KIA Kabarnya Bakal Masukkan Pilihan Mesin Diesel ke Indonesia

Joe · 1 Sep, 2020 12:02

KIA Kabarnya Bakal Masukkan Pilihan Mesin Diesel ke Indonesia 01

KIA Kabarnya Bakal Masukkan Pilihan Mesin Diesel ke Indonesia. PT Kreta Indo Artha (KIA) anak perusahaan dari Indomobil Group selaku distributor KIA di Indonesia nampak agresif sejak awal 2020. Setelah mendatangkan KIA Seltos dengan mesin bensin 1.400 cc, kini PT Kreta Indo Artha dikabarkan akan menambah varian mesin baru untuk KIA Seltos.

Nantinya, SUV rakitan India ini akan hadir dengan tambahan pilihan mesin diesel. Hal tersebut ditunjukkan melalui data dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Dari data tersebut terpampang nama KIA Seltos 1.5 Diesel AT yang saat ini belum ada di pasaran Indonesia. Dari kode namanya saja bisa dapat diartikan bahwa mesin diesel yang digunakan berkubikasi 1.500 cc.

Diprediksi, mesin tersebut sama dengan yang ada pada KIA Seltos yang ditawarkan di India. Mesin diesel 1.500 pada KIA Seltos ini mengusung empat silinder segaris yang sudah dibekali dengan turbocharged.

Namanya juga mesin diesel, power yang dihasilkan hanya 115 PS pada 4.000 rpm, kalah tinggi dengan varian bermesin bensin. Namun jangan salah, segi torsi menjadi keunggulan mobil ini yang mana memiliki daya dorong hingga 250 Nm di putaran mesin 1.500-2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Perlu diingat, transmisi yang ada pada KIA Seltos diesel ini berbeda dengan Seltos bermesin bensin yang ada di Indonesia. Untuk varian KIA Seltos saat ini menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan kopling ganda atau dual-clutch yang dipercaya dapat meneruskan torsi lebih maksimal dari transmisi otomatis konvensional.

Diprediksi harga mobil berkapasitas 5 penumpang ini bakal dipatok di atas Rp 300 jutaan. Hal tersebut lantaran NJKB KIA Seltos diesel dipatok Rp 242 juta yang mana lebih tinggi Rp 19 juta dibanding varian bermesin bensin yang NJKB-nya Rp 223 juta. Padahal, harga terendah KIA Seltos bermesin bensin di Indonesia dipatok mulai dari Rp 295 juta on the road di Jakarta.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Kia Sportage AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru