Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner

Prasetyo · 21 Jan, 2023 12:02

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 01

Nissan Terra 2023 akhirnya dipasarkan di Indonesia. Cukup terlambat memang, mengingat Terra facelift ini sudah debut sejak November 2020. Kemunculan perdananya bukan di Asia, namun di Timur Tengah.

New Terra baru masuk ke pasar Asia Tenggara setelah rilis di Thailand pada Agustus 2021. Barulah di Agustus 2022, Terra terbaru ini akhirnya dipajang oleh pihak Nissan Indonesia. Meski hadir di pameran GIIAS 202, namun rupanya penjualan unit ini baru dimulai Januari 2023.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 02

Baru mulai dijual di Indonesia Januari 2023

Saat artikel ini dipublikasikan, Nissan baru mengumumkan harga Terra 2023 antara Rp725 juta - Rp745 juta. Lalu sanggupkah Nissan Terra terbaru ini bisa membungkam dominasi Toyota Fortuner ataupun Mitsubishi Pajero Sport? Kami pun mendapat kesempatan pertama kalinya menguji SUV ladder frame ini dari pihak PT Nissan Motor Distribution Indonesia, Kamis (19/01/2022).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Nissan Terra Sempat Muncul di Indonesia Lalu Tenggelam

Sedikit kilas balik Terra di Indonesia, SUV Nissan memang hadir bersama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Namun sayang penjualannya belum sebesar dua kompetitornya itu. Terra hanya terjual 770 unit pada Januari hingga Oktober 2020. Alhasil, Nissan memutuskan tak lagi menjual Terra sejak awal 2021.

Baca juga: Nissan Terra Tak Lagi Ada di Daftar Model Nissan Indonesia, Apakah Akan Berganti Model?

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 01

Tampilan model sebelumnya

Padahal Terra dianggap sebagai perpaduan dari ketangguhan Nissan Terano dan kenyamanan Nissan Patrol. Platform yang digunakan berasal dari Nissan Navara, sehingga dari segi rangka, mesin dan lainnya memiliki kesamanaan. Terra pun dianggap sangat cocok dengan karakter di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Menghilang selama setahun lebih, kini Terra dibangkitkan lagi oleh Nissan Indonesia. Tak lagi memakai bendera PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Terra 2023 yang dipasarkan diimpor langsung dari Thailand. Perubahannya cukup banyak dan lebih menarik dari model sebelumnya.

Nissan Terra 2023: Eksterior

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 02

Bagian muka paling banyak berubah

Gubahan paling jelas terlihat pada Terra terbaru ini ada di fascia depan. Ia sekarang pakai grill berkonsep V-Motion khas Nissan yang lebih besar dibanding versi terdahulunya. Lampu utamanya lebih pipih dan menyiku serta menggunakan teknologi Quad LED.

Artinya ada empat lampu LED yang terpasang bersusun di batok lampu depan itu. Kemudian lampu ini juga dikombinasikan LED daytime running light bermodelkan plasma.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 03

Siluet bodinya masih mirip model terdahulu

Tidak tertinggal Terra model anyar ini juga mendapat foglamp housing dengan bentuk baru. Lekuknya mengikuti guratan garis bumper depan yang juga ikut direvisi. Di bagian bawah lantas ditambahkan under guard berkelir silver sebagai pelindung.

Untuk siluet bodinya, Terra terbaru ini masih serupa model sebelumnya. Baik dari posisi pilar, tarikan garis atap, sampai lengkung fender roda. Bedanya kini Terra pakai desain velg baru dengan finishing two-tone. Tapi ukurannya sama dan tetap dibalut ban 255/60 R18.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 04

Tampilan belakangnya

Di bagian buritan, Terra 2023 terlihat mendapatkan chrome garnish yang melengkung untuk menyatukan rear lamp garnish. Desain lampu belakang juga terlihat ada perubahan, serta kini sudah pakai lampu tipe LED.

Baca juga: Perbedaan Nissan Terra dengan Model Sebelumnya, yang Baru Lebih Menarik?

Interiornya Bertema Hitam Merah

Perubahan lain juga makin terasa ketika masuk ke dalam kabin mobil. Layout dasbor kini dominan garis desain horizontal. Dibagian tengah ada headunit 9 inci yang menyatu dengan dasbor. Tidak bertipe floating seperti kebanyakan mobil baru sekarang. Kemudian pengaturan AC kini ada layar digitalnya.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 05

Layout dasbor dan pelapis jok berubah total

Setir dengan berbagai tombol fitur termasuk audio steering switch dan cruise control juga sudah ada. Meter cluster berukuran 7 incinya kombinasi digital dengan analog yang memiliki banyak menu untuk diakses pengemudi.

Konsol tengahnya juga berubah dan dibagian ini ada beberapa tombol untuk kebutuhan melintas di medan offroad. Serta ada pula keberadaan Electric Parking Brake.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 06

Tuas transmisi dan beberapa pengaturan fitur offroad

Paling menonjol tentu saja sajian tema warna di kabin yang benar-benar baru. Nissan menawarkan kombinasi Black-Burgundy alias hitam dengan kombinasi merah. Lantas motif bahan pelapis jok juga dibuat lebih atraktif senada desain eksteriornya.

Impresi Berkendara

Nissan Indonesia untuk tahap awal cuma menyajikan satu varian untuk Terra. Yakni tipe VL berpenggerak roda 4x4. Dan karena model ini sebenarnya cuma versi facelift, jadi tak ada ubahan di ruang mesin. Terra 2023 dibekali jantung pacu diesel turbo berkode YD25DDTi I4 dengan kapasitas silinder 2.488 cc. 

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 07

Mesin lamanya masih dipertahankan

Di atas kertas mesinnya sanggup meletupkan tenaga maksimum 190 PS pada 3.600 rpm serta torsi maksimal 450 Nm pada putaran 2.500 rpm. Mesin ini dipadukan transmisi otomatis 7-percepatan dengan penggerak roda 4x4.

Pengemudi bisa memanfatkan fitur baru bernama Shift On-The-Fly 4x4. Kenop putar untuk pengaturan penggerak 2WD atau 4WD ini diklaim bisa diaktifkan hingga mobil melesat di kecepatan 100 km/jam.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 08

Dimensi besar berpadu torsi melimpah

Sayangnya di sesi Media Test Drive Nissan Terra yang disediakan oleh pihak Nissan Indonesia, tidak ada lintasan yang bisa menguji kemampuan offroad mobil tersebut. Padahal beberapa fiturnya sengaja dibuat untuk menerabas jalan berkontur.

Mulai dari fitur Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, Electronic Locking Rear Differential, dan Brake Limited Slip Differential. Apalagi Terra terbaru juga punya ground clearance 225 mm sehingga bisa lebih fleksibel saat dikendarai kemanapun Anda mau.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 09

Kenyamanannya tetap dipertahankan

Meski begitu, karena mesin yang diusungnya sama, maka impresi berkendara mobil ini juga tak jauh berbeda dari Terra sebelumnya. Torsi besarnya sudah terasa sejak puntiran mesin menengah. Tidak lebih baik dari Fortuner 2.8 yang punya torsi 500 Nm memang, namun untuk pemakaian di dalam kota, tenaga dan torsi Terra sudah lebih dari cukup.

Baca juga: Adu Fitur Nissan Terra 2023 vs Mitsubishi Pajero Sport, Mana yang Paling Siap Diajak Offroad?

Kenyamanan Penumpang Belakang

Tak mau hanya jadi pengemudi, kami pun merasakan duduk di bangku penumpang baris kedua. Meski Terra berkonfigurasi 7-seater dengan tiga baris jok, namun untuk bangku paling belakang rasanya lebih cocok ditempati anak-anak.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 10

Roof monitor 11 inci

Ruang kaki dan kepala penumpang belakang juga masih serupa model terdahulu. Namun kini Nissan sudah menyediakan roof monitor 11 inci. Kemudian tata suara di kabin mobil ini juga menggagumkan berkat terhubung dengan 8 speaker Bose.

Adapun headunit utama juga sudah memiliki fitur Apple CarPlay dan Android Auto serta Nissan Connect. Kemampuan insulasi suara pakai Acoustic Glass pada bagian depan juga membuat kabin Terra 2023 lebih kedap.

Kesan Pertama dengan Nissan Terra VL 4x4 2023, Lebih Mewah dari Fortuner 11

Bagasi belakang saat jok baris ketiga dilipat

Nah terakhir soal fitur keselamatan, Nissan Terra 2023 sudah punya Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Intelligent Emergency Braking. Lalu ada juga Rear Cross Traffic Aller, Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan 6 airbags.

Kesimpulan

Dimensi dan mesin yang tak berubah membuat Nissan Terra 2023 mempertahankan tenaga dan kenyamanan dari model pendahulunya. Dengan perubahan pada sisi eksterior dan interior serta fitur ADAS, tentunya Terra kini jadi semakin menarik.

Sayangnya harga yang dipatok Nissan Indonesia masih cukup tinggi. Karena Terra bersaing head to head dengan tipe tertinggi Toyota Fortuner 2.8 dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Terra 2.5L 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru