window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain?

Mark Jacob · 2 Okt, 2020 12:00

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain? 01

Kalau nggak Toyota Avanza ya Daihatsu Xenia. Dua mobil ini jadi mobil yang paling sering banget disebut sama masyarakat Indonesia. Entah kenapa alasannya, tapi kedua mobil ini benar-benar jadi primadona di Tanah Air tercinta. Mobil yang dijual Rp194 jutaan sampai Rp238 jutaan ini selalu punya daya tarik besar.

Terkadang bagi sebagian orang tentu bosan juga mendengar saran kalau mau membeli mobil ya Avanza atau Xenia. Memangnya nggak ada mobil lain ya selain kedua mobil itu? Tenang dulu, jangan marah dulu. Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat banyak orang terkagum-kagum sama mobil asli buatan Indonesia ini.

Sayangnya nggak banyak orang yang tahu tentang beberapa hal yang menarik dari Daihatsu Xenia. Nah, kami mau coba memberikan pandangan soal hal yang membuat Daihatsu Xenia layak dibeli. Kira-kira, poin apa saja yang membuat mobil 7 penumpang ini benar-benar layak dipilih buat meramaikan garasi?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alasan Kenapa Harus Membeli Daihatsu Xenia

Harga Obral Banget Nih

Biasanya mereka yang beli Daihatsu Xenia ini lebih memikirkan faktor harga beli dibanding hal yang lain. Malah ada juga sebagian orang yang bilang ‘Harga nomor satu, fitur faktor terakhir’. Dari segi harga, Xenia ini punya harga yang jauh lebih terjangkau dibanding saudara kembarnya si Avanza. Xenia dijual paling murah seharga Rp194 jutaan dan termahal Rp238 jutaan.

Sedangkan si Avanza ini dijual paling murah seharga Rp200 jutaan dan termahal dijual seharga Rp235 jutaan. Kalau dibandingin sama tipe terendah, jelas selisih Rp6 juta jadi hal yang lumayan bisa menghemat bajet. Terutama bagi mereka yang mau membeli mobil baru dengan keuangan pas-pasan. Makanya, banyak yang beli Xenia dengan alasan murah.

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain? 01

Padahal kalau dilihat, selisih uang di tipe termahal nggak berbeda jauh. Tapi, realitasnya harga Xenia emang lebih murah. Belum lagi kalau sudah ditambah diskon dan promo dari diler. Harga Xenia bisa jauh lebih dipangkas lagi nih. Gimana, masuk akal juga kan?

Serba Sama dengan Avanza

Baik Xenia maupun Avanza, dua-duanya pakai komponen yang sama. Mulai dari mesin, transmisi, eksterior, sampai interiornya pun sama. Tapi, pilihan mesin Xenia ada dua nih. Ada dua pilihan mesin mulai dari 1.300 cc dan juga 1.500 cc.

Keduanya memakai mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC dengan VVT-i. Untuk mesin pertama memakai 1.329 cc dengan tenaga 97 ps @6.000 rpm dengan torsi 117 Nm @3.200 rpm.

Untuk mesin kedua memakai 1.496 cc bertenaga 104 ps @6.000 rpm dengan torsi 136 @3.300 rpm. Kedua mesin tersebut bisa dibilang menjadi salah satu mesin yang paling bandel dengan konsumsi bahan bakar irit.

Spare Part Murah dan Melimpah

Soal ini jangan ditanya lagi. Spare part Xenia benar-benar sangat melimpah dan harganya juga murah. Nggak percaya? Coba saja datang ke toko spare part di berbagai bengkel.

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain? 02

Biasanya hampir pasti ditemukan spare part fast moving dari Avanza dan Xenia. Karena pemakainya banyak, maka bengkel pun juga berani menyediakan barang.

Ibaratnya nih, jualnya gampang karena pembelinya juga banyak. Hal ini jadi kelebihan yang dimiliki sama mobil buatan Sunter dan Karawang ini. Harganya juga bisa dibilang lumayan murah dan terjangkau. Nggak heran kalau mobil ini dijadikan mobil tempur harian buat membelah kota besar macam Jakarta ini.

Alasan Kenapa Jangan Beli Daihatsu Xenia

Modelnya Pasaran

Kalau mereka yang suka eksklusifitas rasanya nggak akan nih beli Xenia atau Avanza. Sebab, kedua mobil ini sudah punya sebutan sebagai mobil sejuta umat. Alias, mobilnya dipakai oleh ribuan atau malah jutaan orang di Indonesia.

Jadi, kalau dijalan mobil ini emang nggak ada nilai spesialnya karena jumlahnya banyak banget. Faktor banyaknya unit yang kejual inilah yang membuat Xenia dan Avanza jadi mobil yang pasaran.

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain? 03

Mau mobil yang jarang dipakai orang, beli aja mobil Eropa. Tapi, harganya juga pasti mahal kalau mobil Eropa. Ada harga ada kualitas dong yaaa.

Kabin Berisik

Kekedapan kabin dari dua mobil kembar ini sudah jangan diragukan lagi berisiknya hahaha. Memang kekedapan kabinnya lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Tapi, tetap suara bising dari luar masih bisa dinikmati dengan sepenuh hati dari dalam kabin. Hmmmm, ini jadi hal yang positif atau negatif sih ya sebenarnya?

Bahkan ibaratnya nih saking berisiknya, kalian serasa mendengar parade di dalam mobil Xenia ini! Duh, kenyamanan kabin sih sudah pasti berkurang banget kalau dalamnya berisik kaya begini ya.

Raungan mesin mobil ini bahkan serasa ingin menerkam pengendara dan penumpang yang ada di dalam kabin nih. Raaaawwwrr!

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain? 04

Minim Fitur

Kembali kepada kalimat yang sudah kita sebutkan di atas. Beberapa konsumen Xenia bukanlah mereka yang mementingkan fitur. Tetapi konsumen di kelas ini lebih mementingkan hal berupa harga dari mobil itu sendiri.

Hal inilah yang membuat Daihatsu juga tidak memberikan fitur berlimpah pada mobil keluarga ini. Nggak heran kalau dari dulu sampai sekarang penambahan fiturnya terbilang nggak banyak dan nggak istimewa.

Padahal, fitur juga menjadi hal yang paling penting dari sebuah mobil. Semakin modern, maka sudah seharusnya fitur yang dimiliki akan bertambah dan semakin baik. Masa kalah sama mobil Eropa tahun 1990-an yang fiturnya jauh lebih banyak?

Kesimpulan

Jika boleh menyimpulkan, Daihatsu Xenia ini sebenarnya cocok dan layak untuk dibeli. Karena harganya cukup terjangkau dan modelnya bisa diterima oleh masyarakat luas karena sudah sering dilihat.

Tapi, bagi sebagian orang desain Xenia ini benar-benar sangat membosankan. Karena banyak orang memakai mobil ini menjadi taksi online.

Sehingga nilai kebanggaan dan kemewahan dari sebuah mobil hilang saat memakai Xenia. Xenia dan Avanza sudah memiliki cap sebagai mobil taksi online.

Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain? 05

Padahal nggak semua pembeli Xenia dan Avanza digunakan untuk taksi online, lho. Cuma karena banyak dipakai akhirnya julukan itu melekat deh sampai sekarang ini.

Tapi, untuk perawatan mobil ini benar-benar juara. Harga spare part murah dan melimpah membuat orang bisa dengan mudah merawat mobil ini.

Sebagai mobil keluarga, Daihatsu Xenia ini sangat layak dijadikan mobil aktifitas harian. Dengan harga terjangkau, kapasitas mesin dan performa mesinnya sangat bisa diandalkan.

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil