window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya!

Dhoni · 9 Mar, 2021 21:00

Pernahkah Anda memperhatikan kondisi cakram atau rotor pada rem mobil. Terkadang cakram tersebut akan berkarat setelah beberapa hari tidak digunakan. Terlebih pada saat hujan yang kerap turun. Lalu apakah dampak dari cakram mobil yang berkarat?

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya! 01

Jangan biarkan rem cakram berkarat terlalu parah

Memang sebagian orang memilih membiarkan, tetapi ada juga yang merasa terganggu. Pada dasarnya permukaan cakram yang terbuat dari baja memang sangat mudah berkarat. Penggunaan dalam jangka panjang akan mengurangi ketebalan cakram mobil sehingga saat cakram yang menipis dengan karat atau korosi menyerang, maka akan menimbulkan bahaya saat digunakan.

Anda dapat membayangkan, cakram yang berkarat akan semakin melemah saat dijepit oleh kampas rem sehingga mungkin saja dapat pecah atau retak. Jika hal ini terjadi, tentu akan berakibat fatal.

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya! 02

Cakram mobil memiliki batas minimal ketebalan

Usahakan Anda selalu memeriksa ketebalan cakram. Pada dasarnya karat yang menyerang cakram mobil terbagi dua kondisinya. Karat halus atau masih baru menyerang permukaan cakram dan karat yang telah menempel cukup lama. Dengan dua kondisi tersebut, Anda dapat melakukan hal berikut:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cakram dengan karat halus

Mobil yang tidak digunakan beberapa saat, biasanya karat yang menyerang cakram pada awalnya hanya berada dipermukaannya saja. Pada tahap ini, karat belum membuat seluruh bagian cakram berkarat. Untuk menghilangkannya, Anda cukup menjalankan mobil dan melakukan pengereman secara halus.

Jadi Anda tidak harus membuka roda untuk membersihkan karat yang menempel pada cakram. Lebih mudah dibanding menghilangkan karat pada manifold knalpot maupun bagian mobil dengan bahan baja lain.

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya! 01

Cakram dengan karat menahun

Cukup banyak yang beranggapan bahan pada cakram memiliki kekuatan sehingga tidak khawatir ketika karat mulai menyerang. Padahal, karat yang dibiarkan dalam jangka waktu panjang, tidak hanya merusak permukaan cakram, tetapi juga dapat merusak seluruh bagian cakram.

Jika hal ini terjadi, hanya mengganti cakram dengan yang baru yang menjadi solusi terbaiknya. Jika Anda tetap memaksa mengunakan cakram dengan karat tersebut, maka kekuatan cakram akan berkurang yang juga mengurangi kemampuan pengereman sehingga dapat berakibat fatal.

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya! 02

Cakram yang berkarat cukup lama dapat merusak permukaannya

Ingat, karat itu seperti penyakit kanker yang dapat menyebar sehingga dapat merusak bagian lain pada mobil Anda.

Batas ketebalan cakram mobil

Setiap cakram memiliki batas ketebalan minimal, yakni sekitar 4mm. JIka batas ketebalan di bawah ketentuan maka akan sangat berbahaya untuk digunakan. Walau setiap pabrikan memiliki spesifikasi kekuatan tersendiri, namun ada baiknya Anda tidak mengambil resiko.

Cara mencegah timbulnya karat

Karat sangat mudah timbul di tempat yang lembab, Anda harus memarkirkan kendaraan di tempat yang memiliki sirkulasi udara dan kering. Usahakan mobil tetap dikendarai untuk mencegah timbulnya karat, ingat bukan hanya sekedar dipanaskan saja. Karat pada cakram mobil akan semakin mudah timbul ketika mobil jarang digunakan.

Mungkinkah cakram mobil dicat?

Dengan alasan apapun, Jangan pernah melapisi permukaan cakram dengan, minyak, cat atau apapun karena akan berbahaya. Rem dapat berfungsi dengan baik karena terjadi gesekan antara besi dengan komposit pada kampas rem. Jika terdapat lapisan di antaranya, maka kinerja rem akan sia-sia.

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya! 03

Perhatikan batas ketebalan untuk membuat cakram kembali mulus

Apakah seluruh model cakram dapat berkarat?

Bahan baku cakram adalah besi dan tidak dilapisi apapun sehingga pasti akan mudah berkarat. Walau saat ini tersedia cakram berbahan keramik atau cakram yang dilapisi tungsten. Namun harga yang ditawarkan akan menjadi sangat tidak ekonomis. Sehingga cakram berbahan besi tetap dipilih untuk efisiensi biaya dan lebih mudah dalam hal perawatan serta usia pemakaian.

Kesimpulan tentang cakram yang berkarat

Timbulnya karat biasanya disebabkan mobil yang tidak dikedarai dalam waktu tertentu. Biasanya karat hanya menyerang permukaan cakram saja sehingga dapat dihilangkan dengan cara mengendarai mobil Anda.

Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya! 04

Karat pada permukaan yang masih dapat dibersihkan dengan mengendarai mobil

Cakram harus diganti dengan yang baru ketika karat telah menyerang hingga bagian dalam permukaan cakram. Untuk mengetahui kondisi cakram yang harus diganti sangat mudah. Saat permukaan telah bersih, biasanya akan tetap terlihat sisa karat pada pori-pori cakram. Ingat memaksakan dan mengindahkan batas ketebalan cakram akan sangat berbahaya.

Kami ingatkan kembali, selalu periksa kondisi komponen kendaraan Anda. Jika memang tidak layak digunakan, Anda harus segera menggantinya.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil