window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah

Yongki Sanjaya · 6 Jun, 2022 14:30

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 01

SUV kini semakin populer di kalangan masyarakat, karena desainnya yang maskulin dan juga didukung kemampuan di medan off road. Selain Fortuner dan Rush, ada satu lagi opsi SUV Toyota yang bisa kita pilih yaitu Harrier. Menyandang status sebagai mobil CBU, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu kelemahan Toyota Harrier sebelum membeli.

Toyota Harrier secara lini produk masuk segmen premium yang posisinya ada dibawah SUV Lexus RX. Harrier yang memiliki pamor cukup baik yaitu generasi kedua yang masuk ke Indonesia sejak tahun 2003. Saat itu, Toyota Harrier memang kebanyakan masuk melalui Importir Umum (IU) sehingga kastanya merupakan mobil mewah.

Dengan desain yang premium, kini harga Toyota Harrier bekas untuk yang generasi kedua sudah sangat menggoda. Untuk versi facelift-nya bahkan bisa setara harga LCGC baru. Nah sebelum meminangnya, berikut kelemahan Toyota Harrier yang perlu Anda ketahui.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelemahan Toyota Harrier Bekas, Materialnya Kurang Cocok dengan Kondisi Indonesia

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 01

Hadir melalui jalur importir umum, membuat spesifikasi yang diusung oleh Harrier ini adalah spesifikasi global ataupun juga spesifikasi Jepang. Artinya, material yang digunakan pun tidak disesuaikan dengan kondisi iklim dan medan jalanan Indonesia.

Umumnya yang paling banyak dikeluhkan dari para pengguna Harrier generasi kedua adalah permukaan dasbor menjadi retak-retak. Ini karena kondisi iklim di Indonesia yang cukup panas di siang hari. Sengatan sinar ultraviolet dan paparan suhu yang terlalu tinggi selama terus menerus membuat material plastik dashboard-nya kalah.

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 02

Perlu diingat mobil ini diproduksi di Jepang yang iklimnya tidak sepanas di Indonesia. Itulah mengapa material permukaan dasbor yang paling mudah terpapar sinar matahari jadi korbannya.

Agak sulit untuk mencegah retak-retak di dashboard Toyota Harrier ini saking seringnya terjadi. Dikutip dari forum Modifikasi.com, sebagian pengguna Harrier menyarankan untuk memakai kaca film berkualitas tinggi. Daya tolak panas yang bagus diharapkan bisa mengurangi efek panas dan ultraviolet yant masuk ke kabin.

Suspensi Udara di Toyota Harrier Punya Usia Pakai

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 03

Suatu komponen dalam kendaraan biasanya memiliki lifetime atau masa pakai tertentu. Untuk suspensi pada Harrier tipe 3.0 bahkan sudah memakai air suspension alias suspensi udara. Ini membuat Harrier seperti SUV rasa sedan, layaknya magic carpet ride alias permadani terbang saat dikendarai.

Hal ini perlu kalian waspadai, karena bagian air suspension di Harrier yang rentan bermasalah. Kondisinya cukup ringkih, apalagi kalau pengemudinya sering berkendara tidak hati-hati di jalan bergelombang.

Sayangnya, biaya perbaikan suspensi udara masih cukup mahal mengingat teknologi yang dipakai berbeda dengan suspensi tipe lain. Harga suspensi udara milik Harrier 3.0 ini cukup mahal, mencapai kisaran Rp12 jutaan satu setnya. Perlu diketahui bila usia mobil ini sudah mencapai 10 tahun, maka masa pakai komponen suspensi tersebut juga sudah masuk waktu peremajaan beberapa komponennya.

Harga Komponen dan Perawatan Mahal

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 04

Toyota Harrier generasi kedua telah dipasarkan sejak tahun 2003 hingga 2010. Mengingat umur kendaraan yang sudah cukup lama, biaya perawatannya pun ikut meningkat. Tak cuma itu, harga komponennya pun tak kalah mahal karena Harrier adalah mobil CBU.

Mahalnya perawatan Toyota Harrier disebabkan karena mobil ini dulunya merupakan mobil SUV premium sehingga seluruh elemen mobil ini memiliki kualitas dan harga yang lebih mahal dari mobil lainnya. Mobil ini termasuk bagus tapi mungkin sudah cukup tua sehingga butuh peremajaan di banyak komponennya.

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 05

Biaya perawatan mahal inilah yang biasanya menjadi 'batu sandungan' para newbie yang baru saja memilikinya. Sebab mencari suku cadang slow moving terutama interiornya seperti panel AC atau tombol di dasbor cukup sulit mengingat statusnya CBU. Meskipun sekarang sudah ada di toko daring, hanya saja harganya pun tidak mungkin murah.

"Kalau carinya SUV murah jangan ambil ini, suku cadangnya lumayan menguras kantong terutama non mekanikal. saya sering tahu Harrier mogok karena empunya tidak bisa merawat + pajaknya mahal karena CBU," tulis Pinesthi Mukti Rizky Wibowo dalam forum Quora.

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 06

Ia pun menyebut bila Toyota Harrier bekas sekarang sudah banyak yang nasibnya jelek. Namun demikian, unit yang kurang baik harga pasarannya masih tinggi, sehingga kurang sepadan dengan resiko perbaikannyanya meskipun terkenal nyaman.

Kemudian untuk mesin, Harrier dan Camry banyak menggunakan part yang sama. Adapun untuk kelemahan mesin 2AZ-FE yang sudah cukup berumur suka minum oli secara berlebihan.

Dimensi Bongsor, Kurang Lincah di Jalan Sempit

Ketahui Kelemahan di Toyota Harrier, Harga Bekasnya Murah dengan Penampilan Mewah 07

Kekurangan Toyota Harrier berikutnya adalah kurang handalnya mobil jenis SUV ini yang kuranf andal dalam bermanuver. Desainnya membulat dengan dimensi besar membuatnya terlihat gendut. 

Kekurangan ini lebih disebabkan karena ukuran bodinya yang cukup besar, bahkan lebih besar dari mobil SUV sejenis lainnya. Dengan demikian membuat umpan balik dari kemudi kurang bagus.

Kesimpulan

Toyota Harrier ini bisa menjadi alternatif menarik bagi kalian yang ingin punya SUV di bawah Rp250 jutaan tapi punya cita rasa premium dan desainnya yang timeless. Sebagai mantan mobil mewah, tentu perawatannya tidaklah murah.

Bila mencari unit yang cukup durable dan nyaman, sebaiknya hindari tipe 3.0 Airs. Ini karena biaya perawatan suspensi udaranya cukup mahal dan komponen ini ringkih bila digunakan pada jalanan aspal di Indonesia yang keriting.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil