window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kepincut Ford Fiesta Bekas? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Membelinya

Enda · 29 Nov, 2021 13:30

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Ford Fiesta kini dibandrol Rp65 jutaan

Sebelum menutup seluruh kegiatan bisnis di Indonesia pada 2016, PT Ford Motor Indonesia (FMI) di era 2009 memperkenalkan Ford Fiesta yang merupakan hatchback dengan penampilan sporty sekaligus atraktif.

Perlu diketahui sebelumnya, Ford Fiesta yang beredar pertama kali di Indonesia merupakan generasi ketujuh. Mobil ini sendiri ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yaitu 1.4L, 1.6L dan 1.0L turbo (Fiesta Ecoboost). Karena memiliki bentuk yang sporty serta disematkan fitur lebih canggih dibandingkan rivalnya, pada tahun 2013 hatchback kompak ini sempat menyabet penghargaan 'Best Small Hatchback of the Year' dalam ajang 'Editor's Pick Awards 2013'.

Memiliki desain yang cukup menarik, fitur canggih serta fun to drive, banyak orang diluaran sana yang kepincut Ford Fiesta bekas untuk digunakan sebagai mobil keluarga maupun mendukung segala aktifitas sehari-hari.

Melihat pasaran harga bekasnya saat ini, Ford Fiesta kini ditawarkan mulai dari Rp65 jutaan. Namun sebelum kalian tertarik untuk membelinya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangnya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Jarang Dilirik Padahal Suzuki Swift Punya Kelebihan Dibanding Toyota Yaris Lele

Kelebihan Ford Fiesta

1. Tak Hanya Tampilan Sporty dan Atraktif, Ford Fiesta Mendapat Fitur Voice Command

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Tampilan belakang Ford Fiesta

Bicara tampilan luar, Ford Fiesta hadir dengan bentuk yang berbeda dari hatchback lainnya yang ada di Indonesia. Dimana mobil ini dikemas dengan bentuk yang sporty, atraktif sekaligus modern berkat disematkannya banyak garis tegas meruncing serta memiliki atap rendah.

Agar tetap menampilkan kesan modern serta meningkatkan tingkat kearodinamisan, di beberapa bagian bodynya tersebut dibuat sedikit membulat.

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Ford Fiesta dilengkapi fitur voice command

Melihat pada interiornya, Ford Fiesta menyuguhkan rasa nyaman dan aman dengan tingkatan tinggi. Hal tersebut dikarenakan mobil ini menerima fitur unggulan yang tidak dimiliki beberapa kompetitornya.

Seperti yang bisa kalian lihat, di zamannya Ford Fiesta telah disematkan fitur voice command. Fitur perintah suara ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan beberapa fitur seperti; mengaktifkan sistem infotaiment, merubah channel radio dan track lagu. Hebatnya, pada saat itu fitur tersebut juga dapat mengkoneksikan ponsel dengan head unit melalui jaringan bluetooth untuk menghubungi seseorang maupun menyetel playlist lagu melalui hand phone.

Disisi lain, pada interiornya Ford Fiesta juga dilapisi dengan bahan material berkualitas, peredam kabin tebal, jok yang dibuat mengikuti lekukan badan, serta posisi duduk yang ergonomis. Dengan posisi duduk menyesuaikan bentuk badan, tentunya pengguna akan merasa nyaman meksipun berkendara dalam waktu yang cukup lama.

2. Fitur Keselamatan Ford Fiesta Terbilang Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Fitur keselamatan Ford Fiesta mendapat kualitas jempolan

Menyoal fitur keselamatan, Ford Fiesta bisa dibilang mendapat kualitas jempolan. Dengan harga bekas yang semakin terjangkau, mobil ini berhasil disematkan hill launch assist, rear parking sensors, dual airbags, dan rem cakram di semua roda. Disisi lain, mobil ini juga memperoleh smart keyless entry dan rain sensing wipers.

3. Selain Responsif, Ford Fiesta Terasa Stabil Ketika Diajak Bermanuver

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Mesin 1.6L Ford Fiesta terbilang responsif

Menggunakan suspensi berjeniskan Front independent suspension di bagian depan dan Torsion Beam di roda belakangnya, pengendalian mobil ini terbilang impresif ketika diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi walau bukan yang terbaik di kelasnya.

Selain itu, varian 1.6L mobil ini memiliki tenaga yang responsif sehingga sangat cocok bagi mereka yang menyukai kecepatan. Secara data, mesin Duratec Ti-VCT 1.600 cc 4 silinder segaris yang dibenamkan mampu memuntahkan tenaga sebesar 122 PS @6.000 rpm serta torsi 152 Nm @4.050 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, Fiesta dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dan manual 5-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Kekurangan Ford Fiesta

1. Banyak Ford Fiesta Mangkrak Karena Transmisi Bermasalah

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Modul transmisi Ford Fiesta bermasalah

Transmisi matic yang digunakan Fiesta sudah menggunakan teknologi dual clutch. Apabila kurang mendapatkan perawatan, kerusakan yang diterima akan semakin parah serta memakan biaya perbaikan yang mahal.

Selain itu, beberapa pengguna mobil ini juga mengeluhkan soal modul transmisi yang bermasalah. TCM atau Transmission Control Module mobil ini kerap rusak karena usia pakai serta kesalahan pengguna.

Rusaknya TCM ini bisa disebabkan karena pengguna acap kali memposisikan tuas transmisi pada posisi "D" di kondisi macet. Selain itu, kerusakan juga terjadi karena mobil seringkali melewati genangan air cukup tinggi yang modul transmisi terendam karena letaknya yang rendah.

Perlu diketahui juga hal yang mengakibatkan transmisinya cepat rusak karena hawa panas mesin, sehingga membuat kinerja menurun dan perpindahan gigi menjadi sedikit kasar.

2. Harga Jual Kembali Anjlok

Kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta

Harga bekas Ford Fiesta anjlok

Saat ini Ford sudah tidak melakukan kegiatan bisnis di Indonesia. Hal ini membuat sebagian besar produknya mengalami harga jual kembali yang anjlok karena sulitnya mendapatkan suku cadang bila dibandingkan dengan beberapa pabrikan otomotif yang masih eksis hingga saat ini.

Faktor lain yang membuat harga jualnya murah karena beberapa jaringan bengkel resmi Ford saat ini juga sudah mulai sulit dijumpai.

Kesimpulan

Menurut kami Ford Fiesta bekas masih sangat layak untuk dipilih saat ini. Selain memiliki harga bekas yang terjangkau, mobil ini terasa nyaman berkat fitur serta performa yang ditawarkan. Bicara tampilannya, mobil ini juga tak lekang oleh zaman berkat mengimplementasikan gaya bahasa yang sporty sekaligus atraktif.

Jangan khawatir akan spare partnya yang susah, hampir setiap marketplace kini menawarkan suku cadang mulai dari yang original hingga KW-nya. Oh iya, kabarnya tahun depan Ford akan kembali meramaikan kancah otomotif Tanah Air. Jika benar, tentunya jaringan bengkel resmi Ford di Indonesia akan bertambah dan suku cadangnya akan kembali mudah djumpai.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2020 Ford Ranger 2.2 Base Hi-Rider 4×4(M)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil