window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kia Sedona 2022 Siap Melantai di GIIAS 2021, Lawan Baru Toyota Alphard dari Negeri Kpop

Prasetyo · 22 Okt, 2021 17:08

Kia Sedona 2022

Kia menjadi brand yang sudah menyatakan diri ikut serta dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Dan di pameran otomotif ini, pabrikan Korea itu akan membawa Kia Sedona 2022. Hal ini ditegaskan langsung oleh Ridjal Muljadi, Promotion Department Head PT Kreta Indo Artha.

Grand Sedona memang sebenarnya bukan produk baru di Indonesia. Modelnya sudah dijajakan di dalam negeri oleh PT Kreta Indo Artha selaku Agen Pemegang Merk (APM) Kia. Namun unit Sedona yang akan di tampil 11-21 November nanti adalah generasi keempat yang di negara lain pakai nama Kia Carnival 2022.

Kia Sedona 2022

Di negara lain pakai nama Carnival

Tentunya ada banyak pembaruan yang dilakukan Kia pada MPV premium rival dari Toyota Alphard tersebut. Baik dari sisi eksterior, interior, hingga deretan fitur-fitur unggulan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampang Maskulin Mirip SUV

Kia Sedona 2022 -1

MPV yang terlihat gagah

Biasanya sebuah MPV premium dibentuk dengan nuansa luxury yang kental untuk membedakannya dengan mobil keluarga kelas menengah. Tapi agak sedikit berbeda perlakuannya dengan Kia Sedona 2022. Karena kalau diperhatikan, paras mobil ini terlihat gagah mirip SUV tapi tak meninggalkan kesan stylish.

Lihat saja bagaimana gril depan Sedona terbaru ini begitu atraktif dan seakan menyatu dengan lampu utama yang juga ukurannya makin sipit. Lampu depan sudah pakai LED, dan uniknya ada DRL yang dibuat menjalar bukan hanya pada bagian lampu utama tapi hingga ke tepi gril.

Baca juga : Selain Hyundai Stargazer, Kia Juga Siapkan LMPV 7 Seater Lebih Mewah dari Ertiga dan Xpander

Kia Sedona 2022 -2

Dari belakang mewah sekaligus futuristik

Lanjut ke bawah, lekuk bemper depan juga agresif serta dipadankan front under guard warna silver yang biasanya diaplikasikan pada sebuah SUV. Kesan maskulin juga ditunjukan dari bagian sisi dimana pilar belakang dibuat lebih tebal dan terkesan kokoh.

Kabin Kia New Grand Sedona Bisa Muat Sampai 11 Orang

Kia Sedona 2022 -3

Jok baris kedua ada sandaran kaki

Kalau dibagian luar terlihat agresif, maka akan tampak nuansa berbeda manakala masuk ke kabin mobil ini. Kia menyuguhkan kemewahan bukan hanya untuk penumpang belakang, tapi juga pengemudinya. Jadi tak salah kalau Anda sesekali ada dibalik kemudi mobil ini untuk berkendara ke luar kota bersama keluarga ketika akhir pekan.

Lihat saja bagiamana bentuk kokpitnya yang cukup driver oriented. Semua panel display baik itu meter cluster maupun infotaimnet system, sudah pakai monitor LCD. Di konsol tengah juga ada berbagai tombol navigasi fitur, muali dari pengaturan AC, electric parking brake, drive mode, sampai wireless charging.

Kia Sedona 2022 -4

Pakai monitor memanjang

Kenyamanan penumpang belakang lebih kumplit lagi. Jok baris kedua dilengkapi pula sandaran kaki yang semuanya dapat diatur posisinya secara elektrik. Kemudian jok ini juga bisa dimajumundurkan untuk lebih dapat ruang kaki yang lebar. Perangkat hiburan tambahan berupa monitor yang terpasang di balik headrest jok pengemudi dan penumpang depan disediakan untuk tipe tertinggi.

Pengaturan AC juga sudah individual antara penumpang depan dengan sopir, serta penumpang belakang kiri dan kanan bisa diatur beda-beda suhu dan hembusan anginnya. Tak lupa dibagian atap juga telah pakai panoramic sunroof.

Baca juga : Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang?

Kia Sedona 2022 -5

Ada monitor tambahan buat penumpang belakang

Dan sebagai catatan, Kia menyediakan New Sedona varian tipe 7 seater, 8 seater, 9 seater, dan 11 seater. Kemungkinan yang dimasukkan ke Indonesia hanya tipe 7 penumpang dan 8 penumpang.

Pakai Mesin Diesel dan Sudah Ada Fitur ADAS

Kia Sedona 2022 -5

Untuk Indonesia sepertinya cuma varian diesel yang masuk

Memprediksi spesifikasi Kia New Grand sedona 2022 maka kita bisa merujuk pada model yang sudah lebih dulu rilis di Thailand. Kemungkinan besar spesifikasinya pun akan serupa. Misalnya mesin yang bakal diusung adalah Smart Stream New R 2.2 TCI Diesel VGTurbo.

Mesin yang sanggup memproduksi daya 202 PS dengan torsi maksimal 441 Nm ini dikombinasikan transmisi otomatis 8 percepatan. Untuk menyajikan sensasi berkendara di situasi berbeda, ada pula pilihan mode berkendara, Normal, Sport, Eco dan Smart.

Kia Sedona 2022 -6

Dapat bintang 5 di uji tabrak Australian NCAP

Hal lainnya adalah sudah tersemat fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Paket fitur keselamtan ini berupa Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Forward Collision Avoidance Assist, High Beam Assist, Blind View Monitor dan Rear Cross Traffic-Avoidance Assist. Selain itu juga terdapat Electronic Stability Control (ESC), Brake Assist (BA), Traction Control (TC), Vehicle Start Assist (VSA), Parking Distance Warning (PDW), hingga Surround View Monitor (SVM).

Lawan Baru Toyota Alphard dan Hyundai Staria

Kehadiran Kia Grand Sedona 2022 tentunya akan mengganggu pasar MPV premium yang selama ini dikuasai Toyota Alphard. Di segmennya tentu ada juga Honda Odyssey dan sesama pabrikan Korea, Hyundai Staria juga belum lama diluncuran. Jadi kini makin banyak pilihan buat Anda yang mencari mobil keluarga mewah dengan fitur berlimpah.

Baca juga : Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Kia Grand Sedona Diesel

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil