window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kepincut Suzuki Ignis? Ini Varian yang Paling Cocok Untuk Dipilih

Enda · 16 Jun, 2022 15:30

Varian Suzuki Ignis

Menempati segmen mini crossover perkotaan, menjadikan Suzuki Ignis banyak disukai kaula muda yang ingin tampil berbeda dari biasanya. Memiliki desain yang terbilang cukup unik dengan bentuk tegas, dan membulat, dari segi berkendara mobil ini juga terasa kompak sekaligus reliable saat digunakan di dalam kota maupun luar kota.

Untuk variannya, melansir situs resminya kini Suzuki Ignis hanya ditawarkan dalam dua model, GX MT yang dibandrol Rp207,2 juta dan GX AT yang diniagakan Rp217,5 juta. Padahal sebelumnya Ignis hadir dengan varian lain, yaitu GL MT, GL AT dan GL Sport Edition.

Hanya menyisakan dua pilihan saja, antara Suzuki Ignis GX MT dengan GX AT mana yang paling cocok untuk dipilih?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga Bekasnya Beda Tipis, Pilih Suzuki SX4 Gen 1 atau Suzuki Ignis?

1. Suzuki Ignis GX MT Jadi Varian yang Paling Cocok Dipilih

Varian Suzuki Ignis

Suzuki Ignis GX MT paling cocok untuk dipilih

GX sendiri merupakan varian tertinggi di Suzuki Ignis. Untuk fiturnya, jelas tipe teratas Ignis ini paling lengkap. Seperti yang bisa dilihat pada tampilan luarnya, untuk sistem pencahayaannya telah mengadopsi LED projector headlamp dengan DRL yang mampu meningkatkan visibilitas serta memberikan sinar secara lebih fokus. Bukan cuma itu, di bumpernya pun mendapatkan foglamp.

Melihat bagian samping, mobil ini pun dilengkapi dengan roof rail yang bisa kalian manfaatkan ketika sedang membawa barang banyak. Di buritan, varian ini juga telah tersematkan deffoger, diffuser, high mount stoplamp serta spoiler.

Menyoal kenapa varian GX MT Suzuki Ignis layak dipilih ketimbang GX AT karena transmisi manualnya dirasa lebih nyaman digunakan. Karenanya tak sedikit pengguna GX AT merasakan gejala seperti tersendat setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis yang diperintahkan oleh ECU.

Rasa seperti tersendat ini sebenarnya bisa diatasi. Setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis di angka 2.000-2.500 rpm, kalian bisa sedikit mengangkat kaki dari pedal gas dan kemudian menginjak pedal gas lagi untuk menambahkan kecepatan. Terasa sedikit repot ya...

Sebagai informasi, transmisi AGS (Auto Gear Shift) yang digunakan kerap disebut Auto atau Self-Shifting transmission. Gearbox ini merupakan transmisi manual tanpa adanya pedal kopling. Perpindahan gear dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik (ECU) yang terpasang pada mobil.

Varian Suzuki Ignis

Transmisi AGX di Suzuki Ignis GX AT

Penamaan AGS sendiri sebenarnya hanya untuk produk Suzuki saja. Pada umumnya transmisi jenis ini dinamai Automated Manual Transmission (AMT). AMT didasarkan pada konsep transmisi manual sementara teknologi AGS lebih maju dan berdasarkan pada transmisi DSG dan CVT. AMT membutuhkan waktu hingga satu detik untuk gigi upshift atau downshift - yang dapat menimbulkan rasa seperti sentakan kecil.

Cara kerja AGS sendiri menggantikan pedal kopling kaki yang kemudian digantikan oleh kopling hidrolik yang dikendalikan oleh Transmission Control Module (TCM) bekerja sama dengan Electronic Control Unit (ECU). Ketika mode otomatis diaktifkan, sistem akan bekerja menentukan perpindahan gigi saat dibutuhkan berdasarkan sensor yang ada di putaran mesin.

2. Suzuki Ignis GX AT Dihindari Karena Dianggap Kurang Responsif

Varian Suzuki Ignis

Suzuki Ignis GX AT dianggap kurang begitu responsif

Sebagian besar pengguna Suzuki Ignis dengan transmisi AGS mengeluhkan soal tingkat responsif yang dihasilkan. Varian ini dirasa ‘lemot’ dan kehabisan tenaga di saat menggunakan mode otomatis melewati jalan yang menanjak dan ketika ingin menyalip kendaraan didepannya.

Melihat hal tersebut, menjadikan salah satu alasan kenapa Ignis GX MT dirasa lebih cocok dipilih. Karena untuk performa gaya berkendaranya Ignis dengan transmisi manual bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

Baca juga: Beragam Kelemahan yang Muncul di Suzuki Ignis Pre Facelift, Bikin Pemiliknya Bisa Senewen

3. Lebih Murah Rp10,3 Juta, Suzuki Ignis GX MT Lebih Mudah Dalam Perawatan

Varian Suzuki Ignis

Suzuki Ignis GX MT mudah dan murah dalam perawatan

Baik Suzuki Ignis GX MT maupun GX AT sama-sama menggunakan plat kopling dalam memindahkan gigi. Untuk pelumas yang digunakan pun sepadan, yaitu memakai Suzuki Genunie Oil (SGO) dengan spesifikasi SAE 75W-80 GL-4 sebanyak 2,5 liter.

Meski menggunakan kopling serta jenis oli transmisi yang sama, untuk perawatannya Ignis GX AT lebih mahal. Karena perangkat yang digunakan transmisi AGS Suzuki Ignis untuk memindahkan gigi secara otomatis sebagian besar dikendalikan oleh komputer atau ECU.

Apabila perangkat ini mengalami kerusakan, pengguna diharuskan mengganti modul kopling elektroniknya secara utuh. Modul elektronik yang wajib diganti adalah actuator assy ketika terjadi transmission failure. Untuk harga modul elektronik transmisi AGS Suzuki Ignis tidaklah murah. Di pasaran, modul tersebut ditawarkan Rp10 jutaan.

Kesimpulan

Mahalnya perawatan serta memiliki jeda setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis, membuat Suzuki Ignis GX AT menuai pertimbangan bagi beberapa calon konsumennya saat ingin membeli varian ini.

Dengan begitu tak sedikit dari calon konsumennya tersebut justru menjatuhkan pilihan pada GX MT karena dianggap lebih mudah dan murah dalam perawatan. Selain itu, untuk performanya juga Ignis dengan transmisi manual bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi serta kondisi jalan.

Baca juga: Terkenal Irit BBM, Semahal Apa Sih Biaya Service Suzuki Ignis Hingga 100.000 Km?

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil