window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap

Enda · 12 Jul, 2021 13:30

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap 01

Selang beberapa bulan setelah peluncuran Kijang Innova, PT Toyota Astra Motor pada awal 2005 menghadirkan Toyota Kijang Innova 2.7 atau yang biasa disebut dengan Kijang Arab.

Namun sayang, keberadaan Kijang Innova bermesin bensin 2.700 cc di Indonesia ini hanya seumur jagung, tercatat usia mobil ini hanya mampu bertahan dua tahun saja. Hal tersebut dikarenakan varian ini dianggap lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Karena populasinya tidak begitu banyak dibandingkan 2.0 bensin, Toyota Kijang Innova 2.7 kini kerap kali diburu para kolektor. Melihat pasaran harga bekasnya untuk sekarang ini, varian termahal sekaligus termewah Kijang Innova di zamannya saat ini dibandrol Rp150 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Toyota Kijang Innova 2.7 Punya Tenaga Lebih Besar Dibandingkan Varian Mesin Dieselnya  

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap 01

Mesin berkodekan 2TR-FE pada Toyota Kijang Innova 2.7

Toyota Kijang Innova 2.7 yang sempat meramaikan kancah otomotif Tanah Air ini dibenamkan mesin yang sama persis dengan Fortuner varian bensin. Jantung pacu berkodekan 2TR-FE ini diketahui memiliki kubikasi 2.694 cc 4 silinder segaris 16 valve berteknologi VVT-i.

Secara data di atas kertas, mesin pada MPV andalan Toyota ini mampu memuntahkan tenaga 166 PS @5.200 rpm serta torsi maksimal 245 Nm pada 4.000 rpm.

Bila dibandingkan dengan varian diesel di tahun yang sama, tenaga dan torsi yang diraih Kijang Innova 2.7 juga lebih besar. Dimana mesin 2KD-FTV D-4D direct injection 4-stroke diesel turbocharger common rail tanpa intercooler ini hanya mampu melecutkan tenaga 102 PS dengan torsi 200 Nm.

2. Kijang Innova 2.7 Hanya Mendapat Transmisi Otomatis dengan Teknologi ECT

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap 02

Toyota Kijang Innova 2.7 hanya memperoleh transmisi matic dengan teknologi Super ECT 4 percepatan

Mesin 2TR pada Kijang Innova 2.7 ini hadir dengan transmisi otomatis Super ECT 4 percepatan. Transmsisi matic konvensional garapan Aisin Warner yang ada pada mobil ini diketahui tidak hanya halus dalam setiap perpindahannya, ternyata juga responsif.

ECT adalah transmisi otomatis yang memanfaatkan teknologi elektronik untuk mengontrol kerja dari transmisi, sehingga pada ECT terdapat komponen elektronik seperti sensor, ECU dan beberapa actuator. Secara prinsip bentuk dasar transmisi kontrol elektronik sama dengan transmisi otomatis biasa, perbedaannya hanya ada atau tidaknya speed sensor.

Transmisi otomatis biasa menggunakan governor valve sementara ECT menggunakan speed sensor. Adapun komponen Planetary Gear Unit berfungsi sebagai media pengubah gear rasio sesuai dengan kombinasi roda gigi. Termasuk mekanisme kopling untuk memutus dan menghubungkan putaran gear.

Meski hanya memperoleh transmisi matic, menurut data Toyota Kijang Innova 2.7 mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 9,8 detik saja.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Varian Paling Ideal Toyota Kijang Innova yang Pantas Kalian Pilih

3. Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 Ternyata Tidak Begitu Boros

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap 03

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 tidak terlalu boros

Banyak yang beranggapan bahwa konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 ini terbilang boros. Menurut beberapa sumber menyebutkan, penggunaan dalam kota mobil ini dapat menempuh jarak 8 km/liter.

Sedangkan untuk penggunaan luar kota, konsumsi BBM jenis bensin yang digunakannya mampu memperoleh angka 13 km/liter.

4. Fitur Unggulan Toyota Kijang Innova 2.7 Mewah di Zamannnya

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap 04

Tampilan interior Toyota Kijang Innova 2.7

Melihat bagian dalam Toyota Kijang Innova 2.7, kalian tidak hanya menemukan wood panel yang melekat dibeberapa bagian mobil ini untuk menyuguhkan kesan mewah. Pasalnya, sebagai varian termahal sekaligus termewah Kijang Innova di zamannya, tipe ini sudah dilengkapi head unit jenis compact disc yang mampu menyimpan 6 keping CD dengan sekaligus.

Selain itu, head unitnya ini juga sudah mendukung musik dengan format radio bahkan mp3. Dibawahnya, kalian bisa menjumpai tombol pengaturan AC secara digital yang mana juga kalian bisa gunakan untuk mengatur arah hembusan angin.

Oh iya, pada tombol pengaturan ini, kalian juga bisa menemukan switch on/off untuk mematikan atau menghidupkan defogger di kaca belakangnya.

Melihat ke bagian lingkar kemudi, tampilan setir Toyota Kijang Innova 2.7 seperti kepunyaan Alphard yang mana tidak hanya terlihat mewah, namun juga dilengkapi beberapa tombol pengaturan.

Seperti yang diketahui, setir pada Kijang Innova 2.7 ini berhasil disematkan tombol pengaturan audio pada sisi sebelah kiri dan MID dikanannya.

Untuk memberikan perlindungan lebih terhadap pengemudi dan penumpangnya, Toyota Kijang Innova 2.7 sudah mendapatkan dual airbag pada bagian depan.

Kalian juga tidak perlu khawatir tergelincir atau terkunci ketika menginjak rem secara tiba-tiba. Pasalnya, mobil ini juga berhasil disematkan rem ABS (Anti-lock Braking System) dan juga LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) yang berguna untuk membagi tekanan minyak rem pada roda belakang ketika beban bertambah.

5. Satu-satunya Kijang Innova yang Mendapatkan Fitur Captain Seat Saat Itu

Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap 05

Jok Toyota Kijang Innova 2.7 sudah menganut model captain seat

Seperti yang diketahui, Toyota Kijang Innova 2.7 ini ditawarkan hanya dengan satu varian saja, yaitu V. Tidak seperti varian V pada Kijang Innova bermesin bensin 2.0 ataupun diesel 2.5, Kijang Innova 2.7 sudah mendapatkan jok model captain seat di baris keduanya.

Dengan begitu punumpang di baris kedua tidak akan mudah lelah ketika melakukan perjalan jauh. Di sisi lain, penumpang pun akan merasa lebih nyaman karena masing-masing jok sudah dilengkapi dengan arm rest serta busa yang tebal.

Begitupun pada penumpang baris ketiganya, mereka juga bebas dengan mudah keluar masuk mobil melalui celah lorong ditengahnya tanpa harus mengganggu penumpang lainnya.

Baca juga: Toyota Kijang Krista Bekas vs Daihatsu Agya D+ Baru, Si Motuba Lebih Nyaman Dari LCGC Rp100 Jutaan

Jadi, sudah siap jadi pemburu Kijang Arab ini? 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil