window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Ciri-ciri Ball Joint Rusak, Bisa Bikin Mobil Jadi Liar

Enda · 7 Des, 2021 19:05

Ciri-ciri ball joint rusak

Ball joint merupakan bagian terpenting pada mobil untuk mendukung kinerja komponen kaki-kaki yang lainnya. Komponen ini berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil ketika sedang mengalami guncangan atau berbelok.

Disisi lain, bagian ini memiliki fungsi untuk mengunci steering knuckle yang dapat mempertahankan keseimbangan mobil. Selain itu, bentuknya yang seperti bola ini dapat membantu pergerakan ban mobil menjadi lebih fleksibel.

Baca juga: Waspadai Siklon Tropis Paddy, Ini Tips Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Badai

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apa Ciri-ciri Kerusakan Pada Ball Joint Mobil?

Ciri-ciri ball joint rusak

Ball joint yang diletakan di kaki-kaki mobil sewaktu-waktu dapat mengalami kerusakan karena perawatan mobil yang kurang baik ataupun usia kendaraan yang sudah cukup berumur. Jika ball joint mengalami kerusakan, tentunya mobil terasa menjadi tidak nyaman ketika dikendarai. Bahkan sangat tidak aman karena dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan ketika mobil berhenti atau berbelok secara mendadak.

Berikut adalah ciri-ciri kerusakan pada ball joint versi Auto2000 yang wajib kalian ketahui sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan mobil kesayangan.

1. Mobil Sulit untuk Dikendalikan

Salah satu ciri-ciri ball joint rusak ketika mobil menjadi sulit dikendalikan. Pada saat Anda ingin berbelok atau berada di jalanan yang tidak rata, mobil akan sulit untuk dikendalikan dan menghasilkan guncangan yang berlebih dan dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman.

2. Timbul Suara Berisik Ketika Mobil Digunakan

Ciri-ciri ball joint rusak

Ciri ball joint rusak muncul suara berisik ketika digunakan

Tanda lain ball joint mengalami kerusakan yakni menimbulkan suara berisik atau berdecit ketika mobil sedang dikendarai. Suara ini dapat muncul ketika Anda sedang berbelok atau bahkan melewati jalanan yang tidak rata.

Seperti yang diketahui, ball joint terletak pada bagian kaki-kaki mobil sehingga ketika komponen ini mengalami kerusakan, seluruh aktivitas ban ketika mobil sedang dikendarai akan menimbulkan bunyi berisik. Apabila Anda sering mendengar suara berdecit dari bagian kaki-kaki mobil, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ball joint mengalami kerusakan.

3. Ban Mobil Cepat Aus

Salah satu tanda dari kerusakan ball joint adalah ban mobil yang cepat mengalami aus di salah satu sisinya. Biasanya ban yang termakan sebelah terjadi di bagian dalam. Jika hal tersebut telah terjadi, sebaiknya sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan.

Baca juga: Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus!

Cara Merawat Ball Joint Mobil

Ciri-ciri ball joint rusak

Lakukan spooring cara untuk merawat ball joint
  • Hindari menerjang jalanan yang rusak dan banjir karena hal tersebut dapat membuat ball joint menjadi cepat rusak.
  • Karet suspensi harus sering dicek dan langsung diganti apabila sudah rusak. Karet suspensi yang dibiarkan begitu saja dapat merusak ball joint.
  • Kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang rusak. Jika sering melewati jalan berkontur dengan kecepatan tinggi, dipastikan ball joint akan mudah rusak.
  • Spooring perlu dilakukan untuk menjaga kondisi ban mobil. Namun, spooring yang dilakukan secara sembarangan dapat membuat ball joint mobil menjadi cepat rusak.
  • Jangan terlalu sering membawa beban berat. Dengan beban yang berat, kerja ball joint menjadi lebih keras sehingga dapat memperpendek usia pakainya.

Baca juga: Pernah Alami Silau Ketika "Ditembak" Lampu Jauh Saat Mengemudi? Ini Tips Aman Hadapi Hal Tersebut

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil