window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kepengen Beli Toyota Rush Baru? Ketahui Dulu Perbedaan Tiap Variannya

Enda · 9 Sep, 2022 18:00

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport

Sebagai Low SUV 7-seater, Toyota Rush terlihat agresif dan macho. Meski begitu penampilannya Rush kini terasa ngebosenin berkat kemunculan pesaing terdekatnya seperti Xpander Cross, BR-V dan XL7 dengan bentuk yang terlihat jauh lebih atraktif.

Walaupun kalah keren dibanding pesaing terdekatnya, Toyota Rush hingga kini masih banyak diburu karena tangguh serta dapat diandalkan saat melewati jalan yang berkontur. Bicara mengenai modelnya, Rush sendiri ditawarkan dalam empat varian, yakni; 1.5 G MT yang dibandrol Rp278,8 juta, 1.5 G AT Rp289,6 juta, 1.5 S MT GR Sport Rp291,5 juta dan terakhir 1.5 S AT GR Sport Rp302,2 juta.

Jika kalian tertarik membeli mobil ini dan bingung akan setiap variannya, simak perbedaannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Komparasi Suzuki XL7 2022 vs Toyota Rush, Sanggupkah Lawan Sang Juara Bertahan?

Toyota Rush GR Sport Tampil Lebih Sporty

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport

Toyota Rush GR Sport tampil lebih sporty

Seperti yang diketahui varian GR Sport pada Toyota Rush hadir untuk menggantikan model TRD Sportivo sebelumnya. Nama yang dipakai dari divisi sportnya tersebut diwakili dengan bentuk yang sporty berkat adanya beberapa tambahan aksesoris dan fitur.

Selain emblem, Toyota Rush GR Sport baik versi manual maupun maticnya memperoleh tambahan dashing dark chrome grille yang terlihat atraktif serta bumper dengan bentuk jauh lebih sporty dan kekar berkat housing foglamp yang dulunya serba hitam. Kini bagian tersebut mendapatkan revisi dengan ditambahkan garis horizontal senada dengan warna mobil.

Berbeda dengan varian G, pada bumper bagian bawahnya Rush GR Sport juga mendapatkan under guard dengan warna hitam yang lebih menampilkan karakter sporty.

Bergeser ke bagian samping, varian ini turut dilengkapi side moulding dengan bentuk yang berbeda dan diletakkan sedikit turun ke bawah. Daripada bagian lainnya, pabbrikan melengkapinya dengan side skirt berwarna hitam serta velg 17 inci dengan ban ukuran 215/60. 

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport

Tampilan belakang Toyota Rush GR Sport 

Selain di sisi depan dan samping, buritannya Rush GR Sport memperoleh sedikit penyegaran pada under guard yang terkesan lebih sporty serta sedikit sentuhan warna gelap di tengah bagian kolongnya. Untuk lainnya masih terlihat sama dengan tipe G nya seperti bumper belakang dengan tambahan reflektor, rear wiper, spoiler dengan high mount stop lamp.

Sebagai tambahan informasi, untuk Rush GR Sport sudah dilengkapi fitur auto retractable pada spion samping serta defogger pada kaca belakang yang mampu menghilangkan embun guna menghadirkan visibilitas yang lebih baik. Tidak cuma itu, tipe ini juga sudah menggunakan sistem buka pintu smart entry. Dengan hadirnya fitur ini kalian akan lebih mudah mengunci dan membuka cukup hanya dengan memegang handle pintu.

Oh iya, untuk varian G Toyota Rush, mobil ini menggunakan velg dengan ukuran lebih kecil, yakni 16 inci berporfil ban 215/65 yang secara bentuk terlihat lebih kalem.

Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan

Fitur Unggulan Keduanya Memiliki Sejumlah Perbedaan

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport

Panel instrument Toyota Rush G

Melihat bagian dalam daripada keduanya, selain varian GR Sport nya mendapatkan logo di beberapa bagian, untuk fiturnya juga berbeda. Pertama pada panel instrumentnya, sebagai pusat informasi berkendara Toyota Rush GR Sport hadir dengan tampilan dua dimensi yang jauh lebih atraktif. Sedangkan di varian G nya desainnya tampil flat. Meski begitu secara fungsional keduanya sama-sama menampilkan informasi yang dibutuhkan pengemudi.

Perbedaan berikutnya terletak pada sistem hiburannya. Sebagai informasi, baik varian G maupun GR Sport sama-sama menggunakan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Untuk tipe G sendiri mendukung konektivitas internet yang bisa mengakses weblink dan sudah mendukung navigasi Waze. Hanya saja khusus Rush GR Sport mendapat tambahan berupa Smartphone Remote APP dan Ipod/Iphone Connectivity yang diketahui memberikan lebih banyak kemudahan terhadap penggunanya.

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport

Interior Toyota Rush G

Jika Toyota Rush G dipadukan dengan 6 speaker, varian GR Sportnya memperoleh 8 surround sound speaker yang mana dapat menghasilkan kualitas suara lebih baik. Meski begitu dari segi sistem hiburan dan pusat informasi berkendaranya berbeda, keduanya sama-sama sudah diplikasikan driver seat height adjuster, start/stop button, audio & phone handsfree steering switch, tilt steering dan auto A/C with digital display.

Tak ketinggalan, AC double blower yang bisa menyalurkan udara sejuk hingga baris paling belakang, serta  IDS (Automatic Idling Stop System) yang berfungsi untuk menghemat penggunaan bahan bakar juga hadir pada keduanya.

Fitur Keselamatan Toyota Rush G dan GR Sport Sama

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport

Fitur keselamatan Toyota Rush G dan GR Sport tidak memiliki perbedaan

Mengenai fitur keselamatannya baik Toyota Rush G maupun GR Sport sama-sama disematkan dual SRS airbag + empat buah airbag di bagian sampingnya yang secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara.

Tak hanya itu, fitur keselamatan standar lainnya yang ada di keduanya seperti; Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS) mampu memberikan perlindungan pada setiap penggunanya.

Guna memberikan keselamatan secara lebih impresif, semua model mendapat tambahan kamera parkir mundur, emergency stop/brake signal serta indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang. Untuk fitur keamanannya sendiri sudah dilengkapi Integrated key with alarm, dengan key free system.

Kesimpulan

Perbedaan Toyota Rush G dan GR Sport berhasil kami bahas melalui ulasan di atas. Secara kesimpulan antara Rush G dengan GR Sport tak hanya memiliki perbedaan di aksesoris baik bagian luar dan dalam, untuk fitur hiburan, spion serta panel instumentnya juga memiliki diferensiasi. Namun untuk fitur keselamatan, jantung pacu serta transmisi keduanya sama.  

Baca juga: Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil