window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya

Yusuf · 21 Agu, 2020 09:00

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 01

Toyota Sienta adalah mobil produksi PT Toyota-Astra Motor yang pertama kali diluncurkan pada 2016 silam. Peluncurannya pun bertepatan dengan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar di Kemayoran, Jakarta.

Begitu pertama kali muncul di Indonesia, mobil yang mengawali karirnya di Jepang pada 2013 langsung mencuri perhatian konsumen otomotif Indonesia. Selain desainnya yang unik, fitur sliding door (pintu geser) juga menjadi salah satu resep keberhasilan Sienta dalam mencuri hati konsumen.

Terlebih ketika mobil ini merupakan mobil Toyota Sienta yang pertama kali dirakit di luar Jepang, otomatis harga yang ditawarkan sangat kompetitif bagi mereka yang ingin tampil beda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Toyota Sienta tersedia dalam 5 varian. Harga Toyota Sienta berkisar dari Rp 260 juta hingga Rp 314 jutaan. Ini merupakan harga mobil Sienta 2020. Untuk harga Toyota Sienta bekas bervarian tergantung dari kondisi mobil tersebut. Selanjutnya, sebelum membeli mobil keluaran Toyota ini, sebaiknya Anda mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Toyota Sienta.

Kelebihan:

  1. Desain

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 01

Bicara mengenai desain yang dihadirkan oleh PT Toyota-Astra Motor untuk mobil Sienta,memang di luar pakem mereka. Biasanya, mobil MPV (Multi Pupose Vehicle) selalu hadir dengan desain yang mengotak dan banyak guratan tajam di beberapa sisi. Namun pada New Sienta, justru sebaliknya, desain yang dihadirkan kini lebih membulat dan memiliki karakter yang kuat.

Alhasil, dengan menghadirkan desain tersebut, mobil Sienta ini lebih terkesan atraktif dan dinamis sehingga mampu memikat banyak target konsumen yang berjiwa muda.

  1. Transmisi

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 02

Poin plus pada Toyota New Sienta adalah ketersediaan pilihan transmisi yang begitu beragam. Toyota, menghadirkan mobil Sienta dalam beberapa varian seperti E, G, V, Q dan New Q. Dengan banyaknya varian tersebut, Toyota juga telah membekali setiap varian ini dengan pilihan transmisi automatic ataupun manual.

Dengan ketersediaan tersebut, membuat konsumen lebih leluasa untuk menjatuhkan hati pada transmisi yang mana. Alhasil, konsumen yang memiliki bujet tertentu bisa memutuskan transmisi apa yang cocok dengan mereka.

  1. Kabin yang Lapang

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 03

Salah satu hal yang ditonjolkan pada sebuah MPV Toyota Sienta adalah ketersediaan ruang yang lapang. Toyota pun mewujudkan impian konsumen yang menginginkan mobil keluarga dengan interior yang luas.

Sementara untuk daya tampung, interior Sienta yang luas mampu menampung tujuh orang dengan ruang yang lega tanpa berhimpitan. Selain itu, untuk membawa barang bawaan, Toyota Sienta pun bisa diandalkan, pasalnya ruang bagasi yang dihadirkan cukup luas.

Bahkan, untuk menambah ruang barang bawaan di bagasi mobil Toyota Sienta, Anda bisa menambahnya dengan melipat kursi pada baris ketiga sehingga mendapat tambahan untuk ruang bagasi.

  1. Mesin yang Handal

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 04

Untuk produk yang satu ini, Toyota menggunakan mesin dengan kode 2NR-FE yang dikenal kompetitif pada New Sienta. Bukan hanya bicara mengenai keandalan mesin, tetapi untuk tingkat konsumsi bahan bakar mesin ini juga dikenal irit dan memiliki karakter yang responsif.

Secara spesifikasi, 2NR-FE merupakan mesin empat silinder segaris yang memiliki kapasitas mesin 1.5 liter. Fitur lain yang disematkan pada mesin Toyota New Sienta ini antara lain adalah 16 katup dan telah mengusung teknologi DOHC serta Dual VVT-i.

Bicara mengenai tenaga yang mampu dihasilkan, dari mesin tersebut konsumen bisa merasakan tenaga sebesar 105 tenaga kuda dengan besaran torsi sebesar 140 Nm.

Setelah kami menjabarkan beberapa hal yang menjadi keunggulan dari Toyota Sienta, berikut juga akan kami jabarkan mengenai kekurangan yang ada di Toyota Sienta

Kekurangan

  1. Material Interior

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 05

Meski ketika memandang mobil ini dari luar telah mengagumkan, tetapi dari sisi interior New Sienta kurang memuaskan seleras konsumennya. Beberapa material plastik yang terkesan murah, hampir mendominasi seisi interior Sienta.

  1. Radius Putar

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 06

Untuk poin yang satu ini, memang sempat menjadi sorotan dari konsumen. Radius putar yang dihadirkan oleh New Sienta tidak begitu maksimal. Salah satu yang dirasa menjadi penghambat dari fitur tersebut adalah ruang fender yang sempit sehingga radius putar menjadi lebih sedikit pula.

  1. Leg room baris ketiga kurang memadai

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 07

Melihat kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak tujuh penumpang, jangan berharap bisa duduk enak di setiap barisnya. Let say pada baris ketiga, di mana leg room yang didesain, masih terasa sempit ketika di tempati oleh orang dewasa.

Namun untuk menempatkan anak di baris ketiga, rasanya tidak masalah. Terlebih ketika baris ketiga mobil Sienta dilipat dan tidak digunakan untuk menambah daya angkut. Tentunya ini akan lebih baik.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Pada generasi terbaru yang diperkenalkan secara diam-diam oleh Toyota untuk pasar Indonesia, mobil ini telah dilengkapi beberapa fitur baru yang tentunya bisa memberikan rasa nyaman kepada pengemudi dan penumpang.

Jika boleh diulas sedikit mengenai tambahan fitur Toyota Sienta, satu hal kini dihadirkan adalah adanya center armrest pada baris depan. Sedangkan pada baris kedua, juga disediakan armrest namun di tempatkan di pinggir kursi, bukan dibagian tengah seperti captain seat.

Kabar baiknya, dengan bertambahnya fitur yang dibenamkan pada model facelift, PT Toyota-Astra Motor tidak menaikkan harga jualnya. Tetapi produsen melakukan pemangkasan varian yang semula memiliki E, G, V dan Q, kini hanya ada tiga varian saja yakni G, V dan Q.

Kenali Plus dan Minus Toyota Sienta Sebelum Meminangnya 08

Kesimpulan

Memang melihat persaingan yang ada di kelas mobil Toyota Sienta, tidak ada lagi selain Honda Freed yang sampai saat ini belum diperbarui oleh Honda. Namun, untuk meminangnya sebagai kendaraan harian, mobil Sienta merupakan kendaraan yang handal dan efisien untuk mobilitas dalam kota.

Berbekal mesin yang prima serta segudang fitur yang siap memanjakan, New Sienta layak untuk masuk dalam garasi Anda. Sebagai gambaran, untuk harga Toyota Sienta bekas ini memiliki kisaran Rp 150 juta sampai Rp 170 jutaan, tergantung tahun dan kondisi kendaraan tersebut.

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil