Kenali Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Enda · 7 Mei, 2022 08:00

Penyebab mesin mobil bergetar di RPM rendah

Mobil dengan masa usia pakai di atas 10 tahun memerlukan perhatian khusus dari permiliknya. Karena dengan usia yang tak lagi muda, biasanya mobil akan menimbulkan beberapa kerusakan terlebih jika pemiliknya jarang melakukan perawatan atau perbaikan secara rutin.

Salah satu gejala yang paling menjengkelkan pada mobil sebelum melakukan perjalanan adalah timbulnya getaran di bagian mesin saat RPM rendah. Perlu diketahui, timbulnya getaran pada mesin ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Agar kalian tidak penasaran, berikut kami sampaikan penyebab mesin mobil bergetar saat RPM rendah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Ayo Kenali Jenis-Jenis Ban Serep, Jangan Sampai Salah Saat Menggunakannya!

1. Karet Engine Mounting Getas

Penyebab mesin mobil bergetar di RPM rendah

Karet engine mounting rusak

Engine mounting berfungsi sebagai penopang mesin di atas sasis mobil. Didalamnya terdapat karet yang berguna untuk meredam getaran dari mesin. Ketika karet engine mounting pecah atau getas, gejala umum yang sering ditimbulkan ialah mobil akan terasa bergetar saat RPM berada di posisi rendah.

Tak hanya itu, engine mounting yang rusak juga dapat menimbulkan rasa getaran saat pertama kali mobil dijalankan.

2. Busi Mobil Rusak

Busi adalah salah satu peranti terpenting yang ada pada mobil. Dengan adanya busi, maka mesin mobil dapat menyala akibat terjadinya pembakaran di dalam ruang silinder.

Pada umumnya mobil memiliki empat buat silinder, yang dimana masing-masing membutuhkan busi. Jika ditemui salah satu busi rusak, tentunya pembakaran di dalam mesin menjadi tidak sempurna yang mengkakibatkan mesin terasa bergetar saat RPM rendah dan BBM terasa boros.

Baca juga: Jangan Asal Modifikasi Mobil, Melanggar Aturan Ancamannya Penjara

3.  Kerusakan Pada Koil

Penyebab mesin mobil bergetar di RPM rendah

Koil mobil bermasalah

Selain busi, kerusakan pada koil mobil juga dapat memicu terjadinya getaran saat idle mesin diposisi rendah. Penyebab kerusakan koil ini bisa dipicu dengan beberapa hal, diantaranya; kabel atau bagian koil yang rusak karena digit tikus, masa pemakaian, serta seringnya terkena air.

4.  Terdapat Kotoran Pada Injector

Sebagaimana fungsinya, injector berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar ke bagian intake manifold yang umumnya sering ditemukan pada mobil berkombusi injeksi. Jika salah satu bagian injektor ditemui rusak atau tersumbat kotoran, maka dapat menimbulkan efek seperti mesin pincang saat RPM rendah.

Apabila menemukan kasus seperti itu, kalian bisa melakukan kalibrasi guna memperlancar lubang injector yang tersumbat akibat kotoran atau lumpur. Untuk menghindarinya, kalian bisa memakai BBM dengan kualitas yang baik serta sering melakukan tune up.

Baca juga: Banyak yang Keliru, Ini Bedanya Wiper Frameless Vs Hybrid

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru