Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan

Bent Aulia · 7 Jun, 2020 08:00

Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan 01

Datsun Go memang telah lama tanpa pembaruan. Tapi hatchback asal Jepang ini masih tetap menjadi pilihan menawan bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil perkotaan. Didukung dengan harga yang terjangkau, konsumsi bahan bakarnya pun terbilang irit.

Datsun Go yang dipasarkan di Indonesia bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp112 jutaan untuk varian terendah. Performa mesin terasa mulus dengan berbagai fitur hiburan di dalam mobil. Kenyamanan Datsun Go bisa dirasakan bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Ruang kabin

Dengan harga yang diberikan, kenyamanan Datsun Go cukup baik untuk sekelas mobil perkotaan. Ketika pembaruan pada 2018 silam, Datsun Indonesia mengklaim tampilan baru dan ubahan ringan dari Datsun Go membuatnya lebih nyaman dan mudah dikendarai di jalanan perkotaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan 01

Dimensinya yang kompak, sehingga kabin Datsun Go bisa menampung hingga 5 orang di dalam mobil. Meski ruang kaki bagi penumpang di belakang masih tak begitu lapang dibandingkan dengan pesaingnya yang lebih tinggi, seperti Honda Brio maupun Toyota Yaris.

Material kursi jelas-jelas tak seempuk mobil sekelas sedan maupun SUV. Tapi Datsun menawarkan spinal support bagi penghuni baris depan. Fitur ini akan menopang tulung punggung sehingga membantu posisi berkendara yang lebih baik di jalanan.

Meskipun masih ada masalah lama yang mengintai Datsun Go masih belum terpecahkan. Sebagian pengguna menganggap suspensi yang digunakan masih terlalu kaku sehingga mengurangi kenyamanan Datsun Go ketika dibawa ke jalanan berlubang atau menghantam banyak polisi tidur.

Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan 02

Dan seperti kebanyakan mobil dengan harga yang terjangkau lainnya, kabin masih dipenuhi dengan material plastik. Selain itu, suara raungan mesin terasa sampai kabin penumpang. Bahkan ketika mobil masih berkendara dengan kecepatan normal. Walau masalah ini tidak terlalu mengganggu.

Kepraktisan

Varian tertinggi Datsun Go sudah mendapatkan fitur audio baru, yaitu head unit berukuran 6,75 inci. Fitur ini bisa memutar MP3, USB, AUX, dan Bluetooth hingga radio AM/FM. Suara disalurkan dari 2 buah speaker. Tak terlalu banyak, tapi cukup untuk menjadi teman sepanjang perjalanan.

Kursi belakang memang masih menyatu, tanpa armrest. Ada sabuk pengaman untuk menjaga penumpang belakang ketika terjadi benturan. Tak ketinggalan terdapat head rest yang akan memberikan rasa aman bagi pengendara. Namun, sayangnya tak bisa diatur dan disesuaikan dengan ketinggian kepala dan leher.

Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan 03

Untuk ruang penyimpanan, bagasi Datsun Go memang cukup pas-pasan untuk menampung barang bawaan sehari-hari, hingga 3 tas besar. Tentu saja, dengan posisinya sebagai hatchback, kapasitas bagasinya tak begitu besar. Tapi tak kalah dibandingkan hatchback lain semisal Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya.

Bagi penumpang di belakang, Datsun juga menawarkan panel Air Conditioning (AC) yang memberikan kesejukan ketika berkendara. Selain itu, beberapa fitur untuk kepraktisan lainnya termasuk Electric Door Mirror, tombol untuk membuka bagasi, serta parking sensor untuk membantu Anda memarkirkan kendaraan ini.

Performa

Datsun Go ditenagai oleh mesin 1.2L yang sudah dipakai sejak pertama kali Datsun membawa Go ke Indonesia. Tak besar dan didukung dengan radius putar yang kecil, mobil ini cukup sebagai modal untuk berkendara di jalanan perkotaan yang penuh dengan kemacetan dan kondisi stop-and-go.

Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan 04

Anda bisa memilih dua pilihan transmisi yang nantinya berpengaruh pada tenaga yang dikeluarkan. Transmisi manual hanya memberikan keluaran tenaga 67 daya kuda pada putaran 4.000 rpm dan 77 daya kuda pada 6.000 rpm untuk transmisi CVT.

Penambahan pada transmisi CVT yang baru diperkenalkan dua tahun lalu memberikan peningkatan pada kenyamanan berkendara di dalamnya mobil. Akselerasi yang mulus tanpa tersendat-sendat tentu saja menawarkan rasa nyaman bagi penumpang.

Rasa berkendara juga meningkat karena Datsun sudah memberikan Electric Power Steering (EPS) yang sangat membantu ketika membawa mobil ini berkelok. Manuver hatchback yang kompak ini semakin handal untuk menembus jalanan perkotaan yang dinamis.

Kenyamanan Datsun Go, Berkendara di Hatchback Rp100 Jutaan 05

Sebagai mobil perkotaan yang kompak, Datsun Go memberikan kenyamanan yang cukup baik serta performa yang mendukung untuk meliuk-liuk di jalanan kota yang penuh dengan kemacetan. Terlebih dengan harganya yang kompetitif dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru