Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya

Enda · 29 Sep, 2021 14:30

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 01

Keluhan pengguna Suzuki XL7

Selain Low MPV, mobil keluarga 7-seater jenis Low SUV kini juga cukup digandrungi beberapa konsumen Tanah Air. Bicara mobil jenis ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W pada Februari 2020 berkesempatan meluncurkan Suzuki XL7 yang merupakan pengembangan dari Ertiga yang disulap dengan tampilan crossover.

Perlu diketahui, di Tanah Air Suzuki XL7 dihadapkan dengan Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios sebagai rival utamanya.

Bicara mengenai harga, dengan diskon PPnBM yang berlangsung hingga Desember mendatang, Suzuki XL7 menurut situs resminya dibandrol mulai dari Rp226,5 juta sampai dengan Rp261,7 juta. Sebagai opsi, mobil ini hadir dengan tiga tipe, diantaranya; Zeta Beta dan Alpha.

Memiliki tampilan tak kalah menarik serta harga yang kompetitif dengan para kompetitornya, pastinya membuat beberapa konsumen tertarik untuk membeli Suzuki XL7 sebagai mobil keluarga yang bisa diandalkan. Namun sebelum berniat untuk meminangnya, sebaiknya ketahui lebih dulu keluhan pengguna Suzuki XL7 produksi 2020-2021 ini.

Baca juga: Selain Ertiga dan XL7 Hybrid, Suzuki Indonesia Juga Siapkan Across PHEV?

1. Rembesan Oli di Sektor Mesin

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 01

Rembesan oli di mesin k15B Suzuki XL7

Suzuki XL7 dibenamkan jantung pacu yang sama seperti Ertiga, yakni dengan mesin berkodekan K15B Multipoint Injection dengan kubikasi 1.462 cc. Secara data di atas kertas, mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 104,7 PS @6.000 rpm serta torsi 138 Nm @4.400 rpm.

Sebagai informasi, mesin yang digunakannya tersebut ditanamkan model transverse (melintang) dengan dikawinkannya transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan. Dengan begitu, putaran tenaga dari mesin selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda depan untuk membuat mobil dapat bergerak.

Mesin K15B yang digunakan pada XL7 memang terbukti memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Meski demikian, sebagian besar pemilik mobil ini dengan tahun produksi 2020 hingga pertengahan 2021 mengalami permasalah oli rembes yang belum kunjung terselesaikan.

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 02

Rembes oli karena adanya 'gap'

Melalui forum Facebook Suzuki XL7 Indonesia, diketahui sebagian konsumen menyampaikan bahwa terdapat rembesan oli di sektor mesin. Rembesan oli tipis yang diselimuti debu tersebut bahkan dialami beberapa pemilik disaat mobil belum genap menempuh jarak 1.000 km.

Salah satu pemilik Suzuki XL7 dengan akun Facebook @Didik Kurniawan menyebutkan, adanya sedikit ‘gap’ dengan permukaan lebih tinggi di balik cover timmingnya. Sehingga rembesan oli terus terjadi.

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 03

Dengan adanya masalah tersebut, beberapa pemilik Suzuki XL7 sudah melaporkannya melalui Halo Suzuki untuk segera mendapatkan penanganan. Beberapa pemilik XL7 yang mendapatkan balasan kemudian menyampaikan ke dalam forum untuk melakukan perbaikan di bengkel resmi Suzuki terdekat tanpa dipungut biaya apapun, asalkan masih berlakuknya masa garansi.

Namun tak sedikit dari mereka masih mengalami rembesan oli setelah pemakaian 1-2 bulan. Hal ini dikarenakan permukaan ‘gap’ tadi hanya diisi dengan lem sealent untuk menahan rembesan oli agar tidak keluar.

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 04

“Seiring bertambahnya waktu dan pemakaian, lem sealant tidak mampu menahan panas terlebih tekanan yang cukup besar di dalam mesin. Jadi gak heran kalau rembes oli muncul lagi,” timpal pemilik Suzuki XL7 lainnya di dalam forum.

2. Aki Cepat Soak

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 05

Selain rembesan oli yang terjadi pada hampir setiap pemilik XL7 produksi 2020 hingga pertengahan 2021, ternyata ada salah satu pemilik yang menyampaikan keluhnya di dalam forum bahwa aki bawaan Suzuki XL7 mudah rusak.

“Pemakaian Suzuki XL7 dibeli pada tanggal 10 Oktober 2020. Baru 9 bulan saya sudah ganti aki karena aki bawaannya sudah tidak bisa dipakai. Coba untuk klaim garansi ternyata tidak bisa dan akhirnya saya beli sendiri,” tulis pemilik akun @Rikas.

Xl7 sendiri menggunakan aki berukruan 35 ampere. Dengan kapasitas tersebut, mobil ini memiliki beragam fitur unggulan, seperti; AC digital Auto Climate with Heater, Smart E-Mirror, Engine Start/Stop Button, Smart Keyless Push Start-Stop Button, AC digital +auto climate with heater, serta Ventilated AC with Cup Holder.

Selain itu juga terdapat Stunning Audio 8 inci, 2 tweeter, Stunning MID Display, Steering Wheel with Bluetooth Phone Connection, 3 buah power outlet dan juga dilangkapi Bold LED rear lamp with light guides.

3. Berisik di Bagian Dashboard

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 06

Dashboard Suzuki XL7 berisik

Sebagian besar pemilik Suzuki XL7 mengeluhkan suara gaduh yang terjadi di sektor dashboard. Suara berisik tersebut timbul ketika melewati jalan yang berkontur dalam kecepatan rendah dan cukup tinggi.

“Hingga saat ini klaim dashboard berisik belum ditangani. Dengan alasan bahwa bengkel resmi Suzuki tidak bisa mengerjakannya karena adanya airbag dll,” tulis komentar akun Facebook @Adhi Pati.

Baca juga: Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022

4. Suara Gemuruh Pada Bagian Depan

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 07

Suara gemuruh di bagian depan

Suara gemuruh yang timbul ketika melaju pelan terkadang membuat beberapa pemilik Suzuki XL7 merasa cemas. Timbulnya suara gemuruh pada XL7 ini ada yang menyebutkan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yakni bearing transmisi serta bearing roda ketika melaju di kecepatan tinggi.

“Gemuruh dikit iya, tapi wajar untuk mobil tarikan depan,” tulis komentar akun @Ford Ferry Lumintang dalam salah satu postingan di grup Suzuki XL7 Indonesia.

5. Handle Pintu yang Berkarat

Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya 08

Untuk varian Aplha dan Beta pada handle pintunya sudah dilapisi dengan lapisan krom guna mempercantik tampilan. Cantiknya penampilan XL7 berkat adanya aksen krom yang menghiasi handle pintunya justru dikeluhkan beberapa pemilknya.

Membaca komentar dari beberapa pemilik di dalam forum Facebook Suzuki XL7 Indonesia, disebutkan bahwa handle pintunya mengalami karat. Meski demikan, permasalahan tersebut masih bisa diatasinya dengan cara menggantinya.

Baca juga: Ketahui Semua Varian Suzuki XL7, Mana yang Paling Pantas Kalian Pilih?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki XL7 1.5L AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru