window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Fungsi Strut Bar di Mobil, Apakah Terbukti Atasi Limbung?

Yongki Sanjaya · 25 Jan, 2023 15:30

Ketahui Fungsi Strut Bar di Mobil, Apakah Terbukti Atasi Limbung? 01

Handling atau pengendalian dari sebuah mobil tak hanya mengandalkan komponen suspensi atau kaki-kaki saja. Tingkat kekakuan sasis pun memegang peranan agar mobil tidak limbung saat menikung di kecepatan tinggi. Salah satu cara mengurangi limbung di mobil ialah dengan memasang strut bar.

Perangkat strut bar kurang begitu populer dan keberadaannya seringkali dikesampingkan banyak masyarakat. Mereka belum mengetahui seberapa penting elemen mobil yang satu ini untuk aspek pengendalian yang lebih presisi. Strutbar terbuat dari batang besi atau logam yang menghubungkan bagian bodi atau sasis mobil di bagian kiri dan kanan.

Dikutip dari laman Wuling, komponen ini dipasang untuk menghubungkan bagian sisi kanan dan kiri strut tower, menjadi mounting point dari sebuah shockbreaker ke bagian sasis mobil. Penggunaan strut bar selain untuk mobil sport, biasanya juga identik dengan mobil-mobil yang memiliki performa tinggi atau yang sudah dimodifikasi. Kemampuannya akan terasa saat mobil berbelok, ada tekanan dari permukaan jalan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fungsi Strut Bar di Mobil, Menjaga Kekokohan Sasis Mobil

Ketahui Fungsi Strut Bar di Mobil, Apakah Terbukti Atasi Limbung? 01

Strut bar membantu agar dudukan suspensi pada kendaraan lebih kokoh dan mengurangi kemungkinan chassis bengkok ketika mobil sering digunakan menikung atau tidak sengaja melindas lubang di jalan yang jelek.  Karena berfungsi sebagai 'tiang'atau rangka tambahan untuk memperkuat dudukan suspensi bagian atas, maka strutbar dianjurkan untuk dipakai pada mobil tua supaya sasis di bagian suspensi lebih kokoh. 

Pada kondisi menikung dalam kecepatan tinggi, strut bar akan menjaga tekanan kedua sisi roda, sehingga menjadi lebih seimbang. Komponen berfungsi untuk menjaga chasis bagian depan agar tidak bengkok masuk ke dalam karena menahan beban kejut/berat. Batang besinya dapat mengurangi efek ayunan berlebih pada sasis sehingga tetap berimbang. 

Ketahui Fungsi Strut Bar di Mobil, Apakah Terbukti Atasi Limbung? 02

Jika sering dipakai dalam kecepatan tinggi dan sering di pakai untuk melintasi jalan bebas hambatan atau tol, maka pemasangan strut bar  akan membuat mobil lebih stabil saat melaju. Lebih lanjut, mobil juga akan lebih mudah untuk dikendalikan. Saat berbelok ekstrim, sudut roda akan berubah karena sasis akan bergerak. Dengan demikian, traksi dan roda bagian kiri dan kanan bisa berputar secara optimal.

Strut Bar Penting Dipasang Untuk Mobil yang Cukup Limbung

Ketahui Fungsi Strut Bar di Mobil, Apakah Terbukti Atasi Limbung? 03

Bagi kalian yang merasa pengendalian mobil cukup limbung di kecepatan tinggi, dirasa perlu menambahkan pemasangan strut bar untuk meningkatkan kualitas handling kendaraan. Konsekuensi pemasangan strut bar ialah komponen ini akan mengurangi kenyamanan saat berkendara di jalan yang tidak rata, berlubang, ataupun speed bump, karena suspensi jadi kaku. 

Pemasangan komponen ini sendiri cukup mudah. Untuk strut bar belakang hanya tinggal membuka cover door trim yang menutupi baut shockbreaker belakang. Sedangkan bagian depan, dipasangkan pada dudukan shockbreaker atas. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil