window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketika Hilux Adu Irit Solar dengan Triton, Siapa Juaranya?

Alex · 16 Sep, 2020 18:00

Ketika Hilux Adu Irit Solar dengan Triton, Siapa Juaranya? 01

Toyota New Hilux double cabin resmi meluncur bulan lalu dengan membawa sejumlah perubahan menarik. Improvisasi eksterior, beberapa fitur dan penyempurnaan suspensi menjadi menu utama dalam penyegaran tersebut. Tapi mampukah ia juga menyandang status mobil double cabin paling irit di kelasnya?

Mobil pick up Toyota Hilux tersedia dalam 6 varian. Secara keseluruhan, harga Toyota Hilux 2020 berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 486 jutaan. Adapun mobil pick up Hilux ini terdiri dari single cabin dan double cabin yang masing-masing berjumlah 3 varian. Harga Hilux double cabin berkisar Rp 427 juta hingga Rp 486 jutaan. Ya, inilah dia harga mobil hilux pick up Indonesia.

Sayangnya PT Toyota Astra Motor masih mempertahankan mesin diesel seperti model pra-facelift. Memang, sejauh ini mesin diesel Toyota Hilux belum diketahui punya masalah berarti. So, belum berubahnya mesin pada Hilux double cabin memang belum jadi isu berarti.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Varian Toyota Hilux GR dan Toyota Fortuner GR Akan Bermesin V6 di Filipina

Ketika Hilux Adu Irit Solar dengan Triton, Siapa Juaranya? 01

Mobil pick up Toyota Hilux yang kini semakin tampan dan gagah tak sendirian eksis di kelas double cabin Indonesia. Dari merek Jepang lainnya juga ada Mitsubishi Triton yang merupakan saingan terberatnya.

Mobil pick up Mitsubishi Triton tersedia dalam 6 varian. Harga Mitsubishi Triton berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 489 jutaan. Ini merupakan harga pick up triton 2020 yang tidak jauh beda dengan harga triton 2019. Ada juga beberapa konsumen yang mencari harga triton bekas yang bisa di situs otomotif.

Baik Mitsubishi Triton maupun Toyota New Hilux, kedua mobil pick up ini saling berebut hati konsumen di tanah air dengan berbagai keunggulan, ketangguhan dan keistimewaannya. Karena identik dengan penggerak 4 roda dan pelibas berbagai medan, tentu kedua merek ini berlomba untuk menghadirkan d-cab yang juga efisien akan konsumsi bahan bakar.

Untuk itu dalam artikel ini marik kita bandingkan konsumsi bahan bakar antara Toyota New Hilux dan Mitsubishi Triton, tentu dalam hal ini bahan bakarnya adalah solar. 

Baca juga : Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia?

Mencari Mobil Doubel Cabin Paling Irit, Hilux atau Triton?

Sebelum mengungkap berapa konsumsi bahan bakar kedua double cabin keren ini, maka kita perlu mengetahui spesifikasi masing-masing. keduanya sama-sama dipersenjatai mesin diesel yang hingga kini terkenal tangguh dan cocok untuk dipakai mobil berpenggerak 4 roda. Kedunya pun juga sama-sama menggunakan turbo dan intercooler sebagai pendukung performa.

Ketika Hilux Adu Irit Solar dengan Triton, Siapa Juaranya? 02

Dalam keterangan yang kami peroleh, New Hilux sebagai mobil pick up Indonesia ini menggunakan mesin berkapasitas 2.400 cc yang disebut ramah lingkungan. Mesin turbo diesel tersebut sanggup menggelontorkan tenaga puncak hingga 149.6 PS dan torsi hingga 400 Nm.

Lantas bagaimana dengan seterunya dari kubu Mitsubishi? Ternyata sangat bersaing dari segi output. Pasalnya tenaga puncak yang bisa dihasilkan Triton sedikit lebih rendah, namun dari sisi torsi lebih unggul.

Dari keterangan yang kami peroleh dari situs resmi Mitsubishi Indonesia, mesin Triton yang juga sama-sama berkapasitas 2.500 cc dan pakai turbo lengkap dengan intercooler daya tertingginya 133 PS namun torsinya mencapai 430 Nm.

Baca juga : Mazda BT-50 2021 Siap Tantang Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux di Indonesia

Konsumsi BBM Strada Triton Tak Sebaik Hilux?

Nah, tadi sudah kita ketahui profil masing-masing mesin penenggak soalr milik Hilux dan Triton. Lantas sekarang bagaimana dengan hasil konsumsi bahan bakarnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita akan merujuk dari data pengetesan konsumsi bahan bakar Toyota Hilux dan Triton yang telah dilakukan GridOto.com pada dua double cabin tersebut.

Ketika Hilux Adu Irit Solar dengan Triton, Siapa Juaranya? 03

Untuk Hilux, pengetesan konsumsi bahan bakarnya sendiri dilakukan pada 2018. Namun tipe mesinnya masih serupa dengan yang dipakai Hilux facelift 2020 ini, yakni dapur pacu berkode 2GD-FTV.

  Hilux V AT 4X4 Triton Exceed AT
Dalam kota 11,1 km/l 9,4 km/l
Tol 14,9 km/l 13,1 km

Dari data tersebut ternyata mobil pick up Toyota Hilux yang mengandalkan mesin berkode GD lebih irit dibandingkan Triton. Harap diketahui pula, konsumsi BBM Strada Triton dan Hilux tersebut bisa saja berbeda hasilnya jika Anda coba lakukan sendiri.

Sebab banyak faktor yang mempengarui hasil pengujian konsumsi BBM Strada Triton serta Hilux. Mulai dari gaya mengemudi, kondisi mesin diesel, hingga kualitas solar itu sendiri bisa saja membuat hasil pengetesan berbeda-beda.

Kesimpulan

Sejauh ini Toyota Hilux bisa dibilang lebih unggul dibanding Triton dalam sisi konsumsi bahan bakar. Nampaknya ujaran Toyota mengenai mesin Hilux yang ramah lingkungan memang bukan sekedar promosi.

Mesin 2GD-FTV milik Toyota Hilux sebagai salah satu mobil pick up Indonesia ini memang terkenal efisien dalam hal konsumsi bahan bakarnya dibanding konsumsi BBM Strada Triton. Namun perlu Anda ingat, gaya mengemudi dan kondisi mesin jadi pengaruh besar dalam menciptakan konsumsi solar yang efisien.

Baca juga : Adu Spesifikasi Isuzu D-MAX Vs Mitsubishi Triton, Double Cabin Mana yang Lebih Cocok Diajak Kerja Keras?

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil