Keunggulan Tata Super Ace HT yang Tidak Dimiliki Pesaingnya Saat Dipakai Jadi Angkot Tangerang

Enda · 5 Jul, 2022 15:00

keunggulan Tata Super Ace HT

Kendaraan niaga Tata Super Ace HT (High Torque) tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Small Commercial Vehicles (SCV) jenis pick up di bawah 1,5 ton bermesin diesel, yang dibandrol mulai dari Rp148,1 juta tersebut bukan cuma terjangkau tapi cukup bisa diandalkan.

Sebagai informasi, Tata Super Ace HT merupakan pengembangan dari model Tata Super Ace sebelumnya. Perbedaan terletak pada rasio gear 1, 2, dan rasio final. Tak hanya digunakan sebagai kendaraan muat barang, Tata Super Ace HT juga kerap dimanfaatkan sebagai mobil angkutan umum perkotaan (angkot) dengan populasi yang cukup banyak kita bisa jumpai di Tangerang, Banten.

Dengan harganya yang terjangkau, simak beberapa keunggulan Tata Super Ace melalui parameter berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: 5 Pick-Up Diesel yang Tangguh, Andalan Juragan Sayur dan Beras

1. Dimensi Cukup Besar, Tata Super Ace HT Bisa Muat Penumpang Banyak

keunggulan Tata Super Ace HT

Dimensi Tata Super Ace HT cukup besar

Secara data spesifik, Tata Super Ace HT memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.570 mm serta tinggi 1.855 mm. Untuk wheelbasenya sendiri mencapai 2.390 mm dengan ground clearance 185 mm.

Memiliki dimensi yang terbilang cukup besar, jika digunakan untuk angkot mobil ini bisa menampung penumpang minimal 10 orang sekaligus. Bicara soal dimensi kargonya, untuk baknya sendiri mempunyai panjang 2.625 mm, lebar 1.460 mm dan tinggi 300 mm.

2. Radius Putar Kecil, Tata Super Ace HT Lincah Dikendarai

Tata Ace HT memiliki desain kabin yang tinggi dengan body ramping sekaligus streamline sehingga terasa lincah dan memudahkan penggunanya melakukan manuver saat terjebak di kemacetan.

Mudahnya manuver sendiri didukung dengan radius putar kendaraan yang berada di angka 4.1 m. Bukan cuma saat bermanuver, ketika melakukan U turn atau putar balik serta memakirkan kendaraan di tempat sempit mobil ini pun terasa mudah.

3. Punya Body Kokoh, Kaki-kaki Tata Super Ace HT Juga Tangguh

keunggulan Tata Super Ace HT

Body dan kaki-kaki Tata Super Ace HT terbilang tangguh

Karena fungsionalitasnya beberapa pengusaha kerap memburu mobil ini untuk keperluan niaga. Seperti yang bisa dirasakan Tata Super Ace HT memiliki body yang kokoh, khas metalurgi merek India. Bukan cuma itu saja, kaki-kaki mobil ini juga bandel sehingga dapat diandalkan saat membawa beban dengan jumlah besar. 

Perlu diketahui untuk peredam kejutnya Tata Super Ace HT menggunakan McPherson Strut with coil spring + anti roll bar di bagian depan serta Semi Eliptical leaf spring with telescopic shock absorber di roda belakangnya.

4. Tata Super Ace HT Dilengkapi AC dan Power Steering

Mengetahui fitur yang ada pada Tata Super Ace HT, sebagai mobil niaga pihaknya menyematkan fitur berupa power window, AC, power steering, adjustable headlights, dan cup holder yang diletakan di belakang consol tengahnya. Tentunya dengan kehadiran fitur ini pengguna akan merasa nyaman selama berkendara.

Oh iya, guna memudahkan penggunanya saat ingin meletakan barang, mobil ini juga dilengkapi beberapa laci penyimpanan serta glove box yang berada di bawah dashboard bagian penumpang. Namun untuk fitur AC ini tampaknya tidak disediakan untuk versi angkot.

Mengetahui fitur keselamatan di Tata Super Ace HT, mobil ini telah memperoleh perlindungan benturan depan, perlindungan benturan samping, pengingat pintu terbuka, serta sistem pengereman cakram di roda depan dan rem tromol di roda belakangnya. 

Baca juga: Adu Pick Up Diesel; Tata Super Ace Vs DFSK Super Cab, Mana yang Lebih Unggul?

5. Tata Super Ace HT Bermodalkan Mesin Diesel Turbocharger dengan Durabilitas Tinggi

keunggulan Tata Super Ace HT

Mesin diesel 1.400 cc Tata Super Ace HT

Pabrikan asal Negeri Vrindavan, Tata menawarkan kelebihan terhadap Super Ace HT dengan menyematkan mesin diesel 475 IDI TCIC dengan teknologi turbocharger intercooled berkapasitas 1.400 cc yang irit serta memiliki durabilitas tinggi. Di atas kertas, tenaga yang diperoleh mesin penenggak solar tersebut mampu meraih angka 72 PS @4.500 rpm dan torsi sebesar 135 Nm @2.500 rpm.

Selanjutnya performa yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda belakang melalui Rear Axle Ratio (RAR) 4.88 yang diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Untuk kecepatan maksimalnya sendiri mesin ber-standar emisi Euro 2 tersebut bermencapai 125 kpj.

6. Bermesin Diesel, Konsumsi BBM Tata Super Ace HT Sangat Efisien

Penggunaan secara normal Tata Super Ace HT sanggup menempuh jarak 12-13 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan untuk pemakaian luar kotanya, angka yang diperolehnya mencapai 16-18 km/liter.

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) sendiri pernah menyelenggarakan lomba irit pengguna Tata Motors Super Ace. Dalam lomba yang bertajuk Tata Super Ace Super Challenge (SASC) tersebut, peserta yang mengikuti kegiatan berhasil mencatatkan angka konsumsi BBM paling irit mencapai 23,17 km/liter.

7. Torsi Melimpah, Tata Super Ace HT Mudah Digunakan Menanjak

keunggulan Tata Super Ace HT

Punya torsi lumayan besar, Tata Super Ace HT mudah digunakan menanjak

Tata Super Ace HT punya torsi cukup besar serta terasa lebih tangguh saat membawa membawa beban berat. Untuk muatannya sendiri mobil niaga ini sanggup mengangkut beban hingga 1 ton. Bicara rivalnya, seperti Suzuki Carry serta Daihatsu Gran Max, untuk daya tampungnya mampu mengangkut beban maksimal 800 kg atau 0,8 ton.

Bukan cuma mampu membawa beban lebih berat, mobil ini juga lebih jago diajak menanjak. Hal ini terjadi karena Tata sendiri melakukan pengembangan terhadap rasio gear 1, 2, dan rasio final.

Baca juga: 3 Mobil yang Fitur Keselamatannya Rendah dan Diganjar Bintang 0 ASEAN NCAP, Yakin Masih Mau Beli?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru