window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru?

Yongki Sanjaya · 21 Des, 2021 13:30

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 01

Setelah meluncurkan BR-V beberapa bulan lalu, PT Honda Prospect Motor akhirnya memulai produksi low SUV tersebut di bulan Desember ini. Generasi kedua Honda BR-V ini berubah total desainnya, dan ditambah dengan teknologi Honda Sensing. Harga Honda BR-V pun semakin mahal, yaitu mulai dari Rp 275,9 juta sampai Rp 339,9 juta. 

Bisa dibilang, harga Honda BR-V ini termasuk paling mahal dibandingkan low SUV sejenis. Padahal, New Honda BR-V memiliki kandungan lokal hingga lebih dari 80%. 

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan budget segitu, cukup banyak alternatif SUV bekas yang lebih menarik. Harga yang jauh lebih murah, usia mobil tergolong muda, fitur berlimpah dan terpenting performa mesin terbaik dikelasnya membuat Trailblazer patut dipertimbangkan sebagai alternatif terbaik yang value for money. 

Terlebih, mobil ini punya fitur canggih tanpa banyak disunat, dan bengkel spesialisnya pun cukup mudah dijumpai di kota-kota besar. Tak kalah penting, Trailblazer juga sama-sama SUV 7-seater dengan ukuran lebih bongsor. 

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 01

Generasi terakhir Chevrolet Trailblazer dengan tahun produksi sekitar 2017-2018, rata-rata dibanderol Rp 280 jutaan hingga Rp 350 jutaan. Meski saat ini unit baru sudah tidak dijual resmi, Trailblazer bekas masih menarik untuk dilirik.

Lantas, seberapa menarik sosok Chevrolet Trailblazer bekas ini bila dibandingkan Honda BR-V? Mari kita bandingkan keduanya. 

Honda BR-V, Harganya Mahal Karena Punya Honda Sensing

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 02

Secara teknologi, Honda BR-V ini paling unggul di antara low SUV lain karena sudah memiliki fitur keselamatan Honda Sensing. Berikut ini deretan fitur yang dimiliki Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing:

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)
  • Collision Mitigation Brake System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Auto-High Beam

All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Sebagai tipe tertinggi, Honda BR-V Prestige Honda Sensing memiliki fitur-fitur baru termasuk Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, 17” Alloy Wheel, 2nd Row Armrest Console, dan 3rd Row Accessories Power Outlet serta  Front Passenger Seatbelt Reminder. 

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 03

Fitur multimedia didukung head unit layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan juga dilengkapi Hands-Free Telephone untuk kenyamanan pengemudi. Interiornya memakai kursi dengan lapisan berbahan kulit, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard.

Tambahan fitur lainnya yang hadir pada BR-V antara lain Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan.

Fitur lainnya, seperti Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil. 

Mesin Baru di All New Honda BR-V, Serupa Milik City Hatchback

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 04

Bicara soal dapur pacu, Honda BR-V generasi kedua ini memakai jenis mesin dan transmisi serupa Honda City Hatchback. 
mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. 

Pilihan transmisinya untuk tipe termahal ini didukung sistem transmisi CVT yang baru, menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan performa yang lebih bertenaga.

Jadi, kenaikan harga hingga mencapai kisaran Rp330 jutaan ini mendapatkan kompensasi yang cukup signifikan dari sisi fitur yang tersedia. Selain itu Honda BR-V juga pakai platform baru yang berbeda dari generasi pertama, yang merupakan hasil pengembangan dari Brio dan Mobilio.

Harga Rp300 Jutaan, Chevrolet Trailblazer Jadi SUV Bermesin Diesel yang Punya Berbagai Fitur Mahal

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 05

Untuk kisaran harga Rp300 jutaan, kita bisa mendapat unit Chevrolet Trailblazer bekas tipe LTZ atau tipe tertinggi. Gaya khas mobil Amerika cukup tercermin pada eksterior Trailblazer. 

Tipe LTZ yang lebih layak untuk dipinang, karena sebagai varian flagship, velg yang digunakan sudah berukuran 18 inci dengan ukuran ban 265/60. Adapun varian dibawahnya yakni LT menggunakan velg ukuran 17 inci. Ban yang digunakan pun cukup lebar dengan ukuran 255/65. 

Soal fitur pun tak kalah dengan Honda BR-V tipe Prestige non Honda Sensing. Fitur hiburan didukung head unit layar sentuh sebesar 8 inci dengan ragam konektivitas. Alunan suara dilantunkan melalui 7 speaker dan subwoofer membuat suara yang dihasilkan juga cukup berkualitas. 

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 06

Pengemudi pun bisa mengakses head unit dengan mudah berkat adanya steering wheel audio control switch yang tersemat pada palang setir. Fitur kenyamanan lain diantaranya ada Digital Auto A/C, ventilasi AC hingga baris ketiga, dan 6-way Power Driver Seat. Setiap baris juga tersedia power outlet 12V yang bisa dipasang adapter charger untuk smartphone.

Meskipun ini adalah merek Amerika, tapi Chevrolet juga piawai merancang akomodasi penyimpanan barang pada Trailblazer. Pelipatan bangku baris ketiga dan kedua bisa sejajar lantai untuk membawa barang besar.

Agak disayangkan karena Chevrolet Trailblazer ini kebanyakan hanya hadir dalam versi 4x2 penggerak belakang. Namun demikian, konfigurasi tersebut sudah cukup untuk Trailblazer digunakan sebagai mobil harian yang serba bisa saat diajak ke medan off road pedesaan. Berbekal mesin diesel, Trailblazer punya torsi lebih dari cukup untuk melintasi berbagai medan. 

Fitur Keselamatan Modern dan Lengkap di Chevrolet Trailblazer 

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 07

Fitur keselamatan yang juga cukup lengkap tersedia pada Chevrolet Trailblazer. Mobil ini memiliki Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), Forward Collision Alert, dan Lane Departure Warning.

Sedangkan dalam hal pengereman, bisa dipercayakan dengan adanya fitur Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Brake Assist. Fitur seperti ini memang sudah menjadi bawaan standar mobil Amerika dan Eropa. 

Performa Gahar Mesin Diesel Commonrail Milik Chevrolet Trailblazer, Torsinya Luar Biasa

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 08

Kelebihan dari Chevrolet Trailblazer adalah performa mesinnya. Sejak rilis terakhir pada tahun 2017, SUV berbadan besar ini hanya memiliki satu pilihan mesin. Mesin 2.500 cc Durama Turbodiesel Intercooler dengan teknologi VGT mampu melecutkan tenaga maksimum 180 PS di 3.600 rpm dan torsi puncak 440 Nm pada putaran 2.000 rpm.

Tenaga dan torsi besar tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis tiptronic 6-percepatan. Bila dibandingkan dengan para rivalnya, tenaga dan torsi dari mesin Chevrolet Trailblazer terbesar dikelasnya. 

Torsi yang jumawa ini membuat Trailblazer jadi SUV sejati, yang punya daya mumpuni ketika berjibaku di medan tanah berbatu yang relatif terjal sekalipun. 

Kelemahan Chevrolet Trailblazer Bekas, Perawatan Hanya Bisa di Bengkel Spesialis

Kisaran Harga Mirip, Kenapa Chevrolet Trailblazer Bekas Lebih Menarik Ketimbang Honda BR-V Baru? 09

Hal yang mungkin menjadi batu sandungan bagi kalian yang ingin membeli Chevrolet Trailblazer bekas ialah soal perawatannya. Sebab, bengkel resmi Chevrolet kini semakin sulit dijumpai. Mau tidak mau, bengkel spesialis jadi solusi pasti. 

Jangan bingung soal sparepart dari Trailblazer karena beberapa spare parts dikatakan bisa substitusi dengan Isuzu MU-X. Hanya saja, harga sparepart Chevrolet ini berikut biaya perawatannya lebih mahal dari rival sekelasnya. 

Apabila ada beberapa komponen yang tak bisa substitusi dengan Isuzu MU-X, mau tidak mau harus inden membuat waktu menunggu lebih lama. Kalau sudah begini, mobil tidak bisa digunakan dan tidak efisien. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil