window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

Yongki Sanjaya · 11 Sep, 2022 09:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

AC Mobil Tidak Dingin, Tidak Selalu Perlu Tambah atau Ganti Freon AC

Kenali Penyebab AC Mobil Bocor, Bisa Jadi Karena Hal Berikut

Ada banyak hal yang membuat hembusan AC aromanya tidak menyenangkan. Mulai dari aroma freon hingga sisa pengharum ruangan yang sudah basi. Mulai dari apek sampai aroma lain yang bahkan bisa membuat seisi kabin jadi  mual dan sakit kepala.

Nah, penasaran apa saja biang keladi penyebab AC dan interior mobil jadi bau tak sedap? Berikut ini penjelasannya.

Bau dari Kotoran dan Jamur di Evaporator AC Mobil 

Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman 01

Evaporator merupakan salah satu bagian dari sistem AC mobil yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara guna mengurangi hawa panas di mobil. Evaporator ini bisa kotor karena sebagian mobil tidak dilengkapi oleh filter udara/AC. 

Alhasil, kotoran dan debu menempel di kisi-kisi evaporator hingga menjadi jamur. Terkadang, penumpukan jamur pada evaporator bisa menyebabkan bau. 

Pertumbuhan jamur terjadi karena evaporator pada AC mobil sudah lembab. Kelembaban terjadi karena uap yang dihembuskan keluar melalui AC sesekali akan menempel di evaporator. 

Secara khusus, jamur akan menimbulkan bau pesing di AC mobil. Bau pesing ini biasanya akan tercium ketika mesin mobil mulai dinyalakan. Cara mengatasinya yaitu dengan mencuci evaporator di bengkel dan kemudian memasang filter AC.

Sebagai informasi, filter AC ini di sebagian merek dijual terpisah, menjadi part yang perlu dibeli sendiri.

Bau AC Mobil yang Apek Akibat Freon Mau Habis

Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman 02

Freon adalah senyawa kimia gas yang sering digunakan pada AC mobil untuk proses pendinginan. Setelah lama digunakan, freon pada AC mobil juga bisa berkurang karena adanya kebocoran pada seal yang getas.

Freon yang hampir habis bisa memicu AC mobil menjadi bau apek. Biasanya, kondisi ini juga akan diikuti dengan gejala lain, seperti suhu AC yang menjadi tidak dingin. 

Kalau mendapati situasi seperti ini, perlu dilakukan pengecekan menyeluruh, kemudian memperbaiki titik yang bocor. Setelahnya, baru melakukan pengisian freon kembali.

Bau Asam dan Apek dari Pengharum Mobil yang Sudah Basi

Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman 03

Parfum mobil berfungsi untuk mengharumkan bagian dalam mobil. Tapi, jika parfum yang dipakai sudah terlalu lama, maka aromanya bisa berubah menjadi bau aroma asam dan apek yang tidak sedap. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan AC mobil bau asam, salah satunya karena parfum yang sudah lama. Setelah aroma wangi dan kadar alkoholnya sudah habis, maka residu dalam botol atau wadahnya bakal mengisakan aroma tak sedap. 

Parfum mobil juga memiliki masa kadaluarsa. Perhatikan tanggal kadaluarsa parfum yang digunakan. Jika sudah melewati tanggal tersebut, bisa-bisa mobil jadi berbau tidak sedap. 

Selain itu, bau asam juga bisa disebabkan oleh kabin yang kotor. Debu dan kotoran yang menempel pada kabin juga bisa memengaruhi aroma tidak sedap pada AC mobil. Solusinya yaitu kita perlu membuang bekas parfum yang lama, membersihkan kabin dari debu, kemudian memasang parfum baru untuk mengusir aroma yang tidak sedap.

AC Mobil Berbau Asap Knalpot dan Sampah

Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman 04

Kamu juga pernah mencium bau asap knalpot pada AC mobil. Biasanya ini terjadi ketika kamu sedang berkendara dekat dengan truk atau kendaraan lain yang mengeluarkan banyak asap dan aroma tak sedap. Biasanya ini terjadi saat kita membuka ventilasi luar di pengaturan AC. 

Asap knalpot dan aroma busuk dari luar mobil bisa saja terhisap masuk ke interior mobil. Akibatnya, bau tersebut juga akan masuk ke mesin pendingin dan menyebabkan aroma tak sedap dari AC mobil. Sebagai catatan, kalian sebaiknya hanya membuka ventilasi luar AC ketika kondisi lalu lintas lancar dan di ruas jalan yang minim polusi.

Lagi-lagi karena masalah kebersihan, AC yang mengeluarkan bau tidak sedap bisa juga disebabkan karena adanya hewan yang mati tersangku di dalam bagian AC. Tentu saja hal ini akan luput dari perhatianmu, jika kamu jarang memperhatikan kebersihan AC. 

Pasalnya, beberapa hewan seperti cicak atau serangga, bisa saja tersangkut ke dalam sistem ventilasi AC dan tak bisa keluar. Tak jarang mereka akhirnya mati dan membusuk di dalam ventilasi luar AC mobil. Untuk menanganinya, kamu perlu ke bengkel AC untuk membersihkan sisa bangkai tersebut sehingga hembusan kembali segar. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil