window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut

Ilham · 3 Agu, 2022 12:07

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut 01

  • Cek komponen ini untuk mendeteksi AC mobil bocor.
  • Jika bocor bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin.
  • Tak perlu berlebihan isi freon AC mobil.

Saat ini, hampir semua mobil penumpang baru yang beredar d Indonesia sudah dilengkapi dengan AC. Ini karena peranti tersebut punya peranan penting untuk menjaga kenyamanan kabin selama berkendara. 

Meski demikian, ada masalah yang sering dialami pada AC mobil, seperti kebocoran. Gejala ini bisa dideteksi ketika AC tidak menghasilkan hawa dingin. Lalu tiba-tiba meneteskan air atau mengeluarkan busa-busa putih saat AC dinyalakan.

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut 02

AC tetap tidak dingin walau sudah di set ke suhu maksimal

Lebih jauh, masalah AC mobil bocor disebabkan oleh beberapa hal yang terbilang umum. Seperti lalai menjaga kebersihan kabin hingga salah mengisi freon AC.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Kerap Disepelekan, Begini Perawatan Sliding Door Mobil Biar Nggak Macet

Freon AC Habis Karena Selang Bocor

Freon merupakan faktor yang menentukan dinginnya AC mobil. Tapi gas tersebut bisa berkurang. Ini karena adanya kebocoran yang bisa terjadi saat terdapat lubang atau retakan pada selang freon.

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut 01

Freon AC habis bikin AC jadi tidak dingin

Bukan cuma kurang dingin, kondisi ini juga mengakibatkan komponen AC mobil seperti kompresor harus bekerja ekstra demi memompa freon ke seluruh sistem agar bisa mendinginkan mobil. Selain itu, kompresor akan terus-terusan memompa gas freon bisa membuat komponen ini ikut rusak jika didiamkan dalam waktu lama. 

Terlalu Banyak Mengisi Freon Juga Salah

Kebalikan dari sebelumnya di mana AC mobil akan rusak saat ada kebocoran freon, maka begitu pula sebaliknya. Sebab terlalu banyak mengisi freon, juga punya pengaruh buruk karena bisa memicu kompresor mati total atau rusak. Pasalnya daya pompa kompressor tidak akan kuat untuk bekerja dengan freon yang terlalu penuh. 

Baca juga : Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

Filter AC Tersumbat 

Kebersihan kabin dan kendaraan ternyata bisa menjadi penyebab AC mobil bocor. Pasalnya, sistem AC bekerja pada posisi kendaraan mesin menyala dengan siklus yang terus berulang. 

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut 02

Jaga kebersihan kabin

Sehingga saat filter dryer pada AC tidak berfungsi maksimal, akan terjadi penyumbatan akibat dari kotoran dan debu yang terdapat dalam freon. Sumbatan ini yang bisa memicu kebocoran AC yang didiamkan bisa mengakibatkan kompresor mobil jebol dan mati total. 

Seal Bocor

Secara detail, AC mobil punya bermacam komponen. Termasuk seal (sil) yang merupakan pelapis karet. Di mana saat mengalami keretakan atau robek, bisa mengakibatkan kebocoran. 

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut 03

Kini AC mobil sudah banyak yang bertipe digital

Kerusakan pada seal ini menyebabkan kinerja kompresor memompa gas freon ke sistem AC jadi melemah. Akibat ada kebocoran AC efeknya bisa menyebabkan AC mobil kurang dingin. 

Masa Pakai Komponen AC Mobil

Meski bukan komponen fast moving, atau berusia pendek, tapi yang namanya komponen mobil memang ada masa pakainya. Termasuk juga peranti di sistem AC mobil.

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut 04

filter AC juga wajib rutin diganti

Jika ada keluhan di AC mobil yang sudah cukup berumur, maka cek juga kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Bisa jadi peranti tersebut melewati batas usia pemakaian maksimum. Sehingga jika masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal.

Baca juga : Nggak Perlu ke Tukang AC, Begini Cara Mudah Menambahkan Freon AC Mobil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil