window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis?

Prasetyo · 26 Agu, 2022 09:01

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis? 01

  • Dua mobil SUV misterius terlihat sedang dites di kawasan Cikarang, Jakarta Barat.
  • Diduga kuat ini adalah Wuling XingChi, adik kandung Wuling XingChen di Cina.
  • Indonesia bisa jadi yang pertama meluncurkan Wuling XingChi.

Beberapa waktu lalu kami mengabarkan jika ada sebuah SUV misterius yang sedang lakukan uji jalan di Indonesia. Mobil ini diduga kuat adalah Wuling XingChi.

Meski masih tertutup stiker kamuflase di sekujur tubuhnya, tetapi lekuk tubuh dari mobil misterius itu diterka adalah produk dari Wuling. Hal ini diperkuat dengan siluet lekukan logo yang ada di bagian belakang mobil.

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis? 02

Penampakan SUV misterius diduga Wuling XingChi (foto: @deddykrismawan)

Dan kini, sosok yang sama kembali tertangkap kamera oleh pembaca Autofun. Sebuah akun Facebook atas nama @BagasSoraya mengirimkan beberapa foto ke redaksi kami. "Di pom Jababeka dekat stadion. Mungkin lagi test drive daerah kawasan," tulis deskripsi si pengirim foto.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Wuling Siapkan Penantang Honda HR-V di Indonesia?

Indonesia Bakal Pertama Rilis Wuling XingChi?

Wuling XingChi sendiri sebenarnya memang belum dilucurkan secara resmi di Cina. Di sana yang baru beredar adalah Wuling XingChen yang punya nama lain Wuling Asta. Nah XingChi ini sepertinya punya desain yang begitu mirip dengan XingChen.

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis? 01

Kembali kepergok di kawasan Jababeka, Cikarang (foto: @BagasSoraya)

Boleh jadi sebenarnya kedua mobil dibangun dengan basis serupa namun menyasar tujuan negara berbeda. Artinya di Cina pakai nama XingChen sementara di negara lain gunakan nama XingChi. Atau bisa pula XingChi merupakan adik kandung XingChen walau secara dimensi dan spesifikasi begitu mirip.

Kalau di negara asalnya saja belum diluncurkan, bisa jadi Indonesia menjadi yang pertama meluncurkan XingChi. Kasusnya bakal mirip dengan Wuling Air ev mengingat di Cina mobil listrik ini juga belum resmi diluncurkan.

Baca juga: Wuling Xingchen 2022 Calon Adik Kandung Almaz, Harganya Rp200 jutaan

Mirip Wuling XingChen, Dimensi Lebih Kecil

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis? 02

Wuling XingChi (foto: GM Authority)

Dikutip dari GM Authority, beberapa foto Wuling XingChi sudah bocor di dunia maya. Profil tubuhnya begitu identik dengan XingChen. Antara lain desain grill depan pakai bahasa desain wing dynamic aesthetics. Kedua lampu utamanya juag sama, berikut lekukan bemper depan.

Yang beda ada pada penyematan foglamp LED berdesan horizontal, serta bentuk air intage yang lebih besar. Desain velg XingChi juga berbeda dengan XingChen, dan penggunaan atap warna hitam, yang mungkin ini akan jadi opsi warna two-tone saat diluncurkan nanti.

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis? 03

Wuling XingChen, sekilas mirip meski ada perbedaan

Adapun dimensinya, XingChi memiliki panjang bodi 4.365 mm, lebarnya 1.750 mm, tinggi 1.640 mm, serta wheelbase 2.550 mm. Bandingkan dengan Xingchen yang panjangnya 4.594 mm, lebar 1.820 mm, tinggi 1.740 mm, serta wheelbase 2.750 mm.

Itu berarti XingChi lebih pendek 229 mm, lebih ramping 70 mm, dan lebih rendah 100 mm. Jarak sumbu rodanya pun lebih pendek 200 mm dari Wuling Asta. Sehingga memang layak jika dibilang XingChi merupakan adik dari XingChen.

Kepergok Lagi, Wuling XingChi Jalani Tes di Indonesia, Sinyal Kuat Segera Dirilis? 04

Ada mesin 1.5L turbo dan 1.5L N/A

Untuk spesifikasi teknis, XingChi dibekali dua opsi. Pertama mesin 1.5L 4 silinder Turbocharged 146 PS, dan satu lagi mesin 1.5L N/A 98 PS. Adapun untuk XingChen hanya datang dengan mesin 1.5L Turbo.

Akankah Indonesia jadi yang pertama meluncurkan XingChi dan memproduksinya di pabrik Wuling di Cikarang?

Baca juga: Wuling XingChen Siap Kirim ke Seluruh Dunia, Fitur dan Mesin Setara Almaz

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil