window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E?

Yongki Sanjaya · 2 Mar, 2023 16:00

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 01

Suzuki terus menghadirkan model-model legendaris mereka ke Indonesia. Terakhir, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan generasi terbaru dari Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023. Konon kabarnya, SUV medium ini akan dijual under Rp400 juta.

Melihat kelas harganya, maka Suzuki Grand Vitara ini bakal berhadapan dengan Honda HR-V. Secara kelas, jelas Grand Vitara bakal inferior bila melihat segmentasi merek Honda yang kini kastanya semakin mewah.

Namun demikian, kiprah Suzuki Grand Vitara jelas tidak bisa dianggap enteng. SUV ini hadir dengan teknologi mild hybrid dan beberapa fitur unggulan. Bisa dibilang, Suzuki Grand Vitara 2023 ini merupakan lawan baru dari Honda CR-V namun dengan range harga HR-V. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apa saja fitur unggulan milik Suzuki Grand Vitara generasi keempat ini? Apakah bisa bersaing dengan Honda HR-V SE yang kisaran harganya mirip? Mari kita bandingkan keduanya. 

Suzuki Grand Vitara 2023, Medium SUV Keren Minus ADAS

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 01

Langsung ke poin utama yang absen di Suzuki Grand Vitara 2023 , yaitu ketiadaan fitur keselamatan ADAS. Padahal, mobil di kisaran harga Rp300 jutaan sudah cukup banyak yang memiliki fitur keselamatan aktif. Selebihnya, Grand Vitara layak jadi benchmark minimum bagi segmen medium SUV modern. 

Mobil ini memiliki berbagai kelengkapan menarik, seperti LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, dan Head Up Display (HUD). Berkendara dengan Grand Vitara juga semakin menyenangkan berkat head unit touchscreen 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone. 

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 02

Tepat di bawah head unit terdapat tombol AC dengan tampilan digital serta beberapa fitur lainnya. Terdapat USB dan lighter bertegangan 12 volt, dan yang paling istimewa yaitu varian teratas sudah dibekali wireless charging yang berfungsi untuk melakukan penambahan daya pada ponsel yang mendukung fitur tersebut. Bukan cuma itu, pada varian GX mobil ini pun dilengkapi panoramic sunroof dengan dimensi cukup besar. 

Adapun fitur keselamatan di mobil ini cukup proporsional, antara lain 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Selain itu, Grand Vitara juga dilengkapi dengan 360 camera, rear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil terutama di lingkungan yang sempit. Kehadiran fitur Hill Hold Control juga memberikan rasa aman saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak. 

Performa Mesin Tidak Istimewa

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 03

Secara fisik, Suzuki Grand Vitara punya penampilan keren. Namun demikian, data spesifikasi mesin mobil ini tidak istimewa untuk kelas SUV.

Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500cc berkode K15C ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS. Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery.

Mesin tersebut memproduksi tenaga sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan ke roda depan. Distribusi tenaga melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Honda HR-V 1.5 E, Paket Lengkap Compact SUV Under Rp400 Jutaan

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 04

Kalau kalian mencari mobil berjenis SUV yang cukup lengkap fiturnya, dengan harga under Rp400 juta salah satu opsi menariknya ialah Honda HR-V 1.5 SE. Secara segmen memang HR-V ini satu tingkat di bawah Grand Vitara, namun secara harga dan spesifikasi jelas bisa mengungguli jagoan baru Suzuki tersebut. Sebagai informasi, Honda HR-V 1.5 E dijual seharga Rp395.900.000.

Generasi kedua SUV Honda ini tampil sangat berbeda dengan mengusung konsep “Exceptionally Impressive”. Fitur di HR-V sangat impresif All New Honda HR-V dilengkapi dengan 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio yang terintegrasi dengan Bluetooth, Radio AM/FM, Hands-Free Telephone, WebLink dan Smartphone Connection. 

HR-V tipe 1.5 E juga memiliki beragam fitur menarik lain yakni Remote Engine Start, Painted Fog & Bumper Garnish, Auto Foldable Door Mirror with LED Turning Signal, Leather-Fabric Combi Seat, Paddle Shift, Leather-Wrapped Steering Wheel & Shift Knob, Rear A/C Ventilation dan Rear Seat Armrest with Cup Holder.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Unggul

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 05

Dari sisi teknologi keamanan dan keselamatan, tipe ini telah memiliki standar fitur yang lengkap termasuk Honda SENSINGTM. Terdapat fitur seperti Walk-Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, EPB + ABH, ABS + EBD + BA, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Emergency Stop Signal, 4 Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer, Alarm System, Rear Seat Reminder, Rear Parking Camera dan ECO AssistTM.

Lebih lanjut, fitur lain juga telah disematkan di mobil ini seperti Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View untuk membantu pengendara saat memarkir mobilnya. 

Teknologi Honda Sensing yang tersedia di Honda HR-V mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB). 

Bagaimana soal performa mobil ini?

Performa Honda HR-V 1.5 SE, Tenaga Perkasa

Kisaran Harga Mirip, Spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 Bisa Ungguli Honda HR-V 1.5 E? 06

Bicara soal performa, data spesifikasi menyebut kalau Honda HR-V 1.5 SE ini cukup digdaya untuk kelas mesin 1.500 cc. All New Honda HR-V mengusung Mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. 

Selisih tenaganya lumayan besar bila dibandingkan dengan milik Grand Vitara walau belum memakai turbo. Namun demikian, Vitara bakal lebih unggul soal efisiensi bahan bakar karena telah memiliki SVHS.

Kesimpulan

Bermodal tampang yang makin keren sebenarnya Suzuki Grand Vitara mampu memikat konsumen di Indonesia. Hanya saja Suzuki perlu lebih royal soal fitur, dengan menambah ADAS dan beberapa kelengkapan lain agar tak jadi opsi paling basic untuk segmen medium MPV.

Pasalnya dari segi estimasi harga antara Rp360-390 juta ini, akan bersinggungan dengan Wuling Almaz yang lebih kompetitif. Hadirnya ADAS tentu bisa membuat Grand Vitara mampu berbicara banyak, unggul di banyak aspek dengan harga yang ekonomis. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil