window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenapa Nissan Livina Tipe EL Paling Disarankan dibanding Tipe Lainnya?

Mark Jacob · 19 Okt, 2020 18:00

Kenapa Nissan Livina Tipe EL Paling Disarankan dibanding Tipe Lainnya? 01

All New Nissan Livina saat ini sudah berubah total dibanding generasi sebelumnya. Pada generasi barunya ini, Nissan Livina memakai platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Tapi walaupun demikian, desainnya berbeda dengan Xpander.  

Kalau Xpander punya desain yang berlekuk tajam, Nissan Livina ini lebih didominasi lekuk halus yang agak membulat. Mobil yang dijual di kisaran Rp208 jutaan sampai Rp271 jutaan ini sangat layak dibeli. Tapi, tipe apa yang harus dipilih?

Masih banyak orang bingung untuk menentukan tipe apa yang sebaiknya dipilih. Kami ingin mencoba memberikan pandangan mengenai tipe apa yang paling cocok dibeli dari Nissan Livina. Bisa menebaknya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kapasitas Mesin Nissan Livina

Sebelum membahas tipe apa yang paling direkomendasikan untuk dibeli, ada baiknya kamu memahami mengenai konfigurasi mesin Nissan Livina ini. Mesin yang digunakan berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, DOHC dengan twin variable-valve timing control.

Kenapa Nissan Livina Tipe EL Paling Disarankan dibanding Tipe Lainnya? 01

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 104 ps @6.000 rpm dengan torsi 141 Nm @4.000 rpm. Transmisi yang ditawarkan Nissan kepada konsumennya terdiri dari dua macam, manual 5 percepatan dan otomatis dengan CVT.

5 Pilihan Warna

Ada 5 warna yang ditawarkan nih untuk si Grand Livina ini. Warna yang tersedia mulai dari timeless grey, black knight, ruby red, silver tech dan sunset orange. Warna sunset orange pada Nissan ini merupakan warna hero color alias warna unggulan.

Walaupun kelihatannya jelek, tapi warna asli orange ini ternyata benar-benar bagus lho. Warnanya benar-benar jarang ada di kelas mobil lain manapun. Inilah yang jadi kelebihan dari warna sunset orange dari Nissan.

Warna lain yang juga favorit dari mobil ini adalah silver tech dan timeless grey. Ketiga warna ini punya ciri khas yang cukup keren dan bisa jadi pusat perhatian di jalan. Enggak heran kalau pembeli Nissan Livina ini adalah mereka yang lebih menyukai desain dibanding merek.

Walaupun ia adalah sebuah mobil keluarga, tapi fiturnya terbilang banyak nih. Head unitnya juga sudah memakai layar sentuh berukuran 7 inci dengan berbagai pengaturan entertainment di dalamnya. Tombol pengaturan AC juga sudah pakai tombol, lebih keren dan modern.

Fitur keamanan dan keselamatan mobil ini juga cukup baik. Ia dibekali hill start assist, vehicle dynamic control, traction control dan sensor parkir di belakang. Di bagian belakang juga ada kamera mundur yang bisa membantu pengemudi saat sedang parkir.

Kenapa Nissan Livina Tipe EL Paling Disarankan dibanding Tipe Lainnya? 02

Fitur ini bagi sebagian orang menjadi fitur yang cukup penting dalam mobil keluarga modern di Indonesia. Belum selesai sampai disitu. Nissan Grand Livina ini juga punya rem ABS, electronic brake distribution, brake assist, dan dua buah airbag di bagian depan pastinya.

Ada juga pengait ISOFIX di jok baris kedua untuk memudahkan membawa car seat buat bayi. Fitur tersebut jadi kelebihan dari Nissan Livina.

Sebaiknya Beli Tipe EL

Di Indonesia, Nissan Livina dijual dalam beberapa tipe. Tipe terendah adalah tipe E, lalu ada tipe EL, VE, VL dan Sporty Package. Diantara semua tipe, kami menganjurkan untuk memilih tipe EL. Kenapa EL, berikut beberapa alasannya.

Tipe EL merupakan tipe yang diposisikan diantara bawah dan atas. Tipe ini juga merupakan tipe satu-satunya yang ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Dari segi harga, tipe EL ini punya harga yang sangat terjangkau.

Sebagai pembeda, tipe EL ini dibedakan lebih kepada kenyamanan. Misalnya penggunaan fog lamp, lampu belakang LED, interior berwarna hitam dan coklat tua. Selain itu, tipe EL ini merupakan tipe yang sudah memakai AC model double blower.

Kenapa Nissan Livina Tipe EL Paling Disarankan dibanding Tipe Lainnya? 03

Nissan Livina Tipe E yang jadi tipe terbawah belum dilengkapi dengan double blower. Secara harga, ada dua pilihan harga yang ditawarkan. Pertama adalah tipe EL transmisi manual dengan harga Rp231 jutaan. Lalu tipe EL dengan transmisi otomatis yang dijual dengan harga Rp242 jutaan.

Kesimpulan

Menurut kami, tipe EL inilah yang paling direkomendasikan untuk dibeli. Faktor pertama adalah pilihan harga. Bagi calon pembeli mobil dengan bajet terbatas, tentu uang menjadi faktor penentu utama. Tipe EL transmisi manual lebih layak dibeli dibanding tipe E yang minim fitur.

Secara tampilan juga tipe EL ini lebih baik dengan fitur yang lebih lengkap. Lalu mereka dengan bajet terbatas juga masih bisa mendapatkan tipe EL dengan transmisi otomatis. Karena tipe ini merupakan satu-satunya tipe yang dijual dengan 2 pilihan transmisi.

Dibanding tipe VL yang punya harga Rp272 jutaan, jelas selisih harganya sangat jauh. Sehingga bisa membuat calon konsumen mundur untuk membeli mobil dengan tipe paling atas. Bagi kamu yang hendak membeli mobil, Nissan Livina tipe EL ini sangat layak dibeli.

Kami merekomendasikan tipe ini dibanding tipe E yang minim fitur. Jika punya uang lebih dan mampu membeli tipe di atasnya pun tidak masalah.

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil