KIA Sonet Pertama Keluar Line Produksi, Pekan Depan Mulai Dikirim ke Konsumen India

Joe · 14 Sep, 2020 19:03

KIA Sonet Pertama Keluar Line Produksi, Pekan Depan Mulai Dikirim ke Konsumen India 01

KIA Sonet Pertama Keluar Line Produksi, Pekan Depan Mulai Dikirim ke Konsumen India. Pemesanan Compact SUV teranyar KIA Sonet di India sudah dibuka sejak bulan lalu, tepatnya Kamis (20/8/2020).

Dengan uang down payment (DP) yang relatif terjangkau, KIA Sonet pun langsung diserbu pelanggan. Hanya butuh 25 ribu rupee atau sekitar Rp 5,1 jutaan untuk melakukan booking SUV berbodi kompak ini. Nominal tersebut didapat dengan nilai kurs 1 rupee = Rp 203,66 pada 14 September 2020.

Pada hari pertama pembukaan pemesanan indent KIA Sonet, pihak KIA mencatat 6.523 unit pesanan indent masuk. Menyusul hal tersebut, kini KIA Motors India mulai memamerkan unit pertama KIA Sonet yang sukses keluar dari lini produksi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Melansir Autocarindia.com, Managing Director dan CEO KIA Motors India, Kookhyun Shim menyebutkan, hal ini sebagai bukti bahwa pihaknya dapat menyelesaikan perakitan Sonet sesuai jadwal.

"Hari ini merupakan momentum bagi KIA Motors India yang sukses merakit Sonet pertama untuk konsumen. Ini bukti jika kami dapat menyelesaikan perakitan Sonet tepat waktu," ujarnya.

Sonet pertama tersebut dipamerkan di pabrik KIA yang berlokasi Anantapur, India yang merupakan tempatnya dirakit.

Kookhyun menyebutkan unit KIA Sonet pertama ini nantinya akan mulai dikirimkan ke konsumen pada 18 September 2020. Hal tersebut bersamaan dengan dilaksanakannya peluncuran secara resmi KIA Sonet di India.

KIA Sonet Pertama Keluar Line Produksi, Pekan Depan Mulai Dikirim ke Konsumen India 01

Sebelumnya, pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA Motors secara resmi memperkenalkan KIA Sonet yang dipresentasikan secara digital, Jumat (7/8/2020). Mobil ini menjadi mobil kedua dari KIA untuk pasar global yang dirakit di India setelah KIA Seltos.

Dengan bahasa desain yang agresif dan modern, pada KIA Sonet, kesan berkendara yang fun to drive, serta fitur-fitur canggih pada KIA Sonet menjadi seruan ambisi kamu untuk menjadikan KIA sebagai merek pilihan khususnya untuk para milenial dan generasi Z.

Compact SUV inipun dipercaya dapat menarik perhatian  konsumen mobil baik di India maupun pasar global melalui dua pilihan trim level yang ditawarkan, yakni tipe standar dan GT-Line sebagai tipe tertinggi dan dibagi menjadi 6 tipe berbeda. Ada tipe HTE, HTK, HTK+, HTX, dan HTX+ untuk varian Tech Line dan ada tipe GTX+ untuk varian GT Line.

Kepercayaan diri pihak KIA pada SUV barunya ini timbul lantaran desain KIA Sonet yang diklaim terlihat premium dan menggambarkan jiwa anak muda. Mereka yakin kehadiran KIA Sonet di jalanan dapat menarik perhatian masyarakat yang melihatnya.

Jika membahas penampilan di bagian fascia, KIA Sonet masih mengandalkan desain grille dengan bentuk Tiger Nose khas KIA. Lalu bahasa desain khas KIA itu dikombinasikan dengan lampu LED daytime running light (DRL) model heart pulse dan aksen krom di sekitar air dam bumper depan membuat tampilannya terlihat modern.

Tak hanya di depan saja, KIA Sonet juga menggunakan LED model heart pulse untuk mengisi pencahayaan di lampu belakang.

KIA Sonet Pertama Keluar Line Produksi, Pekan Depan Mulai Dikirim ke Konsumen India 02

Desain modern tak hanya terlihat pada eksterior saja, namun KIA juga menghadirkan tampilan interior yang menawan pada SUV kompak berkapasitas 5 penumpang ini. Ada layar sentuh berukuran 10,25 inci terpampang di konsol tengah sebagai panel infotainment dan sistem navigasi.

Selain itu KIA Sonet juga dibekali sistem teknologi intuitif bernama UVO yang dapat dikoneksikan dengan smartphone. Uniknya, KIA juga menghadirkan teknologi yang dapat menjaga kesehatan penumpang di kabin di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Mereka menyematkan Smart Pure Air Purifier pada mobil ini yang mana dapat memberikan proteksi di dalam kabin dari virus. Khusus untuk varian tertinggi KIA Sonet, KIa memberikan sentuhan khusus yang berbeda pada bagian kabin. Ada jahitan tambahan dengan aksen merah yang terlihat di jok, setir, kulit penutup perseneling, hingga door trim yang memberikan agresif dan sporty.

Lanjut pada segi keselamatan, KIA Sonet hadir dengan berbagai fitur penunjang. Seperti adanya enam airbag, anti-lock braking system atau ABS dan electronic brakeforce distribution EBD, Electronic Stability Control, Hill-start Assist Control, hingga Vehicle Stability Management.

Selain itu ada juga sensor parkir di depan dan belakang, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang indikatornya ditampilkan melalui instrument cluster berukuran 4,2 inci. Tak berhenti di situ saja, KIA Sonet juga dibekali dengan sistem auto headlamp hingga dudukan kursi anak ISOFIX.

KIA Sonet Pertama Keluar Line Produksi, Pekan Depan Mulai Dikirim ke Konsumen India 03

Lanjut ke urusan dapur pacu, KIA Sonet ditawarkan dengan tiga pilihan mesin. Ada mesin bensin 1.000 cc dan 1.200 cc serta mesin diesel 1.500 cc. Untuk saat ini pihak KIA Motors belum menjelaskan lebih dalam mengenai spesifikasi hingga kemampuan mesin yang ditawarkannya pada Compact SUV ini.

Pilihan yang beragam tak hanya dari segi mesin tapi juga ditawarkan pada sistem transmisinya tak kalah variatif dengan total ada lima pilihan transmisi. Kalau transmisi manual ditawarkan dengan lima percepatan, enam percepatan, dan enam percepatan Intelegent Manual Transmission atau iMT yang dilengkapi dengan teknologi bernama Smartstream.

Sedangkan untuk transmisi otomatis ada enam percepatan otomatis dan tujuh percepatan otomatis dengan sistem kopling dual-clutch atau biasa disingkat DCT. Seperti halnya KIA Seltos, KIA Sonet dengan transmisi otomatis juga hadir dengan beragam mode berkendara dan traction control.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

Komentar

Mobil Terbaru