Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya?

Yongki Sanjaya · 18 Mei, 2022 16:00

Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya? 01

Honda Mobilio menjadi salah satu Low MPV yang cukup populer karena kabin yang lega dan fleksibel. Sebagai sebuah mobil keluarga, tentunya Honda Mobilio cukup sering digunakan sebagai mobil harian. Nah, kalian yang ingin membeli Honda Mobilio baru atau bekas sebaiknya mengetahui kerusakan yang sering muncul di mobil ini.

Pabrikan berlogo huruf H tegak ini lantas merilis Mobilio pada tahun 2013 sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat soal mobil tujuh penumpang. Sekalipun memiliki nama besar, ternyata Honda Mobilio tak luput dari berbagai kelemahan dan kerusakan khas.

Namun, kerusakan ini bukan berarti membuat Mobilio sebagai mobil cengeng atau ringkih. MPV besutan Honda ini masih nyaman dan mumpuni untuk mendukung segala aktivitas. Berikut ini berbagai kerusakan khas yang perlu kalian waspadai di Honda Mobilio:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Kerusakan di Honda Mobilio: Jalur AC Mampet, Efek Tanpa Filter

Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya? 01

Hal pertama yang umum terjadi di Honda Mobilio ialah jalur AC mampet atau hembusan AC pelan. Ini umum terjadi karena Honda Mobilio tidak terpasang filter kabin.

"Kalau tidak ada filter AC maka AC buntu, AC tidak dingin, dan AC pelan. Evaporator AC bisa buntu karena dari baru tidak ada filter AC," sebut Imam Wahyudi Santoso dalam akun Youtube-nya. 

Pria yang juga pemilik dari Bengkel Solusi Anda, spesialis Honda, menyebut bila Mobilio ini sebaiknya dipasang filter AC supaya penanganannya lebih mudah. Jadi, tidak terjadi masalah AC mampet atau evaporator kotor. 

"Kalau dikasih filter AC dari baru, penanganannya lebih mudah. Kalau kotor tinggal disemprot pakai angin tapi kalau buntu harus diganti," sebutnya.

Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya? 02

Filter kabin biasanya dipasang pada blower AC di laci dashboard, untuk mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator. Tanpa dilengkapi filter kabin, membuat kotoran, bakteri dan lainnya banyak menempel di evaporator.

Padahal, keberadaan filter udara sangatlah penting untuk diterapkan di kendaraan. Udara kotor langsung dihembuskan AC ke dalam kabin dapat mengganggu kesehatan pengendara. Pemilik Mobilio dipaksa harus rajin membersihkan interior mobilnya bila tidak ingin sering-sering servis AC untuk membersihkan evaporator.

Sensor Gas Buang Konslet Terkena Cipratan Air

Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya? 03

Masalah berikutnya yang cukup sering terjadi pada Honda Mobilio ialah pada bagian sensor gas buang. Penyebabnya karena terkena cipratan becek dari kolong mobil hingga mengakibatkan short. Untuk kondisi kerusakan ini bisa kita ketahui dari engine check nyala dan indikator eco tidak menyala. 

"Sensor gas buang yg bawah, kalau kena air dia short karena letaknya dibawah. Efeknya nyendat. Ini masih bisa direset dengan melepas terminal aki 10 detik dan dipasang lagi, dia akan mereset ecu sendiri. Kalau direset masih nyendat juga, sensor atas harus diganti," sebut Imam. 

Sensor ini terdiri dari dua bagian, yaitu sensor atas dan bawah. Untuk sensor yang atas yaitu sensor S1, Imam menyebut harganya 4,2 juta. 

"Kalau sensor yang bawah, efeknya hanya engine check nyala dan indikator eco nggak nyala. Dampaknya konsumsi bahan bakar akan terganggu & tenaga berkurang," jelasnya.

Master Rem Bocor, Cacat Produksi  yang Jadi Penyakit Honda Mobilio

Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya? 04

Masalah terakhir yang kerap terjadi pada Honda Mobilio keluaran awal ialah pada master rem yang bocor. Ini membuat minyak rem merembes dan menggenang di booster rem. Dampaknya, pedal rem keras saat diinjak dan rem jadi tidak pakem

"Masalah pengereman hampir sering terjadi, master rem dan booster rem di Mobilio awal pasti bermasalah makanya dulu direcall. Kalau master rem bocor dan menggenang di booster rem efeknya adalah direm keras dan tidak pakem," jelas Imam dalam videonya. 

Apabila kalian merasakan gejala tersebut, dan mobilnya belum mengalami recall, maka bisa memperbaiki sendiri komponen master rem dan booster rem yang bermasalah. Komponen tersebut perlu diganti tergantung bagian mana yang mengalami kerusakan. 

"Kalau tidak termasuk recall, harga master rem ini Rp1,6 juta sampai Rp1,7 juta yang ori, begitu juga booster rem harganya Rp1,7 jutq sampai Rp1,8 juta yang original," jelasnya.

Kesimpulan

Melihat kerusakan yang terjadi, sebagian diantaranya adalah karena kesalahan atau cacat produksi. Perbaikan di bengkel spesialis pun menjadi solusi yang lebih hemat, namun tidak mengurangi kualitas pengerjaan bengkel.

Bicara soal estimasi biaya perbaikan, komponen Honda Mobilio yang bermasalah ini relatif mahal, karena mencapai jutaan rupiah. Tentu kamu harus menyiapkan budget besar apabila terjadi masalah di bagian tersebut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru