window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Kekurangan New Suzuki Carry Pick Up Sebelum Membeli

Enda · 11 Mei, 2022 13:00

Kelemahan New Suzuki Carry

Nama Suzuki Carry memang sudah sangat melegenda di kancah otomotif Tanah Air khususnya di segmen mobil niaga muatan ringan. Eksis lebih dari 45 tahun, Carry banyak digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari karena memiliki durabilitas yang tinggi serta mudah dalam perawatan. Sebelum memutuskan untuk membelinya, kalian perlu tahu kekurangan Suzuki Carry generasi terbaru ini. 

Pada 2019, New Suzuki Carry diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan mendapatkan ubahan yang radikal baik di sektor jantung pacu, dimensi, serta fiturnya. Kemudian pada awal tahun 2021, pihaknya memberikan sedikit penyegeran terhadap New Carry yang terasa lebih lebih modern, tangguh, sekaligus dapat diandalkan disaat membawa barang.

Dianggap lebih modern, tangguh, dan dapat diandalkan saat membawa barang, sebelum berniat membeli simak lebih dulu beberapa kekurangan New Suzuki Carry pick up di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Menilik Kepraktisan Antara Suzuki New Carry dan Daihatsu Gran Max, Lebih Praktis Mana?

1. Ban Bagian Depan New Suzuki Carry Pick Up Sering Makan Sebelah

Kelemahan New Suzuki Carry

Ban New Suzuki Carry kemakan sebelah dalam

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, New Suzuki Carry mendapat ubahan besar dibandingkan model sebelumnya dengan sebutan Carry Futura. Untuk bagian kaki-kaki depan, banyak pemilik mobil ini mengeluhkan soal tapak ban bagian dalam makan sebelah.

Salah satu mekanik Suzuki pun mengiyakan akan permasalahan tersebut. Untuk kejadian seperti ini biasanya terjadi karena sering membawa beban muatan yang berlebih. Pasalnya untuk New Carry sendiri, pabrikan mengkalim bahwa daya angkut maksimalnya berada di angka 1 ton.

Guna menangani masalah tersebut, pemilik bisa mengganti baut chamber, serta melakukan balancing dan spooring untuk menjaga keawetan ban. Sebagai informasi, agar ban depan tidak makan sebelah, beberapa pemilik New Suzuki Carry menyarankan supaya mengganti ukuran ban lebih besar naik satu tingkat yang semulanya 165 menjadi 175. Selain itu juga pemilik bisa melakukan upgrade ukuran ban dan velg menjadi R14.

2. New Suzuki Carry Pick Up Terasa Loyo Ditanjakan

Kelemahan New Suzuki Carry

New Suzuki Carry lemot ditanjakan

Secara data di atas kertas, New Suzuki Carry pick up menggendong mesin bensin K15B-C multipoint injection 1.462 cc, 4 silinder segaris DOHC 16 valve yang mampu memuntahkan tenaga hingga 99 PS @5.600 rpm serta menghasilkan torsi maksimal 135 Nm @4.400 rpm. Punya tenaga lebih besar 12 PS dan torsi lebih unggul 13 Nm dari mesin G15A yang digunakan model sebelumnya, beberapa pemilik mengeluhkan akan angkatan awal New Carry yang terasa lebih lemot dan loyo ditanjakan.

Salah satu faktor yang membuat New Suzuki Carry terasa loyo ditarikan awal dan ditanjakan ialah penggunaan throttle by wire yang menggantikan seling baja untuk membuka skep throttle body. Penggunaan throttle by wire sendiri dimaksudkan agar konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih efisien karena diatur menggunakan perangkat elektronik.

3. Posisi Handbrake Mengganggu Pengemudi dan Penumpang

Kelemahan New Suzuki Carry

Tuas handrbake berada di celah antara jok penumpang dan pengemudi

Bicara mengenai posisi handbrake atau rem tangannya, New Suzuki Carry pick up diletakan di celah jok antara pengemudi dan penumpang. Hal ini cukup disayangkan karena ruang duduk penumpang menjadi terbatas.

Beberapa pemilik pun menyarankan untuk posisi handbrake ini diletakan di bawah dashboard untuk memberikan banyak ruang gerak.

Baca juga: Suzuki New Carry Pick Up Punya Fitur Layaknya Mobil Penumpang

4. Kampas Kopling Cepat Habis

Kelemahan New Suzuki Carry

Kampas kopling New Suzuki Carry cepat habis

Selain ban depan bagian dalam sering makan sebelah, New Suzuki Carry pre-facelift seringkali dikeluhkan pemiliknya akan kampas koplingnya yang cepat habis. Bahkan ada pemilik yang belum sampai setengah tahun mengalami slip pada bagian kopling karena sudah tipis. Kejadian seperti ini diakibatkan karena diameter kampas koplingnya yang kecil serta bahannya yang dianggap terlalu empuk.

Guna menghindari kejadian sering habisnya kampas kopling, salah satu mekanik Suzuki menyampaikan untuk tidak membawa beban terlalu berat serta mengurangi penggunaan menginjak kopling secara setengah. Selain itu juga hindari penggunaan gigi besar guna mengurangi kejadian habisnya kampas kopling.

5. Kampas Rem Sering Panas

Kelemahan New Suzuki Carry

Kampas rem cepat panas

Salah satu pengguna New Suzuki Carry menyebutkan bahwa kampas rem pada mobil ini sering cepat panas. Agar suhu tinggi pada kampas rem dapat diredam, sebaiknya saat melakukan pengereman dikocok, tidak diinjak secara terus menerus.

Perlu diketahui, untuk memberikan kenyaman dan keamanan setiap penggunannya, New Suzuki Carry pick up telah dibekali dengan AC, Electronic Power Steering (EPS), audio single din, immobilizer, serta banyak konsol untuk meletakan barang bawaan.

Oh iya, untuk baknya New Suzuki Carry pick up ditawarkan dengan dua pilihan kargo, yakni Flat Deck dan Wide Deck. Mengenai ukurannya, dimensinya ini lebih besar dari pesaing terdekatnya Daihatsu Gran Max. Punya bak yang lebih besar, tentunya New Carry pick up bisa membawa barang dengan jumlah lebih banyak.

Baca juga: Harga Suzuki Carry Minibus Tembus Rp260 Jutaan Dengan Spesifikasi Pas-pasan, Mending Pilih Daihatsu Luxio?

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil