window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenalkan Isuzu Golden Dragon, Nenek Moyangnya Isuzu Panther yang Gunakan Teknologi Mesin Serupa

Enda · 26 Okt, 2022 14:30

Isuzu Golden Dragon

Siapa yang tak kenal dengan Isuzu Panther? Yup, mobil bermesin diesel ini awalnya diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991 dengan membawa dua model yang ditawarkan, yakni pick up dan minibus. Dalam meramaikan pasar otomotif Tanah Air tercatat Panther mampu bertahun hingga 3 dekade lamanya setelah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara resmi menyuntik mati Panther pada Februari 2021.

Bicara kendaraan niaga jenis losbak bermesin diesel tangguh, sebelum kehadiran Panther, Isuzu sendiri sudah lebih dulu menjual Golden Dragon di Negeri Gajah Putih. Sebagai nenek moyang Panther, Isuzu Golden Dragon sendiri untuk pasar Thailand meluncur pada tahun 1988 lewat Tri Petch Isuzu Sales. 

Untuk usianya di sana Golden Dragon hanya mampu bertahan hingga tahun 2002 setelah mendapatkan penyegaran beberapa kali. Mengenai model yang ditawarkan Isuzu Golden Dragon hadir dalam beberapa model, yakni; pick up, space cab dan double cab.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pakai Mesin Panther 2.5, Isuzu Golden Dragon Tembus 1 Juta Kilometer Tanpa Adanya Kerusakan

Isuzu Golden Dragon

Mesin 4JA1

Isuzu Golden Dragon merupakan pickup yang masuk dalam keluarga Isuzu Faster Z yang dikembangkan dengan menggunakan kode KBD dan TRF. Untuk jantung pacunya Golden Dragon disematkan mesin berkodekan 4JA1 2.500 cc 4-silinder segaris OHV Direct Injection yang sama persis digunakan Panther keluaran 1996.

Memiliki julukan "Gold Technology" untuk jantung pacunya, mobil ini dipadukan dengan transmisi manual dan otomatis. Dengan tingkat percepatan yang digunakan, di sana Golden Dragon dinobatkan sebagai pick up pertama yang diaplikasikan transmisi matic.

Sebagai informasi, mesin 4JA1 merupakan salah satu mesin diesel yang sangat tangguh. Pada Golden Dragon, jantung pacu ini tercatat pernah diguakan berjalan lebih dari 1 juta kilometer tanpa ada masalah dan kondisinya masih bagus.

Baca juga: Meski Legendaris dan Terkenal Bandel, Ini Deretan Kekurangan Isuzu Panther yang Wajib Diketahui

Model Populer Isuzu Golden Dragon

Isuzu Golden Dragon, Model Telinga Gajah

Isuzu Golden Dragon

Isuzu Golden Dragon TFR Spark Ex 1988

Model pertama Isuzu Golden Dragon yang populer di Thailand adalah TFR Spark Ex 1988. Kendaraan losbak jenis single cab ini memiliki ikonik pada bentuk lampu depannya yang menjorok ke dalam. Selain itu spionnya model lipat yang terlihat seperti telinga gajah. Berbekal mesin 4JA1, tenaga yang diperolehnya sebesar 87 Hp.

Isuzu Golden Dragon, Model Wajah Tikus

Isuzu Golden Dragon

Isuzu Golden Dragon TFR Space cab SLX 1990

Berbeda dengan model TFR Spark Ex 1988, tampilan untuk model TFR Space cab SLX 1990 pada Isuzu Golden Dragon masyarakat di sana menyebutnya sebagai wajah tikus. Dalam tampilan ini, telah ada penyesuaian depan baru pada wajahnya yang terlihat lebih dinamis dibanding model sebelumnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi serta permintaan pasar, untuk mesinnya mengalami peningkatan tenaga yang semula 87 Hp menjadi 90 Hp.

Baca juga: Tua Tapi Harga Bekasnya Stabil, Ini 5 Hal Menarik Isuzu Panther yang Perlu Diketahui

Isuzu Golden Dragon, Mata Naga

Isuzu Golden Dragon

Isuzu Golden Dragon TFR Rodeo S 4WD

Selanjutnya model populer Isuzu Golden Dragon lainnya yang diminati saat itu memiliki julukan mata naga atau Dragon Eyes. Isuzu TFR Rodeo S 4WD sendiri hadir pada tahun 1998 dengan mendapat upgarde pada sisi interior yang tampak lebih modern. Dari sisi jantung pacunya sendiri telah ditingkatkan agar lebih hemat bahan bakar. 

Soal performanya Isuzu TFR Rodeo S 4WD 1998 pun sedikit lebih ditingkatkan guna menjelejah medan off-road yang dirasa lebih baik. Sistem penggerak 4 roda yang digunakan memiliki keunggulan tanpa harus lebih dulu menghentikan mobil saat ingin mengaktifkannya.

Isuzu Golden Dragon, Kekuatan Naga

Isuzu Golden Dragon

Isuzu Golden Dragon 3.0L turbocharger

Model populer terakhir Isuzu Golden Dragon mempunyai julukan kekuatan naga atau dengan nama lain Dragon Power. Tidak seperti model sebelumnya, untuk jantung pacunya mendaoat ubahan yang semula 2.5L menjadi 3.0L turbocharger dengan kode mesin 4JH1-T. Mengenai tenaga yang dihasilan, mesin berkubikasi 2.999 cc yang disematkan mampu menghasilkan tenaga 120 Hp. 

Model faceliftnya Dragon Power memperoleh velg baru, spion krom dan beberapa lainnya. Selain itu, model Space cab EX ke atas juga sudah dilengkapi power steering guna memudahkan pengemudi ketika hendak memarkirkan kendaraan atau sedang berkendara di jalan yang sempit.

Oh iya, model ini merupakan cikal bakal kehadirannya Isuzu D-Max yang sangat laris di pasar Thailand, dan juga dijual di Indonesia berhadapan langsung dengan Toyota Hilux serta Mitsubishi Triton.

Baca juga: Dijuluki Scania Jawa, Kenali Bus China Golden Dragon Lebih Dekat

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil