rpm. Memang tidak ada perbedaan dalam hal mesin di semua varian Honda BR-V 2019, namun salah satu yang membedakan adalah bagian Velgnya. Sesuai dengan data, Velg mobil New Honda BRV tipe termahal yakni Prestige sudah menggunakan Bold Allow Wheel 16”, sedangkan tipe yang lain menggunakan Sporty Allow Wheel 16”. Selengkapnya, Anda dapat melihat tabel spesifikasi Honda BR-V di bawah ini.

SPESIFIKASI HONDA BR-V
MESIN HONDA BR-V
Tipe Mesin 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Kapasitas Silinder 1.497
Tenaga Maksimal 120 PS / 6.600 Rpm
Torsi Maksimal 145 Nm / 4.600 Rpm
DIMENSI HONDA BR-V
Panjang x Lebar x Tinggi 4.453 mm x 1.735 mm x 1.666 mm
Wheelbase 2.662 mm
Ground Clearance 201 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 42 L
KAKI-KAKI DAN SUSPENSI HONDA BR-V
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut / H-Shape Torsion Beam
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc / Drum
Pelek
  • Sporty Allow Wheel 16”

  • Bold Allow Wheel 16” (Tipe Prestige)

Ukuran Ban 195/60 R16

Panduan Membeli Honda BR-V

Setelah membaca daftar harga dan spesifikasi Honda BRV, pasti Anda akan merasa kebingungan tentang perbedaan-perbedaan antara 4 tipe mobil Crossover tersebut. Ya, tentu saja ada perbedaan yang membuat harga mereka berbeda entah dari fitur ataupun spesifikasinya.

Apa hal yang harus dicermati? Bagaimana cara memilih mobil Honda BR-V 2019 sesuai dengan kebutuhan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu ada di benak calon pembeli. Tentu tidak mau rugi, kan? Tanpa berlama-lama lagi, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui beberapa panduan membeli Honda BR V di bawah ini.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 01

Inilah tampilan Honda BR-V

1. Eksterior Honda BR-V

Hal pertama yang akan kami bahas adalah bagian eksterior Honda BR-V. Jika dilihat secara sekilas, desain eksterior Honda BR-V terlihat sama. Namun, sejatinya ada beberapa bagian yang berbeda di setiap varian.

Pada umumnya, eksterior mobil BRV Honda dipenuhi dengan aksen krom yang dipadukan dengan emblem merek Honda tepat di bagian tengah. Lalu lampu depan menggunakan jenis lampu Projector. Namun, ada hal berbeda yakni bagian Bumper bawah. Dalam tipe mobil tertinggi New Honda BR-V, Prestige, Bumper bawah lebih terkesan mewah dan Sporty karena dilengkapi dengan Under Spoiler berwarna perak.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 02

Tampilan Bumper dan Under Spoiler tipe Prestige

Selain desain eksterior, fitur lain Honda BR-V seperti Rear Parking Camera tidak ditemukan dalam tipe S. Fitur ini baru disediakan jika Anda membeli tipe E dan Prestige. Antenna juga tidak ditemukan dalam tipe terendah New Honda BRV.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 03

Fitur Rear Parking Camera terdapat di varian E dan Prestige

Selengkapnya, Anda dapat melihat tabel perbedaan eksterior Honda BR-V di bawah ini.

Honda BR-V
Eksterior Tipe S M/T Tipe E M/T Tipe E CVT Tipe Prestige
Head Lamp Projector Projector Projector Projector
Daytime Running Light -

Y

Y Y
Fog Lamp Y Y Y Y
Power Retractable Door Mirror Y Y Y Y
Antenna - Sharks Fin Sharks Fin Sharks Fin
Rear Parking Area - Y Y Y
Chrome Exhaust Pipe + Finisher - - - Y

2. Interior Honda BR-V

Setelah puas membahas eksterior Honda BR-V 2019, kami akan membahas bagian interiornya. Honda BRV-V interior memiliki kabin nuansa warna hitam yang dipadukan dengan jahitan merah. Untuk tipe S dan E, Dashboard dan Jok menggunakan material kain, sedangkan untuk tipe Prestige menggunakan material kulit.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 04

Tampilan interior Honda BR-V 2019

Beberapa fitur di dalam interior juga membedakan varian Honda BR-V. Pada tipe terendahnya, S, tidak ditemukan adanya Touchscreen Display melainkan hanya audio yang dapat dikoneksi dengan Radio, CD, DVD, USB Port, Aux Input, dan iPod/iPhone. Touchscreen Display 6,1” baru terdapat di varian E. Jika Anda ingin lebih puas lagi, dapat membeli tipe Prestige karena Floating Touchscreen Display ditawarkan lebih lebar yakni berukuran 8”.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 05

Headunit tipe Prestige memberi kepuasan lebih karena layar berukuran 8”

Fitur One Push Ignition System dan Audio Steering Switch juga baru ditemukan pada varian E saja. Tentu varian Prestige mempunyai fitur interior yang lebih lengkap lagi yakni selain dua fitur tersebut, AC telah dapat diatur secara otomatis.

Interior Tipe S 6M/T Tipe E M/T Tipe E CVT Tipe Prestige
Audio Double DIN AM/FM Radio, Single CD DVD MP3/WMA + USB Port + Aux Input + iPod/iPhone 6,1” Touchscreen Display, AM/FM Radio, Single CD DVD MP3/WMA + USB Port + Aux Input + iPod/iPhone 6,1” Touchscreen Display, AM/FM Radio, Single CD DVD MP3/WMA + USB Port + Aux Input + iPod/iPhone 8” Floating Touchscreen Display Audio AM/FM Radio + USB Port + Aux Input + iPod/iPhone & Android + Phone Mirroring + Bluetooth Connection
One Push Ignition System - Y Y Y
Audio Steering Switch - Y Y Y
Air Conditioner Digital A/C Digital A/C Digital A/C Auto A/C
Seat Adjustment Driver Manual Manual Manual Manual
Seat Adjustment Passenger Manual Manual Manual Manual
Warna Interior Hitam Hitam Hitam Hitam
Bahan Jok Kain Kain Kain Kain

3. Transmisi Yang Berbeda Di Setiap Varian

Transmisi pada mobil biasanya juga menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil baru. Ada yang nyaman dengan transmisi manual atau otomatis. Kali ini, Honda BR-V menawarkan dua tipe transmisi yakni manual dan CVT.

Transmisi manual Honda BR-V dapat ditemukan dalam tipe mobil S dan E. Bagi Anda yang biasa menggunakan transmisi otomatis atau CVT, pasti akan merasakan tidak nyaman dalam berkendara karena dilakukan secara manual. Namun, jika telah terbiasa dengan transmisi manual, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 06

Transmisi manual pada varian S dan E

Selain transmisi manual, tipe E juga menggunakan transmisi CVT. Tentu perbedaan transmisi juga menyebabkan harga yang ditawarkan pada tipe E berbeda. Transmisi CVT juga ditemukan dalam varian tertinggi Honda BR-V yakni Prestige. Trasmisi CVT menawarkan sensasi nyaman dalam berkendara karena perpindahan gigi yang halus sampai pengguna tidak merasakan hal tersebut. Transmisi CVT juga membuat mobil makin irit bahan bakar.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 07

Transmisi CVT pada tipe E dan Prestige menawarkan sensasi nyaman berkendara

4. Kenali Fitur Lain Yang Ditawarkan Pada Setiap Varian Honda BR-V

Panduan yang terakhir adalah mengenali fitur lain yang ditawarkan pada setiap varian Honda BR-V. Misalnya tentang fitur keselamatan dan fitur keamanan. Tipe S dan E memang sudah mempunyai fitur keselamatan dan keamanan paling dasar, seperti Dual Airbags, Seatbelt pada setiap baris, Alarm System, Immobilizer, dan Keyless Entry. Sistem pengereman mobil BRV Honda juga sudah menggunakan ABS dan EBD.

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 08

Dual Airbags pada Honda BR-V

Lalu apa yang membedakan dengan varian tertinggi New Honda BR-V yaitu Prestige? Varian Prestige memiliki semua fitur yang telah kami sebutkan tadi, namun ada penambahan fitur yang tidak ditawarkan dalam dua tipe di bawahnya. New Honda BRV Prestige telah menggunakan tipe kunci Smart Entry. Untuk kestabilan berkendara, telah ada fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Kenali 4 Alasan Membeli Honda BR-V, Jangan Sampai Salah Pilih Ya 09

Tipe Prestige sudah menggunakan fitur Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Assist (VSA)

Untuk mempermudah Anda, kami telah menyajikan data perbedaan fitur keselamatan dalam setiap varian Honda BR-V di bawah ini.

Fitur Keselamatan Tipe S 6M/T Tipe E M/T Tipe E CVT Tipe Prestige
Dual Front i-SRS Airbags Y Y Y Y
Seatbelt (Baris Pertama) 3P ELR (x2) 3P ELR (x2) 3P ELR (x2) 3P ELR (x2)
Seatbelt (Baris Kedua) 3P ELR (x2) + 2P ELR (x1) 3P ELR (x2) + 2P ELR (x1) 3P ELR (x2) + 2P ELR (x1) 3P ELR (x2) + 2P ELR (x1)
Seatbelt (Baris Ketiga) 3P ELR (x2) 3P ELR (x2) 3P ELR (x2) 3P ELR (x2)
Peringatan Seatbelt Driver Driver Driver Driver + Front Passange
Pretensioner with Load Limiter Seatbelt Y Y Y Y
VSA - - - Y
HSA - - - Y
Key Type Wave Key Wave Key Wave Key Smart Entry
Alarm System Y Y Y Y
Immobilizer Y Y Y Y
Keyless Entry Y Y Y Y

Video

Kesimpulan

Dari beberapa panduan dan penjelasan mengenai Honda BR-V, memang tipe Prestige adalah yang terbaik. Harga memandang rupa, hal ini cocok disematkan untuk varian tertinggi tersebut. Tipe Prestige mempunyai semua fitur yang ditawarkan Honda BR-V dan ditambah dengan menggunakan transmisi CVT, Anda akan merasakan sensasi lebih nyaman.

Tipe E yang ditawarkan dalam dua transmisi manual dan CVT, juga dapat Anda pertimbangkan. Walau tidak selengkap Prestige, beberapa fitur unggulan juga telah ada di dalam varian ini. Adanya pilihan transmisi pada Honda BR-V juga menambah nilai plus karena Anda yang tahu transmisi apa yang lebih membuat nyaman berkendara. Jika lebih menyukai transmisi manual, tipe E M/T akan cocok untuk Anda. Tipe Prestige hanya tersedia dalam transmisi CVT.

Bagaimana dengan tipe terendah Honda BR-V? Apakah tidak layak dibeli? Tidak juga. Harga juga menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah mobil. Walau fitur-fitur tidak selengkap kedua tipe di atasnya, tipe S mempunyai fitur-fitur Basic atau dasar dari sebuah mobil. Jika Anda tidak terlalu memperdulikan fitur yang lengkap, tipe S juga dapat Anda jadikan sebuah pilihan mengingat tipe ini mempunyai harga yang paling murah.

Pada akhirnya Anda yang akan menentukan. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi sebelum membeli mobil New Honda BR-V. Bagaimana pendapat Anda tentang mobil New Honda BRV ini?

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil