window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kisah Mobil China Tiruan: Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa

Dito · 29 Apr, 2022 09:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Salah satu kasus besar yang viral ialah produk tiruan Jordan. Ketika Jordan menuntut atas plagiarisme produknya di China, mereka berhasil menang.

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 01

Pandangan mata masyarakat China pun terbuka bahwa ini bisa melanggar hak cipta ketika sebuah produk ditiru. Namun “tradisi” meniru ini sudah masuk ke dunia otomotif. Pabrikan otomotif asal Eropa paling banyak menuntut si peniru.

Butuh 3 Tahun, Land Rover Menangkan Tuntutan

Belum lama ini pengadilan distrik Chaoyang di Beijing telah mengetuk palu bahwa lima model kendaraan off-road atau SUV Landwind X7 yang diproduksi Jiangling Motors meniru desain Range Rover Evoque.

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 02

Menurut pengadilan, hal ini dapat menyebabkan kebingungan di kalangan konsumen dan merugikan Land Rover sebagai pemegang desain asli. Jiangling Motors pun diminta menghentikan produksinya.

Baca juga : Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China

Kasus ini berawal dari dijualnya secara resmi Land Rover Aurora pada tahun 2010 di China. Empat tahun kemudian Landwind resmi merilis produk serupa dengan tampilan yang sangat mirip.

Melihat ada plagiarisme, Land Rover menggugat Landwind ke pengadilan pada tahun 2016. Sayangnya gugatan tersebut disebut tidak valid dan Land Rover tidak memenangkan gugatan.

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 03

Tidak menyerah begitu saja, Land Rover kembali membawa Landwind ke pengadilan pada November 2018. Kembali gugatan tersebut tidak berhasil dan tiruan produk Range Rover Evoque semakin menjamur.

Barulah pada tahun 2021 Jiangling Landwind Motors diperintahkan untuk menghentikan produksi mobil tiruan Range Rover. Selain itu juga harus membayar kompensasi kepada Jaguar Land Rover (JLR) sebagai bentuk ganti rugi.

Pabrikan Jepang Kalah Gugatan, Harus Bayar Denda!

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 04

Namun tidak hanya JLR, beberapa pabrikan juga mengajukan tuntutan. Honda pernah menggugat Shuanghuan Auto karena menjiplak Honda CR-V.

Baca juga : Kisah Mobil China Tiruan: Bahkan Dealer Pun Sediakan Logo Mobil Aslinya (Part 2)

Pada tahun 2003 Honda CR-V masuk ke China dan menjadi popular. Hingga pabrikan China, Shuanghuan Auto menggunakan trik “Shanzhai” dan meluncurkan model S-RV tiruan dari CR-V.

Menariknya, Honda kalah dalam gugatan tersebut karena Shuanghuan menyerang balik dengan beralasan pabrikan asal Jepang tersebut punya niat jahat. Shuanghuan menganggap Honda ingin memeras. Pada akhirnya Honda harus membayar kompensasi kepada Shuanghuan sebesar 16 juta.

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 05

Shuanghuan juga pernah dituntut oleh BMW atas tuduhan meniru BMW X5. Berturut-turut BMW membawa ke pengadilan di Jerman dan Italia. Shuanghuan yang mempunyai banyak diler lokal di Italia membuat BMW kalah di pengadilan. Namun mereka berhasil menuntut Shuanghuan di Jerman yang merupakan markas besar BMW.

Berbeda dengan pabrikan lain yang menggugat merek China, Ford justru digugat. Nama Ford Mustang tentu sudah diakui global sebagai mobil sport klasik.

Namun ketika masuk ke China dan dijual dengan nama Ford Mustang, digugat oleh Sichuan Motor Company. Ini karena nama Mustang sudah didaftarkan sejak tahun 1986. Ford pun harus membayar ganti rugi hingga 1 juta Yuan.

Tiruan VW Beetle Dipatenkan di Eropa

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 06

Tahun lalu, sebuah mobil listrik bernama ORA Punk Cat mendaftarkan hak paten terhadap desain mobilnya di kawasan Eropa. Bila melihat desainnya, khas dengan mobil yang sudah berhenti produksi, VW Beetle.

Mobil yang diproduksi oleh Great Wall Motors ini pertama kali dipamerkan pada ajang Shanghai Auto Show. Perbedaan dari VW Beetle yang dulu pernah ada ialah dimensi lebih panjang karena mempunyai 4 pintu samping.

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 07

Great Wall tidak hanya mendaftarkan paten untuk satu mobil, tapi ada dua desain yang sudah diajukan ke European Union Intellectual Property Office (EU IPO). Kedua desain tersebut ialah Punk Cat dan Ballet Cat.

Baca juga : Chery Arrizo 8 Dirilis Tahun Ini, Sedan Turbo yang Harganya Separuh Toyota Camry

VW Beetle sendiri sudah berhenti produksi sejak tahun 2003. Namun bila melihat peraturan yang ada, generasi terbaru VW Beetle yang diperkenalkan tahun 2007 masih mempunyai hak paten selama maksimal 25 tahun.

Kisah Mobil China Tiruan:  Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa 08

Secara teori VW masih mempunyai hak paten dan bisa menggugat sampai tahun 2022 bila tidak diperpanjang. Hingga saat ini belum ada kabar gugatan dari pihak VW pada desain ORA Punk Cat dan ORA Ballet Cat.

Langkah yang cukup berani dilakukan pabrikan China yang dikenal suka mendompleng mendaftarkan hak paten desain mobilnya ke Eropa. Meskipun akan banyak cibiran karena desainnya yang khas mirip seperti VW Beetle.

Baca juga : Rapor Penjualan Mobil China di Indonesia Kuartal I 2022, Wuling Confero Terlaris, MG Miris

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Land Rover Range Rover Evoque 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil