window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang

Yongki Sanjaya · 11 Jan, 2022 11:00

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 01

Kalian pasti sudah tidak asing dengan garis-garis yang berada di permukaan jalan raya. Ya, itulah yang dinamakan marka jalan dan berfungsi untuk mengatur arus lalu lintas. Marka jalan ini ada beragam jenis, tergantung kondisi medan dan situasi lalu lintas di wilayah tersebut. 

marka jalan berfungsi membatasi, dan mengarahkan lajur kendaraan pada beberapa persimpangan. Di jalan-jalan protokol atau juga jalan provinsi, marka jalan juga berfungsi untuk separator atau membatasi jalur kendaraan. Setiap kendaraan yang melintas tidak boleh menginjak marka tersebut. 

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pelanggaran terhadap marka jalan telah diatur dalam Pasal 287 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Pasal itu menyebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas, atau marka jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan, atau denda paling banyak Rp500.000.

Lantas, apa saja jenis marka jalan yang harus kita pahami? Berikut ini penjelasannya.

Jenis Marka Jalan

Secara umum jenis marka jalan terbagi dalam tiga garis yaitu garis putus-putus, garis lurus tanpa putus, lalu garis marka melintang. Sebagai pengendara, kita wajib mengetahui fungsi dari jenis ketiga marka ini.

Marka Putus-Putus

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 01

Untuk marka putus-putus ini kamu diperbolehkan melintasi marka bila hendak pindah ke jalur sebelahnya yang kosong. Marka ini juga memperbolehkan kendaraan apabila ingin menyalip kendaraan di depan pada jalan dengan dua arah.

Khusus di jalan dengan dua arah, pengemudi wajib berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan di depannya apabila ingin mendahului. Sebab, posisi saat mendahului di jalan dua arah ini akan mengambil lajur dari arah berlawanan.

Marka Utuh

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 02

Garis marka ini merupakan kebalikan dari marka putus-putus tadi, artinya tidak boleh melewati marka ini. Polisi lalu lintas akan langsung menindak pengemudi yang menginjak atau melewati marka utuh. Dari sisi keselamatan, marka utuh ini dibuat sebagai pembatas antar lajur. Biasanya, marka utuh ini berada di jalan berliku yang tidak memungkinkan untuk mendahului atau banyak blind spot.

Marka Melintang

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 03

Marka melintang adalah tanda yang tegak lurus terhadap sumbu jalan seperti garis henti di zebra cross. Pengendara tidak boleh berhenti melewati garis tersebut apabila lampu lalu lintas menyala merah. Seringkali, pengendara “ngeyel” berhenti melewati garis dan berada di zona zebra cross saat lampu merah.

Kombinasi Jenis Marka Jalan

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 04

Pada ruas jalan provinsi atau antar kota, kita akan menemukan kombinasi marka jalan sesuai dengan kondisi lalu lintas dan lingkungan di wilayah tersebut. Biasanya, marka tersebut berupa garis ganda putus-putus atau garis utuh dan putus. Kalian perlu tahu makna dari marka ini untuk tertib lalu lintas.

Marka putus dan utuh

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 05

Secara umum, garis ini memperbolehkan pengendara yang berada di sisi garis putus-putus berpindah lajur ke sisi sebelahnya. Sebaliknya, bila pengendara berada di sisi garis tanpa putus, maka dilarang berpindah lajur. Kondisi ini juga berlaku untuk jalan dengan dua arah.

Marka dua garis utuh

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 06

Apabila marka tersebut berupa dua garis utuh maka dari kedua lajur dilarang mendahului atau melewati marka tersebut. Biasanya, marka ini berada di ruas jalan yang cukup lebar namun berliku sehingga tidak memungkinkan untuk mendahului dengan aman.

Marka Serong

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 07

Setelah membahas jenis marka dasar, kini kita lanjutkan pembahasan soal marka jalan jenis serong. Biasanya marka ini terdapat di percabangan jalan seperti misalnya jalur keluar jalan tol atau persimpangan jalan. 

Bidang yang terdapat pada marka serong ini bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan. Kendaraan bermotor dilarang menginjak atau memotong jalur di marka serong. Namun demikian, pihak kepolisian masih memperbolehkan mobil yang terpaksa berhenti di dalam marka serong apabila terjadi masalah teknis atau darurat.

Marka Jalan Yellow Box Junction

Ketahui Jenis Marka Jalan, Nekat Melanggar Rp500 Ribu Melayang 08

Selain garis dan separator, masih ada lagi garis marka berupa Yellow Box Junction atau YBJ. Jenis marka ini biasa ditemukan di persimpangan jalan besar perkotaan. Tujuan dibuatnya YBJ yaitu agar jalur persimpangan tidak terkunci ketika kondisi jalan sedang padat.

Kendaraan dilarang untuk melintas atau bahkan berada di kotak garis kuning. Ini berlaku ketika dari jalurnya lampu masih menyala merah atau belum diperkenankan jalan oleh polisi yang mengatur lalu lintas walau lampu sudah hijau.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil