window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Keren di Malaysia, di Indonesia Toyota Vios Jadi Taksi Sejati

Alex · 19 Des, 2020 20:41

Keren di Malaysia, di Indonesia Toyota Vios Jadi Taksi Sejati 01

Toyota Vios merupakan mobil yang terbilang cukup lama usianya. Namun di Indonesia mobil ini harus dikatakan sepi peminat. Posisinya sebagai sedan termurah Toyota Indonesia tetap tak membuatnya laris sebagai mobil pribadi. Vios malah identik dengan taksi.

Hal ini agak kontras dengan yang terjadi di negara tetangga. Baru beberapa hari lalu kita dibuat takjub dengan kemunculan Toyota Vios 2021 versi sangar di Malaysia bersama dengan GR Yaris 2021. Ternyata Vios bisa setampan itu!

Hingga detik ini belum ada tanda-tanda Toyota Indonesia akan melakukan hal yang sama dengan Vios-nya. Sepertinya sulit untuk melihat Vios versi Indonesia meluncur dengan embel-embel GR. Oya, jika pada model lain singkatan GR ada di depan seperti GR Yaris dan GR Supra, untuk small sedan versi Malaysia satu ini di belakang; Vios GR-S.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Vios Tetap jadi taksi

Kenapa Vios di Indonesia identik dengan armada taksi? Tentunya para perusahaan taksi melirik small sedan satu ini karena dua hal. Pertama karena mobil Vios itu sendiri yang terkenal bandel, reliable dan efisien. Kedua karena layanan purnajualnya yang tak perlu dipertanyakan lagi.

Hal ini sebenarnya jadi salah satu hal positif jika konsumen mau melihatnya. Sebab dengan dijadikan armada taksi dari masa ke masa artinya Vios sanggup jadi kuda pekerja yang handal. 

Bertugas jadi mobil taksi yang setiap harinya menempuh perjalanan panjang saja kuat, apalagi hanya untuk keperluan pribadi? Itulah kira-kira sisi positif Vios.

Vios versi Indonesia

Namun sepertinya hal itu tidak bicara banyak di kalangan konsumen. Pesaing Honda City ini tetap lebih jarang dipilih jadi mobil pribadi harian dibanding Toyota Avanza maupun Agya.

Mungkin salah satu alasannya karena pajak. Vios yang bermesin dengan kapasitas 1.500 cc dikenakan pajak lebih tinggi dibandingkan model SUV dan MPV yang bahkan kapasitasnya 2.500 cc sehingga membuat harganya melambung.

Jadi memang tetap lebih oke menjadi taksi saja, daripada sudah beli dengan pajak tinggi namun saat di jalanan kembaran dengan armada taksi. Siapa yang mau?

Kerennya Toyota Vios GR-S 2021!

Kemunculan Toyota Vios GR-S 2021 berbarengan dengan GR Yaris 2021 di Negeri Jiran memang sangat mengejutkan. Mungkin para penggemar sedan di Indonesia cukup iri karena desain eksteriornya sangat sporty dan sangar sementara sangat kecil jika bicara peluangnya hadir di Indonesia.

Tapi lebih dari itu ada yang lebh keren dari GR Vios ini. Mobil ini tercatat sebagai model Toyota pertama di dunia yang dibuat di Malaysia dengan menggunakan emblem Gazoo Racing Sport, setelah GR Supra dan GR Yaris.

Keren di Malaysia, di Indonesia Toyota Vios Jadi Taksi Sejati 02

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Permintaan akan model sedan dan hatchback di Malaysia memang tergolong tinggi. Termasuk Toyota Vios yang penjualannya cukup baik.

Bahkan Toyota Malaysia juga menyelenggarakan balap satu merek alias one make race menggunakan Vios. Maka tak heran kini lahir Vios Gazoo Racing.

Keren di Malaysia, di Indonesia Toyota Vios Jadi Taksi Sejati 03

Padahal Toyota Vios GR-S 2021 ini bisa dibilang hanya menang tampan saja. Urusan mesin tak terlalu signifikan perbedaannya dengan Vios versi Indonesia. Aerokit agresif bumper mirip GR Yaris, diffuser, spoiler, skirting, dan juga kaca spion berwarna hitam hingga pelek 17 inci jadi pendongkrak GR Vios ini di eksterior.

Yang menarik ada di bagian transmisi. Toyota Vios GR-S 2021 mengusung transmisi CVT 10 percepatan virtual. Girboks tersebut dirancang Toyota  memiliki 10 rasio virtual dalam mode manualnya via paddle shift.

Nampaknya hingga beberapa waktu atau entah sampai kapan, kita hanya bisa gigit jari melihat Vios begitu-begitu saja di line up Toyota Indonesia. Setidaknya bisa menjadikan Toyota Vios GR-S 2021 sebagai referensi modifikasi.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil