Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu?

Mark Jacob · 19 Sep, 2020 19:00

Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu? 01

Terkadang sangat membosankan jika tahu Toyota Avanza selalu jadi mobil yang paling laris di Indonesia. Hmmmm, rasanya seperti tak ada mobil lain saja di Indonesia ini selain Toyota Avanza. Terkadang kita juga merasa aneh sih, kenapa mobil seperti itu malah menjadi raja penjualan di Tanah Air? Apa sih yang ngebuat banyak orang suka sama mobil yang satu ini?

Pertanyaan ini pastinya sering banget terlontar bagi mereka yang masih bingung kenapa Toyota Avanza masih diburu banyak orang. Memang agak menyebalkan mendengar hal ini. Tapi, ada beberapa hal menarik yang bisa membuat pandangan kamu beralih kepada mobil 7 penumpang satu ini. Kira-kira, hal apa aja sih yang bisa jadi sisi positif dari mobil satu ini?

Tahan Banting

Poin pertama ini ada benarnya sih. Coba saja lihat, Toyota Avanza ini diajak ke berbagai medan seperti apapun rasanya oke-oke aja yah. Mau jalanan aspal, bisa banget. Mau diajak nanjak ke pegunungan? Bisa juga tuh. Bahkan diajak ke jalanan berbatu, lumpur sedang, hingga menerabas banjir juga rasanya mobil ini bisa-bisa aja. Nggak percaya? Lihat aja tuh di Jakarta.

Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu? 02

Spare Part Murah

Selain mobilnya yang memang tahan banting, harga spare part dari mobil ini juga bisa dibilang sangat murah. Selain murah, spare part dari mobil ini juga bisa ditemui dimana saja dan hampir ada di bengkel apa saja. Yaaa, itu karena banyaknya pemakai si Toyota Avanza ini juga kali yaa. Harga spare part dari Toyota Avanza ini juga terdiri dari beberapa kelas. Mau kualitas nomor duanya, ada. Mau kualitas nomor tiganya pun juga ada. Tinggal menyesuaikan dengan kantong aja nih.

Di Desain Untuk Pasar Indonesia

Faktor ketiga yang terkadang dilupakan oleh para pembenci Avanza ini adalah mereka harus ingat jika Toyota Avanza ini memang didesain untuk pasar Indonesia. Tau sendiri kan masyarakat Indonesia kebiasaannya susah banget ngejaga barang. Nah, mobil ini rasanya sih cocok banget buat dipakai sama orang yang kurang telaten memelihara mobil. Telat ganti oli, tabrak sana tabrak sini, bahkan ada juga yang sampai overheat buktinya mobil ini masih bisa jalan.

Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu? 03

Fenomena Mobil Keluarga

Salah satu kunci sukses keberhasilan suatu mobil di Indonesia adalah faktor keluarga. Di Indonesia mobil yang kaya fitur, atau bahkan desain yang bagus malah justru kurang diminati. Selain mahal, biasanya mobil tersebut nggak bisa memuat banyak penumpang. Jadi intinya mobil yang disukai di Indonesia itu adalah mobil yang bisa memuat banyak penumpang. Oh iya, sama irit bahan bakar! Toyota Avanza? Punya keduanya tuh hehehehe.

Mobil Dianggap Investasi

Hal positif yang juga bisa bersifat negatif terakhir adalah mobil masih dianggap sebagai barang mewah. Banyak orang menilai membeli mobil seperti Toyota Avanza harus yang dapat dijual kembali dengan mudah dan cepat. Faktor salah kaprah inilah yang masih melekat dan bahkan mendarah daging bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Mereka menilai mobil yang mudah dijual adalah mobil investasi yang sangat baik. Padahal sebenarnya nggak begitu kok.

Kenapa Toyota Avanza Selalu Laris Manis, Apa Sih yang Bagus Dari Mobil Itu? 04

Harga bekas dari sebuah mobil bahkan bisa jatuh cukup parah. Dan salah satu yang menjadi faktor tingginya harga mobil bekas adalah kondisi keadaan mobil itu sendiri. Mobil yang dijaga dengan terawat akan punya nilai yang lebih baik ketimbang mobil yang tidak pernah dirawat.

Kesimpulan

Jika boleh menarik kesimpulan, sebenarnya sah-sah saja membenci mobil yang satu ini. Tapi, mereka yang membenci mobil ini juga harus ingat jika Toyota Avanza ini memang punya kekuatan yang bagus banget. Mulai dari sisi aftersales, spare part mudah, dan banyaknya peminat mobil ini dalam keadaan bekas jadi faktor kalau mobil ini nggak bisa disepelein begitu aja. Nah, kira-kira kamu masih benci nggak nih sama Toyota Avanza ini?

Komentar

Mobil Terbaru