window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol

Nussa · 1 Okt, 2022 08:09

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 01

  • Kelebihan dan kekurangan Pajero Sport vs Fortuner punya sisi masing-masing.
  • Mitsubishi Pajero Sport tubuhnya lebih besar dan lebih jangkung dari Toyota Fortuner.
  • Toyota Fortuner memiliki pilihan mesin lebih banyak dari Mitsubishi Pajero Sport.

Kendaraan roda empat dengan jenis sport utility vehicle (SUV) banyak dijadikan favorit oleh konsumen di perkotaan maupun di luar daerah. Sebab, mobil jenis ini dinilai tangguh melibas berbagai medan. Selain itu, dari segi tampilan juga terlihat macho dan sporty.

Beberapa SUV yang banyak dijadikan pilihan adalah Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Kedua mobil ini sering kali dibanding-bandingkan, mulai dari segi eksterior, interior, fitur, performa, konsumsi BBM, dan harganya. Tentunya, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: New Range Rover 2022 Resmi Masuk Indonesia, Pemilik Fortuner dan Pajero Sport Sungkem Dulu!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport Lebih Besar dari Fortuner

Jika dilihat dari desainnya, baik Pajero Sport maupun Fortuner sama-sama memiliki tampak gagah dan tangguh. Tapi, jika diperhatikan dimensinya, Pajero Sport sedikit lebih besar dibandingkan Fortuner.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 01

Mitsubishi Pajero Sport kerap dibanding-bandingkan dengan Toyota Fortuner

Pajero Sport memiliki panjang 4.825 mm, lebar 1.814 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta jarak sumbu roda 2.800 mm. Sementara Fortuner, memiliki panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta jarak sumbu rodanya 2.745 mm.

Mobil SUV banyak dipilih juga oleh konsumen di perkotaan karena jarak terendah ke tanah atau ground clearance yang cukup tinggi. Sehingga, lebih percaya diri saat harus menerjang genangan air yang cukup tinggi atau banjir.

Soal ground clearance, Pajero Sport juga lebih tinggi, karena jarak terendah ke tanah mobil ini adalah 218 mm. Sedangkan Fortuner, jarak terendah ke tanah hanya 170 mm.

Baca juga: Sering Dicap Mobil Arogan, Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport Siapa Paling Laris?

Desain Pajero Sport vs Fortuner Siapa Lebih Gagah?

Tampak depan Pajero Sport sekarang dibuat lebih gahar. Mitsubishi menyebutnya dengan Dynamic Shield. Kali ini, pabrikan berlogo tiga berlian tersebut lebih mengejar fungsionalitas. Tapi, tetap didesain sedemikian rupa agar dapat memikat konsumen.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 02

Toyota Fortuner hadir dengan tampilan yang lebih agresif, tak kalah dengan Mitsubishi Pajero Sport

Sementara pada Fortuner GR Sport, tampilannya juga lebih segar dibandingkan model sebelumnya. Kali ini, Fortuner sudah dibekali dengan grille depan yang ukurannya besar, bumper dengan aksen silver, dan emblem GR Sport pada bagian samping dan belakang. Perubahan ini membuat tampilannya terkesan lebih sporty, maskulin, dan mewah.

Pajero Sport dan Fortuner juga sudah dilengkapi dengan lampu kabut. Tapi, Fortuner lebih unggul karena sudah mengadopsi teknologi LED, sementara Pajero Sport masih mengandalkan halogen. Begitu pula dengan lampu utamanya dimana Fortuner sudah menggunakan Bi-Beam LED yang sudah terintegrasi dengan DRL dan juga memiliki fitur Auto Leveling.

Baca juga: 5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM

Mitsubishi Pajero Sport Sudah Ada Sunroof

Masuk ke kabin, kedua interior mobil ini sudah dilengkapi dengan material kulit dengan nuansa yang gelap dan tersebar ke berbagai sisi, mulai dari jok, setir, hingga ke tuas persneling.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 03

Mitsubishi Pajero Sport menampilkan kesan elegan juga pada eksteriornya

Kedua pabrikan juga sudah menyematkan fitur penunjang untuk memberikan kenyamanan pada pengemudi maupun penumpang, seperti bangku yang bisa diatur posisinya secara elektrik, head unit dengan layar sentuh, AC otomatis, konektivitas smartphone, colokan USB, Bluetooth, hingga telepon.

Terkait fitur keselamatannya, Pajero Sport dan Fortuner sudah dibekali dengan fitur keselamatan pasif dan aktif. Untuk fitur keselamatan pasif, pengemudi dan penumpang dilindungi dengan 7 airbag. Sabuk pengaman juga tersedia untuk setiap penumpang.

Sedangkan untuk fitur keselamatan aktif, baik Pajero Sport maupun Fortuner, sudah dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Distribution (EBD), sensor parkir, dan lainnya.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 04

Toyota Fortuner dilengkapi 7 Airbags

Pada Pajero Sport, terdapat Active Stability aand Traction Control (ASTC). Selain itu, Mitsubishi juga menyematkan teknologi RISE. Sedangkan Fortuner, kelebihannya ada pada kamera 360 derajat yang sangat membantu ketika akan parkir.

Kamera ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih lainnya, seperti Blind Sport Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection and Headway Monitoring Warning. Selain itu, disediakan juga wireless charging.

Baca juga: Torsi Jumawa Toyota Fortuner 2.8 Sanggup Tarik Bulldozer Seberat 12 Ton, Mitsubishi Pajero Sport Apakah Bisa?

Mitsubishi Pajero Sport Kalah Tenaga dari Toyota Fortuner

Sementara dari segi dapur pacu, Pajero Sport dibekali dengan dua pilihan mesin diesel, 2.4 L dan 2.5 L. Pilihan mesin pertama berkode 4N15 yang memiliki kapasitas 2.442 cc. Mesin tersebut dilengkapi juga dengan MIVEC Turbocharged. Sehingga, dapat menghasilkan tenaga maksimum sampai 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 430 Nm pada 2.500 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 05

Mitsubishi Pajero Sport memiliki bodi dan jarak sumbu roda yang lebih panjang dari Toyota Fortuner

Sedangkan untuk pilihan mesin kedua, menggunakan kode 4D56 yang memiliki kapasitas 2.477 cc. Mesin ini mengadopsi teknologi Commonrail Turbocharged. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 136 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 324 Nm pada 2.000 rpm. Mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 5 percepatan dan manual 5 percepatan.

Sementara untuk Fortuner, Toyota menawarkan beberapa pilihan, ada mesin bensin 2.7 L dan mesin diesel 2.4 L dan 2.8 L. Untuk mesin bensin, menggunakan kode 2TR-FE dengan kapasitas 2.694 cc, tanpa turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 163 PS pada 3.400 rpm dan torsinya 242 Nm pada 4.000 rpm. 

Untuk mesin diesel 2.7 L, memiliki kode mesin 2GD-FTV. Mesin commonrail ini dikombinasikan dengan VNT Intercooler. Dengan kapasitas mesin 2.393 cc, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimum mencapai 400 Nm pada rentang 1.600 rpm hingga 2.000 rpm.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, SUV Penguasa Jalan Tol 06

Toyota Fortuner tawarkan mesin lebih banyak varian

Sedangkan untuk mesin diesel 2.8 L, kode yang digunakan adalah 1GD-FTV. Mesin ini juga dipadukan dengan VNT Intercooler. Mesin dengan kapasitas 2.755 cc ini memiliki tenaga maksimum hingga 203,9 PS pada rentang 3.000 rpm hingga 4.000 rpm. Sementara torsi maksimumnya, dapat mencapai 499 Nm pada rentang 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.

Ketiga mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan. Kedua SUV ladder frame ini juga memiliki dua pilihan sistem penggerak roda, yakni 4x2 dan 4x4.

Baca juga: Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 Lebih Murah Rp17,2 Juta dari Mitsubishi Pajero Sport 2.4 Dakar Ultimate 4x4, Pilih Tenaga atau Fitur?

Harga Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Terakhir, yang tak kalah menentukan adalah soal harganya. Mitsubishi Pajero Sport saat ini dibanderol mulai dariRp 562,9 juta (on the road Jakarta) hingga Rp720,5 juta (on the road Jakarta). Sementara Fortuner, Toyota memasarkannya dengan harga mulai dari Rp545,3 juta (on the road Jakarta) hingga Rp 717,05 juta (on the road Jakarta).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil